Peran konformitas dan gaya hidup brand minded terhadap perilaku konsumtif mahasiswi di Kota Denpasar

  • Sri Windayani Universitas Udayana
  • Dewi Puri Astiti Universitas Udayana

Abstract

Perilaku konsumtif pada mahasiswi salah satunya disebabkan oleh gaya hidup brand minded. Gaya hidup brand  minded adalah kecenderungan individu untuk selalu menggunakan barang bermerek dengan tujuan mendapatkan pengakuan dari lingkungan. Selain itu, konformitas juga dapat memengaruhi perilaku konsumtif seperti individu secara sukarela menyesuaikan diri dengan lingkungan agar dapat diterima oleh kelompok sosial. Hal ini bisa dilihat melalui perubahan mahasiswi dalam berpakaian dan bergaya yang didukung oleh teman sebaya. Perilaku konsumtif pada mahasiswi dapat dipahami melihat usia mahasiswi yang mengalami usia peralihan dalam mencari identitas diri. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui peran antara konformitas dan gaya hidup brand minded dengan perilaku konsumtif mahasiswi di Kota Denpasar. Subjek dalam penelitian ini adalah 130 orang mahasiswi angkatan 2016 dan 2017 di Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Warmadewa. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala konformitas, skala gaya hidup brand minded, dan skala perilaku konsumtif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda. Hasil uji regresi berganda menunjukkan nilai koefisien regresi sebesar 0,717, nilai koefisien determinasi sebesar 0,513 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 (P<0,05) dengan nilai koefisien B terstandarisasi pada variabel konformitas sebesar 0,464 dan gaya hidup brand minded sebesar 0,387. Hasil tersebut menunjukkan bahwa konformitas dan gaya hidup brand minded secara bersama-sama berperan meningkatkan perilaku konsumtif mahasiswi di Kota Denpasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Ghifari, A. (2003). Remaja Korban Mode. Bandung: Mujahid.
Astasari, A. R. & Sahra, A. (2006). Hubungan Antara Konformitas dengan Perilaku Membeli Impulsif pada Remaja Puteri. Diakses pada https://www.researchgate.net/publication/334674450_Perilaku_ Konsumtif_di_Kalangan_Remaja. Diambil pada tanggal 15 Juni 2019.
Atmadja., N. B. (2010). Ajeg Bali: Gerakan, Identitas, Kultural, dan Modernisasi. Yogyakarta: Lkis Printing Cemerlang.
Azwar, S. (2016). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
----------. (2016). Reliabilitas dan validitas.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Badan Pusat Statistik (BPS). (2018). Pengeluaran untuk Konsumsi Penduduk Indonesia. Jakarta: BPS RI. Diambil pada https://www.bps.go.id/publication/2018/11/01/4194e924ca33f08 7b68ab2de/pengeluaran-untuk-konsumsi-penduduk-indonesia-- maret-2018.html. Diakses pada 19 Agustus 2019.
Badan Pusat Statistik (BPS). Rata-rata Konsumsi Per Kapita Sebulan Provinsi Bali Menurut Kabupaten/Kota, 1997-2018. Jakarta: BPS RI. Diambil pada https://bali.bps.go.id/dynamictable/2016/01/25/7/rata-rata- konsumsi-per-kapita-sebulan-provinsi-bali-menurut-kabupaten- kota-1997-2018.html. Diakses pada tanggal 17 Agustus 2019.
Baron, R. A. & Byrne, D. (2005). Psikologi sosial (10th ed.). Jakarta: Erlangga.
Damayanti, A.M. (2014). Hubungan antara Konformitas dengan Perilaku Konsumtif pada Mahasiswi Indekost Mewah di Kecamatan Kertasura. Diambil pada https://www.tribunnews.com/bisnis/2013/12/05/ekonomi- indonesia-ditopang-pola-konsumtif-masyarakat. Diakses pada tanggal 17 Agustus 2019.
Putri, S. M. (2018). Makna Gaya Hidup Brand Minded pada Konsumen Sosialita. Jurnal Humaniora, 9-10. Diambil pada https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/idea/article/view/4176/2433. Diakses pada tanggal 20 Maret 2018.
Santoso, S. (2014). Statistik Multivariat, Edisi Revisi, Konsep dan Aplikasi dengan SPSS. Jakarta: Penerbit PT. Elex Media Komputindo.
