Peran parental buying behavior dan brand experience terhadap loyalitas merek pada remaja rantauan
Abstract
Individu telah terkena paparan merek dari suatu produk sejak kecil oleh orangtua. Merek produk yang orangtua gunakan juga digunakan individu sejak kecil hingga dewasa. Hal ini dapat menimbulkan sikap loyal individu terhadap suatu merek produk tertentu yang umumnya disebut loyalitas merek. Loyalitas merek merupakan variabel penting bagi produsen yang diharapkan dimiliki oleh setiap konsumen. Loyalitas merek muncul pada diri konsumen dipengaruhi oleh beberapa hal yang tidak dimiliki sejak lahir. Loyalitas merek akan sangat mempengaruhi sikap seorang konsumen terhadap produk dengan merek tertentu. Pengalaman dan hasil pembelajaran mempengaruhi loyalitas merek konsumen terhadap suatu merek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran parental buying behavior dan brand experience terhadap loyalitas merek remaja rantauan di Indonesia. Subjek pada penelitian ini berjumlah 188 remaja rantauan di Indonesia. Alat ukur penelitian ini menggunakan skala loyalitas merek, skala parental buying behavior, dan skala brand experience. Hasil uji analisis regresi berganda menunjukkan nilai R = 0,584 (p < 0,05) dan R2 = 0,341 sehingga dapat disimpulkan bahwa parental buying behavior dan brand experience secara bersama-sama berperan sebesar 34,1% terhadap loyalitas merek remaja rantauan di Indonesia. Koefisien beta terstandarisasi dari parental buying behavior menunjukkan nilai sebesar 0,168 dan memiliki taraf signifikansi sebesar 0,007 (p < 0,05) yang berarti bahwa parental buying behavior berperan secara signifikan terhadap loyalitas merek. Koefisien beta terstandarisasi dari brand experience menunjukkan nilai sebesar 0,519 dan memiliki taraf signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05) yang berarti bahwa brand experience berperan secara signifikan terhadap loyalitas merek.
Downloads
References
Azizah, & Widyastuti, A. (2013). Hubungan antara kepuasan konsumen dengan loyalitas merek pada pengguna kartu prabayar Simpati. Jurnal Psikologi, 9(1), 1-8. Diakses pada http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/psikologi/article/downloadSuppFile/13/1
Astuti, N. (2016). Hubungan citra merek dengan loyalitas merek pada konsumen mobil PT. Honda Semoga Jaya Samarinda. Psikoborneo, 4(3), 439-448. Diakses pada http://ejournal.psikologi.fisip-unmul.ac.id/site/?p=1086
Badan Pusat Statistik. (2017, Agustus 07) Berita resmi statistik. Diakses pada https://www.slideshare.net/trecool/q2-2017-badan-pusat-statistik-bps-report
Badan Pusat Statistik. Laju pertumbuhan pengeluaran konsumsi rumah tangga (TW II dan TW III 2017). Diakses pada https://databoks.katadata.co.id/datapublishembed_en/108401/triwulan-iii-2017-pertumbuhan-pengeluaran-transportasi-dan-komunikasi-tertinggi
Brakus, J. J., Schmitt B. H. & Zarantonello L. (2009). Brand experience: What is it? How is it measured? Does it affect loyalty. American Marketing Association. Journal of Marketing. Diakses pada https://www0.gsb.columbia.edu/mygsb/faculty/research/pubfiles/4243/Brand%20Experience%20and%20Loyalty_Journal_of%20_Marketing_May_2009.pdf
Damiati. (2017). Perilaku Konsumen. Depok: RajaGrafindo Persada.
Farida. (2015). Pemanfaatan kecanggihan teknologi berbasis digital (Memudahkan komunikasi manusia). Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 3(2), 359-382. Diakses pada http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/komunikasi/article/download/1652/1488
Gounaris, S. & Stathakopoulos, V. (2004). Antecedents and consequences of brand loyalty: An empirical study. The Journal of Brand Management. 11. 283-306. 10.1057/palgrave.bm.2540174.
Indonesia Best Brands Index 2017. (2017, September/October). SWA 20, 33, 22-40.
