Makna Sapaan pada Penggunaan Negirai Kotoba: Cerminan Ragam Bahasa Jepang

  • Ni Made Andry Anita Dewi Universitas Udayana
  • Silvia Damayanti Universitas Udayana

Abstract

Negirai kotoba merupakan ungkapan yang cukup sering digunakan oleh masyarakat Jepang dalam kehidupan sehari-hari, baik secara formal maupun informal. Ungkapan yang termasuk dalam negirai kotoba diantaranya adalah gokurou (san/sama) dan otsukare (san/sama). Negirai kotoba dapat didefinisikan sebagai ungkapan apresiasi atau terima kasih atas kerja keras/usaha/upaya yang telah dilakukan seseorang (mitra tutur). Kedua ungkapan tersebut banyak ditemukan dalam dunia kerja khususnya di perusahaan atau perkantoran di Jepang. Penggunaan kedua ungkapan tersebut cukup beragam dan cukup banyak dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti status sosial dan kedekatan hubungan antar partisipan. Salah satu hal yang berkaitan dengan penggunaan negirai kotoba ini adalah bentuk sapaan yang digunakan oleh partisipan. Konteks sosial mendasari penggunaan bentuk sapaan tersebut sehingga partisipan dapat menentukan negirai kotoba yang digunakan dalam tuturan. Drama yang digunakan sebagai data adalah drama berbahasa Jepang yang berjudul Natsuko Kira yang ditanyangkan pada tahun 2016. Drama ini bergenre wanita karir yang menghadapi berbagai masalah dalam pekerjaan maupun kehidupan rumah tangganya.      

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aoyama, Teruo dkk. 1988.Kamus Pemakaian Bahasa Jepang Dasar Edisi Bahasa Indonesia.Tokyo : Kokuritsu Kokugo Kenkyusho.

Brown, R.W., and Gilman, A.1960. The Pronoun of Power and Solidarity dalam: J.A. Fishman, editor. Readings in Sociology of Language. Paris: Mouton. Hal 252-275.

Dewi, Ni Made Andry Anita. 2009. ”Sapaan Bahasa Jepang: Bentuk, Fungsi dan Makna”. Tesis. Denpasar: Universitas Udayana.

Friederike, Braun. 1988. Term of Address. Problems of Patterns and Usage in Various Languages and Cultures. New York: Mounton.

Ikeno, Osamu & Davies, Roger. 2002. The Japanese Mind : Understanding Contemporary Japanese Culture. Tuttle Publishing: Tokyo.

Mizutani, Osamu & Nobuko. 1987. How To Be Polite In Japanese. Tokyo: The Japan Times.

Suzuki, Takao. 1978. Words in Context:A Japanese Perspective on Language and Culture. Tokyo:Kodansha.

Shinmura, Izuru. 2011. Koujien Dai roppan. Tokyo: Iwanami Shoten.
Published
2020-08-31
How to Cite
ANDRY ANITA DEWI, Ni Made; DAMAYANTI, Silvia. Makna Sapaan pada Penggunaan Negirai Kotoba: Cerminan Ragam Bahasa Jepang. Pustaka : Jurnal Ilmu-Ilmu Budaya, [S.l.], v. 20, n. 2, p. 130-136, aug. 2020. ISSN 2528-7516. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/pustaka/article/view/68623>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/PJIIB.2020.v20.i02.p10.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>