Hubungan Kepemimpinan Transformasional dan Iklim Organisasi terhadap Perilaku Kewargaan Organisasi dengan Komitmen Organisasi sebagai Variabel Mediator

  • I Gusti Ngurah Dwiputra Widianta Universitas Udayana
  • Drs. Supriyadi Universitas Udayana

Abstract

Kinerja extra-role merupakan perilaku sukarela dari seorang pekerja untuk mau melakukan tugas atau pekerjaan di luar tanggung jawab atau kewajibannya demi kemajuan atau keuntungan organisasinya. Kinerja maksimal merupakan tuntutan suatu organisasi yang tidak hanya ditunjukan oleh perilaku in-role tapi juga extra-role atau yang disebut juga sebagai Organizational Citizhenship Behavior (OCB) atau yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan nama Perilaku Kewargaan Organisasi (PKO). PKO akan bisa muncul dikarenakan berbagai faktor, namun dalam penelitian ini peneliti memilih kepemimpinan transformasional dan iklim organisasi sebagai faktor dominan yang mempengaruhi munculnya PKO. Peneliti menduga hubungan tersebut akan semakin kuat ketika hubungan  kepemimpinan transformasional dan iklim organisasi di jembatani  oleh komitmen organisasi. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang menggunakan analisis jalur (Path Analysis) dengan menggunakan 100 responden yang seluruhnya terdiri dari karyawan swasta. Proses analisis jalur dalam penelitian ini dilakukan dalam dua tahap, tahap pertama dilakukan dengan mencari hubungan kepemimpinan transformasional, komitmen organisasi terhadap PKO. Selanjunya, pada tahap kedua dilakukan dengan mencari hubungan iklim organisasi, komitmen organisasi terhadap PKO. Dari hasil pengolahan data yang dilakukan melalui analisis regresi dengan variabel mediasi menggunakan analisis jalur, menunjukan nilai t hitung = 0,808 yang lebih kecil dari t tabel dan koefisien mediasi 0,182 tidak signifikan yang berarti komitmen organisasi tidak memediasi hubungan kepemimpinan transformasional terhadap PKO. Hal serupa juga ditunjukan oleh hasil analisis jalur yang dilakukan terhadap iklim organisasi dan komitmen organisasi terhadap PKO, dimana nilai signifikansi yang didapat sebesar 0,352 menunjukan tidak adanya signifikansi hubungan di antara ketiga variabel iklim organisasi, komitmen organisasi juga PKO, sehingga dapat disimpulkan bahwa komitmen organisasi tidak memdiasi hubungan iklim organisasi terhadap PKO.