Keng, C. J., Tran, V. D., & Le Thi, T. M. (2013). Relationships among brand experience, brand personality, and customer experiential value. Contemporary Management Research, 9(3). Diakses pada http://www.cmr-journal.org/article/view/11086
Kusuma, Y. S. (2014). Pengaruh brand experience terhadap brand loyalty melalui brand satisfaction dan brand trust harley davidson di surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), 1-11. Diakses pada https://media.neliti.com/media/publications/133975-ID-none.pdf
Laksono, G. (2012). Pengaruh tingkat kepuasan konsumen terhadap loyalitas merek kartu selular Indosat IM3 di Salatiga (survey pada mahasiswa UKSW Salatiga) (Doctoral dissertation, Program Studi Manajemen FEB-UKSW). Diakses pada http://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/2601/2/T1_212005051_Full%20Text.pdf
Panjaitan, A. O. Y., Rofiaty, & Sudjatno. (2016). Pengaruh pengalaman merek terhadap loyalitas merek melalui mediasi kepuasan merek dan kepercayaan merek (Studi pada kuliner khas Kota Malang). Jurnal Bisnis dan Manajemen, 3(2), 141-161. Diakses pada http://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jbm/article/view/417
Putra F. G. & Gautama S. I. (2013). Pengaruh iklan, brand trust, terhadap loyalitas konsumen dan dampaknya terhadap minat beli konsumen pada marketing online Lazada.co.id. (Doctoral dissertation. Binus). Diakses pada http://eprints.binus.ac.id/28094/
Roberts, J. A., Gwin, C., F. & Martinez, C. R. (2004). Does family matter? Family influence on compulsive buying in Mexico. Marketing Management Journal. Spring. 45-62.
Roberts, J. A., Gwin, C., F. & Martinez, C. R. (2004). The influence of family structure on consumer behavior: A re-inquiry and extension of rindfleisch et al. (1997) in Mexico. Journal of Marketing Theory and Practice. Winter. 61-79. Diakses pada https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/10696679.2004.11658513
Safitriani. (2018). Laporan studi pendahuluan: Gambaran loyalitas merek mahasiswa rantauan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Denpasar.
Sangadji, E., M. & Sopiah. (2013). Perilaku konsumen pendekatan praktis disertai himpunan jurnal penelitian. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Santoso, S. (2015). Menguasai statistik nonparametrik. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.
Santrock, J. W. (2003). Adolescence: Perkembangan remaja. Jakarta: Erlangga.
Santrock. J. W. (2007). Remaja. Edisi ke- 11. Jakarta: Erlangga.
Saputra, R., & Karneli, O. (2017). Pengaruh iklan dan citra merek terhadap minat beli konsumen produk merek Honda (survei konsumen pada dealer CV. Cempaka Motor di Kabupaten Sijunjung). Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau, 5(1), 1-15. Diakses pada https://media.neliti.com/media/publications/206745-pengaruh-iklan-dan-citra-merek-terhadap.pdf
Sarwono, S., W. (2013). Pengantar psikologi umum. Jakarta: Rajawali Pers.
Sarwono, S. W. (2013). Psikologi remaja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sarwono, S. W. (2015). Psikologi remaja. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Setiadi, N. J. (2015). Perilaku konsumen. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sihotang, A. (2009). Hubungan antara konformitas terhadap kelompok teman sebaya dengan pembelian impulsif pada remaja. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro. Diakses pada http://eprints.undip.ac.id/11128/
Simamora, V. J. (2016). Pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas merek. Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen. Universitas Sanata Dharma. Diakses pada https://repository.usd.ac.id/6632/2/122214133_full.pdf
Siregar, S. (2014). Statistik parametrik untuk penelitian kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. (2013). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode penelitian kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta.
Sulistyawati, D. (2017). Pengaruh pengalaman merek dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan dan niat pembelian kembali pada Matahari Departement Store di Surakarta. Surakarta: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta. Diakses pada http://eprints.ums.ac.id/57126/1/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf
Tjiptono, F. (2006). Service, quality and satisfaction. Edisi ke-1. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Tjiptono, Fandy. (2005). Pemasaran jasa. Edisi ke- 1. Malang: Bayumedia.
Wiese, M. & Kruger, L. (2016). Parental influence on consumer and purchase behavior of generation Y. Journal of Family Ecology and Consumer Science. 44. 21-31. Diakses pada https://www.ajol.info/index.php/jfecs/article/download/143706/133419.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).