ORGANIZATIONAL CULTURE AND STRATEGIC COST REDUCTION
Abstract
Organisasi bisnis dengan kultur yang kuat menunjukkan kinerja keuangan yang lebih baik dibandingkan dengan pesaing-pesaingnya. Memperbaiki kinerja keuangan dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan meningkatkan penjualan produk/jasa yang menguntungkan, dan mengurangi beban, yang berarti perbaikan efisiensi. Pengurangan kos strategis berarti secara strategis memperbaiki efisiensi. Perusahaan dituntut untuk fokus pada kepemimpinan kos dengan sasaran menjaga keunggulan kompetitif jangka panjang. Upaya perbaikan efisiensi merupakan satu cara yang dapat dipergunakan oleh perusahaan untuk mempertahankan dan meningkatkan keunggulan kompetitifnya. Pendekatan strategis atas manajemen kos dapat membantu perusahaan menyejukkan kesulitan ekonomis jangka pendek, dan menciptakan budaya efisiensi yang permanen. Budaya kos adalah jalur bagi sistem costing organisasi yang mempengaruhi caranya bereaksi terhadap dinamika dan tantangan. Premis utama tulisan ini adalah bahwa pengurangan kos akan bermanfaat hanya bila menguntungkan perusahaan dalam jangka panjang.Downloads
Download data is not yet available.
How to Cite
SUDANA, I PUTU.
ORGANIZATIONAL CULTURE AND STRATEGIC COST REDUCTION.
Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, [S.l.], v. 3, n. 2, july 2008.
ISSN 2303-1018.
Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jiab/article/view/2578>. Date accessed: 21 nov. 2024.
Issue
Section
Articles
Keywords
organizational culture, competitive advantage, cost culture, strategic cost reduction