Kata kunci: Kepemimpinan Transformasional, Iklim Organisasi, Perilaku Kewargaan Organisasi, Komitmen Organisasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alhumami, A. (2015). Pendidikan Tinggi Berkualitas dan Daya saing Bangsa. Analisis CSIS, 192-212.
Azwar, S. (2013). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka belajar.
Coetzee. (2005). Employee Commitment. University Of Pretoria.
Field, A. (2009). Discovering Statistics Using SPSS. California: Sage Publication Ltd.
Garay, H. D. (2006). Kinerja Extra Role dan Kebijakan Kompensasi. Sinergi, Vol.8, No.1, 33-42.
George, J. M., & Jones, G. R. (2008). Understanding and Managing Organizational Behavior. New Jersey: Pearson.
Ghozali, I. (2011). Aplikasi AnalisisMultivariate dengan Program IBM SPSS 20. Semarang: Universitas Diponegoro.
Gunara, A., Ali, M., & Haerani, S. (2015). Analisis pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasional Terhadap Perilaku Kewargaan Organisasi di PT.INCO TBK.
Kamuli, S. (2012). Pengaruh Iklim Organisasi Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Sekretariat Daerah Kota Gorontalo. Jurnal inovasi,Volume 9, No.1, 1-8.
Kompasiana. (2014). MEA 2015: Menguntungkan atau Merugikan Perekonomian Indonesia? Retrieved from Kompasiana: http: //www.kompasiana.com /ichakhairunnisa23/mea-2015-menguntungkan-atau-merugikan-perekonomian-indonesia_54f7036da3331168218b45d2
Kurniatami, Y. (2014). Hubungan Antara Kewpemimpinan Transformasional dengan Organizational Citizenship Behavior (OCB) di Universitas Muhamadiyah Surakarta. Surakarta: Fakultas Psikologi, Universitas Muhamadiyah Surakarta.
Kurniatami, Y. (2014). Hubungan Antara Kewpemimpinan Transformasional dengan Organizational Citizenship Behavior (OCB) di Universitas Muhamadiyah Surakarta. Surakarta: Fakultas Psikologi, Universitas Muhamadiyah Surakarta.
Lakshmi, P. A. (2014). Hubungan antara Iklim Organisasi dengan Perilaku Kewargaan Organisasi pada Karyawan di Perusahaan Ritel. Denpasar: Program Studi Psikologi, Universitas Udayana.
Lamidi. (2008). Hubungan Kepemimpinan Transformasional Terhadap Organizational Citizenship Behavior dengan Variabel Intervening Komitmen Organisasi. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol. 8, No. 1, 25 – 37.
Meita, V. (2014). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Budaya Organisasi Terhadap Organizational Citizhenship Behavior (OCB) Karyawan Cafe di Wilayah Yogyakarta. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta.
Merdeka.Com. (2012). Konflik bisa bikin Merpati terbang semakin rendah. Retrieved from Merdeka.Com: http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&ved=0CBwQFjAA&url=http%3A%2F%2Fwww.merdeka.com%2Fuang%2Fkonflik-bisa-bikin-merpati-terbang-semakin-rendah.html&ei=tD2KVZ3DEpaHuASYyIEI&usg=AFQjCNEWvWQ08YrLEy3mdHdvbm7-EXGUcg&sig2=NWZ_dbRZPtu
Meylandani, D. (2016). Hubungan antara Iklim Organisasi dan Organizational Citizens Behavioral (OCB) Pada Perawat RSUD Kanjuruhan Kepanjen Kabupaten Malang. Jurnal Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang.
Oktaviato, R. (2014). Organizational Citizenship Behaior (OCB) Ditinjau dari Jenis Kelamin pada Pegawai Dinas Pendidikan Kota Cilegon. Jurnal Publikasi, Universitas Muhammadiya Surakarta.
Organ, D. W. (2006). Organizational Citizenship Behavior. Its Nature, Antecendents, and Consequences . California: Sage Publications, Inc.
Permana Aga Dwitya ,Sriathi A.A. Ayu . (2017). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasional terhadap Organizational Citizenship Behavior Guru. E-Jurnal Manajemen Unud Vol. 6, No. 8,, 4185-4213.
Pratama, A. (2017). Hubungan Kepemimpinan Transformasional dengan Organizational Citizenship Behavior (OCB) Perawat (Studi Pada Perawat RSIA Eria Bunda Pekanbaru). JOM FISIP Vol. 4 No. 2, 1-13.
Prihatsanti, U., & Dewi, K. S. (2010). Hubungan Antara Iklim Organisasi dan Organizational Citizenship Behavior (OCB) pada Guru SD Negri di Kecamatan Mojolaban Sukoharjo. Jurnal Psikologi, Undip, Vol.7, No.1, 11-17.
Purwanto. (2010). Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi dan Pendidikan . Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Rizadinata, & Suhariadi, F. (2013). Hubungan Antara Kepemimpinan Transformasional dengan Komitmen Organisasi pada Karyawan Divisi Produksi PT. Gunawan Dianjaya Steel Surabaya. Jurnal Psikologi Industri dan Organisasi, Vol. 02 No 1.
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2008). Perilaku Organisasi . Jakarta: Salemba empat.
Robbins, S. P., & Langton, N. (2004). Organizational Behavior. New Jersey: Pearson Education.
Setyanto, A., Suharnomo, & Sugiono. (2013). Analisis Pengaruh Kepuasan Kerja dan Iklim Organisasi terhadap Keinginan Keluar (Intention To Quit) dengan Komitmen Organisasional Sebagai Variabel Intervening (Pada Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit Teladan Prima Group). Jurnal Studi Manajemen & Organisasi Volume 10, Nomor 1, 75.
Sudarmanto. (2009). Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM . Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Sugiyono. (2013). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Susanty, E. (2012). Pengaruh Iklim Organisasi terhadap Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi pada Universitas Terbuka. Jurnal Organisasi dan Manajemen,Volume 8, Nomor 2, 121-134.
Suseno, M. N., & Sugiyanto. (2010). Pengaruh Dukungan Sosial dan Kepemimpinan Transformasional Terhadap Komitmen Organisasi dengan Mediator Motivasi Kerja. Jurnal Psikologi, Volume 37, NO. 1, 94-109.
Sutrino, A. (2017). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Organizational Citizenship Behavior (OCB) Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Usaha Kecil Menengah Rumah Makan Di Wilayah Kecamatan Kambu Kota Kendari). Skripsi.
Tulisanterkini.com. (2014). Badan Usaha Milik Swasta dan Negara. Retrieved from tulisanterkini.com/artikel/info-umum/2235-badan-usaha-milik-swasta-dan-negara.html
Utami, H. N. (2016). Koperasi, Pengaruh Iklim Organisasi dan Organizational Citizenship Behavior terhadap Kinerja Anggota Dewan. Jurnal Universitas Brawijaya.
Wexley, K. N., & Yuki, G. A. (2003). Perilaku Organisasi & Psikologi Personalia. Jakarta: PT.Rineka Cipta.
Wibowo. (2013). Perilaku Dalam Organisasi. Jakarta: Rajagrafindo Perkasa.
Yuliana, E. (2007). Hubungan antara Iklim Organisasi dan Kualitas Pelayanan Pada Karyawan McDonald's Java Semarang. Semarang: Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro.
Published
2019-02-27
How to Cite
WIDIANTA, I Gusti Ngurah Dwiputra; SUPRIYADI, Drs.. Hubungan Kepemimpinan Transformasional dan Iklim Organisasi terhadap Perilaku Kewargaan Organisasi dengan Komitmen Organisasi sebagai Variabel Mediator. Jurnal Psikologi Udayana, [S.l.], p. 116-129, feb. 2019. ISSN 2654-4024. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/47157>. Date accessed: 29 mar. 2024.
Section
Articles