Hubungan Persepsi terhadap Lingkungan Kerja dengan Kepuasan Kerja yang Dimoderasi Motivasi Kerja pada Wiraniaga Ramayana Department Store Denpasar
Abstract
Kepuasan kerja karyawan merupakan perkiraan individu terhadap pekerjaan atau pengalaman positif pada diri individu. Perkiraan tersebut adalah hasil persepsi. Penting untuk menimbulkan persepsi yang positif dalam situasi yang terjadi di perusahaan terhadap karyawannya. Salah satu yang menjadi perhatian dalam upaya menciptakan persepsi yang baik pada karyawan adalah lingkungan kerja. Adanya lingkungan kerja yang buruk, akan menimbulkan persepsi buruk pada karyawan sehingga mereka akan merasa stress dan tidak nyaman saat bekerja, sehingga akan memengaruhi motivasi kerja pada karyawan. Hal tersebut akan berakibat negatif pada kredibilitas perusahaan. Ramayana adalah salah satunya, karena konsumen biasanya memandang kualitas perusahaan retail pada pelayanan oleh wiraniaganya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara persepsi terhadap lingkungan kerja dengan kepuasan kerja wiraniaga Ramayana Department Store yang dimoderasi oleh motivasi kerja. Jumlah subjek pada penelitian ini berjumlah 46 orang dengan kriteria laki – laki dan perempuan yang bekerja sebagai wiraniaga dengan pengalaman kerja dalam ruangan selama minimal satu tahun di salah satu perusahaan retail di Denpasar yaitu Ramayana. Metode sampling yang digunakan adalah cluster sampling. Hasil data penelitian dianalisa dengan menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA) dengan bantuan program IBM SPSS Statistics 20 for windows.
Hasil yang diperoleh membuktikan bahwa motivasi kerja merupakan variabel moderator semu yang berinteraksi dengan persepsi terhadap lingkungan kerja sehingga dapat memberikan pengaruh terhadap kepuasan kerja. Hal tersebut dibuktikan melalui koefisien probabilitas yang tidak siginifikan pada uji signifikansi parameter individualnya, namun didapatkan koefisien yang signifikan pada uji signifikansi simultan.
Kata Kunci: Lingkungan Kerja, Kepuasan Kerja, Motivasi Kerja, Wiraniaga
Downloads
References
Azwar, S. (2010). Penyusunan skala psikologis. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Chandra, G. (2002). Strategi dan Program Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.
Duncan, D. (1951). Retailing : principles and methods 3rd edition. United States of America: Richard D. Irwin, Inc.
Dwijayanto, A. (2017, July). Penjualan Ramayana Terdongkrak Transformasi Usaha. Diunduh dari http://m.kontan.co.id/news/penjualan-ramayana- terdongkrak-transformasi-usaha 18 Agustus 2017
Ghozali, I. (2005). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS edisi 3. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2005). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 20 edisi 6. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hadi, S. (1991). Statistik 2. Yogyakarta: Andi Offset.
I. P. W. MADE & SUPRIYADI
348
Kanfer, R., Chen, G., & Pritchard, R.,D. (2008). Work motivation past, present, and future. New York: Taylor & Francis Group.
Karla, E. (2015). Analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Matahari Department Store Kramat Jati. UG Jurnal 9(9):1-3.
Kotler, P. (1994). Marketing management: Analysis, planning, implementation and
Control, 8th edition. New Jersey: Prentice Hall
International.
Kotler, P. (2000). Marketing management: Analysis, planning,
implementation and control 9th edition. New Jersey:
Prentice Hall International.
Kusriyanto, B. (1991). Meningkatkan produktvitas karyawan.
Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo.
Lewinson, D. (1989). Retailing 3rd edition. Columbus: Merrill
Publishing Company.
Lucas, Jr George H., Robert P and Graham, Larry G. (1994).
Retailing. Boston, Massachusetts: Houghton Mifflin
Company.
Luthans, F. (2006). Perilaku organisasi edisi 10. Yogyakarta: Andi. Maharlin, R. (2013). Pengaruh motivasi kerja terhadap produktivitas
kerja karyawan Robinson Supermarket Samarinda. Jurnal
Administrasi Bisnis 1(4): 298-314.
Munandar, A., S. (2001). Psikologi industri dan organisasi. Jakarta:
Universitas Indonesia Press.
Nilawati, T. (2017). Pengaruh lingkungan kerja, komitmen, dan
disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Matahari Department Store Kediri. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara Persatuan Guru Republik Indonesia. Kediri.
Ramayana. (2017). Company Profile. Diunduh dari http://corporate.ramayana.co.id/index.php/en/about-the- company 18 Juli 2017
Rema, D. (2013, June). Galeries Lafayette, Department Store Asal Prancis Resmi Dibuka di Indonesia. Diunduh dari https://wolipop.detik.com/read/2013/06/13/135900/227245 3/1140/galeries-lafayette-department-store-asal-prancis- resmi-dibuka-di-indonesia 15 Agustus 2017
Rivai, Veithzal. (2006). Manajemen sumber daya manusia untuk perusahaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Robbins, S. P. (2001). Psikologi organisasi edisi ke-8. Jakarta: Prenhallindo.
Robbins, S. P. (2003). Perilaku organisasi jilid I. Jakarta: PT INDEKS Kelompok Gramedia.
Sarwono, J. (2013). Statistik multivariate aplikasi untuk riset skripsi. Yogyakarta: Andi Offset.
Sedarmayanti. (2001). Sumber daya manusia dan produktivitas kerja. Bandung: Mandar Maju.
Sugiyono. (2012). Metode penelitian bisnis. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan (Pendekatan
kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta. Suwatno, H. (2014). Manajemen SDM dalam organisasi publik dan
bisnis. Bandung: Alfabeta.
Wibowo, M., M. Al Musadieq, dan G. Eko Nurtjahjono. (2014).
Pengaruh lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja karyawan (Studi pada karyawan PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. Kandatel Malang). Jurnal Administrasi Bisnis 16(1): 1-9.
Wijono, S. (2012). Psikologi industri & organisasi (Dalam suatu bidang gerak psikologi sumber daya manusia) edisi revisi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Yohana, K. (2015, October). Pengaruh Kepuasan Pelanggan terhadap Profit Perusahaan. Diunduh dari https://id.linkedin.com/pulse/pengaruh-kepuasan- pelanggan-terhadap-profit-consulting-group 10 Juni 2017
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).