FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN WISATAWAN DALAM MEMBELI PAKET WISATA DI PT. BALI SUCI TOUR AND TRAVEL

  • Marulina Sitohang
  • I Wayan Suardana
  • I Putu Sudana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) faktor yang mempengaruhi keputusan wisatawan dalam membeli paket wisata; (2) faktor yang mempunyai pengaruh paling dominan dalam keputusan pembelian paket wisata. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh wisatawan yang membeli paket wisata di PT. Bali Suci Tour & Travel. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan yang menjadi kriteria adalah wisatawan yang pernah membeli paket wisata di PT. Bali Suci Tour and Travel dengan jumlah sampel sebanyak 200 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan teknik analisis data analisis faktor.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 20 variabel dapat direduksi menjadi 18 variabel yang tersebar dalam 5 (lima) faktor. Terdapat 2 (dua) variabel dikeluarkan dari model karena tidak memenuhi kriteria MSA > 0,5 yaitu variabel product quality (X1.7) dan variabel product offering (X1.13). Dari uji analisis faktor diperoleh hasil bahwa dari 18 variabel yang ditahan di dalam model dan mengelompokkan ke dalam 5 faktor merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan wisatwan dalam membeli produk paket wisata. Faktor-faktor tersebut adalah faktor produk dengan eigenvalue 5,871, faktor pribadi dengan eigenvalue 3,452, faktor psikologi dengan eigenvalue 3,144, faktor sosial dengan eigenvalue 2,197, dan faktor harga dengan eigenvalue 1,151. Dari hasil analisis faktor juga diketahui bahwa faktor yang memengaruhi keputusan wisatawan dalam membeli paket wisata paling dominan adalah faktor produk karena memiliki loading factor tertinggi dari keseluruhan faktor yang sudah terbentuk. Adapun variabel yang termasuk dalam faktor produk adalah packaging, guarantee, perceived fit, dan kualitas fasilitas.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
SITOHANG, Marulina; SUARDANA, I Wayan; SUDANA, I Putu. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN WISATAWAN DALAM MEMBELI PAKET WISATA DI PT. BALI SUCI TOUR AND TRAVEL. Jurnal IPTA (Industri Perjalanan Wisata), [S.l.], v. 3, n. 1, p. 22-28, july 2015. ISSN 2548-7930. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/pariwisata/article/view/26941>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/IPTA.2015.v03.i01.p05.

Keywords

Keputusan Pembelian, Analisis Faktor

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>