Sarwono, S.W. (2005). Psikologi Sosial Psikologi Kelompok dan Psikologi Terapan. Jakarta: Balai Pustaka.
Sears, D.O. Freedman, J. L., & Peplau, L.A. (1991). Psikologi Sosial. Terjemahan M. Adiyanto & S. Soekresno. Jakarta: Airlangga.
Setiadi, N. J. (2003). Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Kencana.
Setiawan, S.R.D. (2018). “Ekonomi Indonesia 2017 Tumbuh 5,07 Persen, Tertinggi Sejak Tahun 2014”. Diakses pada https://ekonomi.kompas.com/read/2018/02/05/113820026/ekono mi-indonesia-2017-tumbuh-507-persen-tertinggi-sejak-tahun- 2014. Diambil pada tanggal 5 Februari 2018.
Shelley E, T., Peplau, L. A., and Sears, D. O. (2009). Psikologi Sosial Edisi Kedua Belas. California: Prenadarmedia Group.
Situmeang, M. K. (2017). Perilaku Konsumtif dan Tren Sophaolic pada Mahasiswa di Indonesia. Diambil pada http://www.braindilogsociology.or.id/2017/09/perilaku- konsumtif-dan-tren-shopaholic.html. Diakses pada tanggal 20 Maret 2018.
Solihin, O. (2015). Terpaan Iklan Mendorong Gaya Hidup Konsumtif Masyarakat Urban. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi. 42. Diambil dari
https://jipsi.fisip.unikom.ac.id/_s/data/jurnal/volume-05-no- 2/jurnal-4.pdf/pdf/jurnal-4.pdf. Diakses pada tanggal 20 Maret 2018.
Sumarwan, U. (2011). Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Sumartono. (2002). Terperangkap dalam Iklan: Meneropong Imbas Pesan Iklan Televisi. Bandung: Alfabeta
Susanti, E. Y. (2016). Hubungan Kepercayaan Diri dengan Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa Psikologi Angkatan 2013 UIN Maulana Ibrahim Malang. Skripsi. Diambil pada http://etheses.uin-malang.ac.id/3691/1/12410167.pdf. Diakses pada tanggal 15 Desember 2018.
Sutojo, S. (1988). Kerangka Dasar Manajemen Pemasaran. Jakarta:PT Pustaka Binaman Pressindo.
Wiana. (2007). Membangun Keseimbangan Alam dan Manusia. Diambil pada http://phdi.or.id/artikel/membangun- keseimbangan-alam-dan-manusia. diakses pada tangal 17 Agustus 2019.
Widowati, H. (2019). Indonesia Jadi Negara dengan Pertumbuhan E- Commerce Tercepat di Dunia. Diambil pada https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/04/25/indonesia-jadi-negara-dengan-pertumbuhan-e-commerce-tercepat-di- dunia. Diakses pada tanggal 17 Agustus 2019.
Widyarini, M. M. N. (2009). Kunci Pengembangan Diri. Jakarta: PT. Gramedia
Wijaya, M. F. R. (2016). Hubungan Gaya Hidup Brand Minded dengan Perilaku Konsumtif Produk Fashion pada Remaja Putri di SMA Harapan 1 Medan. Diambil pada repository.uma.ac.id/bitstream/123456789/1662/2/128600111_fi le2.pdf. Diakses pada tanggal 25 Mei 2019.
Wijokongko, Y. (1995). Peran Gaya Hidup Dalam Riset Konsumen. Pranata: Semarang : Universitas Katolik Soegijapranta.
Windayani, S. (2018). Studi Pendahuluan: Gambaran Gaya Hidup Brand Minded Mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Denpasar. Tidak dipublikasikan.
Windayanti, N. L., & Supriyadi. (2019). Hubungan antara citra tubuh dan konformitas terhadap perilaku konsumtif pada remaja putri di Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana , 1101-1113. Diakses pada https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/48664/28963. Diambil pada tanggal 17 Agustus 2019.
Zumita, H. (2014). Hubungan antara Konformitas dengan Perilaku Konsumtif Remaja terhadap Produk Distro pada Siswa Kelas X di SMA N 4 Yogyakarta. Naskah Tidak diPublikasikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Diambil pada https://core.ac.uk/download/pdf/33512194.pdf. Diakses pada tanggal 23 Mei 2019.
Published
2020-08-30
How to Cite
WINDAYANI, Sri; ASTITI, Dewi Puri. Peran konformitas dan gaya hidup brand minded terhadap perilaku konsumtif mahasiswi di Kota Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, [S.l.], p. 96-108, aug. 2020. ISSN 2654-4024. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/63513>. Date accessed: 22 nov. 2024.
Section
Articles