ANALISIS FINANSIAL USAHA PETERNAKAN BABI DENGAN BERBAGAI JENIS RANSUM (Studi Kasus Peternakan Babi di Desa Jadi Kabupaten Tabanan)

  • Wiranata G. A. Magister Ilmu Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Udayana
  • B. R. T. Putri Fakultas Peternakan Universitas Udayana
  • D. A. Warmadewi Fakultas Peternakan Universitas Udayana

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pendapatan usaha peternakan babi dengan perlakuan
penggantian pollard dengan dedak padi yang disuplementasi multi mineral vitamin. Rancangan yang digunakan adalah rancangan acak kelompok (RAK) yang terdiri dari 4 perlakuan dan 4 kelompok sebagai ulangan, pengelompokan berdasarkan berat badan babi. Perlakuan yang digunakan adalah ransum yang menggunakan konsentrat komersial dan pollard (A) sebagai kontrol, ransum konsentrat TBN-01 dan pollard (B), ransum konsentrat TBN-01 dan dedak padi (C), ransum konsentrat TBN-01 dan dedak padi dengan suplementasi multi mineral-vitamin pignox (D). Adapun variabel penelitian yakni (1) manajemen pemeliharaan ternak babi meliputi pemilihan bibit, perkandangan, pemberian pakan, tenaga kerja, kesehatan ternak dan pemasaran (2) analisis finansial usaha penggemukan babi meliputi biaya total, penerimaan, laba, R/C ratio (revenue and cost ratio), BEP (Break Event Point). Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan biaya total, usaha peternakan babi dengan perlakuan penggantian pollard dengan dedak padi yang disuplementasi multi mineral vitamin sebesar 0,20% (D) menghasilkan R/C ratio paling besar yakni 1,51 atau persentase keuntungan yakni 51%. Simpulan dari penelitian ini adalah dengan manajemen pemeliharaan yang baik dilihat dari pertambahan bobot badan pada perlakuan D sebesar 23,75 g/ekor dengan R/C ratio 1,51 dan menurunkan biaya produksi sebesar 1,51%. 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Wiranata G. A., Magister Ilmu Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Udayana

Magister Ilmu Peternakan
Fakultas Peternakan Universitas Udayana

B. R. T. Putri, Fakultas Peternakan Universitas Udayana

Fakultas Peternakan Universitas Udayana

D. A. Warmadewi, Fakultas Peternakan Universitas Udayana

Fakultas Peternakan Universitas Udayana

Published
2020-05-14
How to Cite
G. A., Wiranata; PUTRI, B. R. T.; WARMADEWI, D. A.. ANALISIS FINANSIAL USAHA PETERNAKAN BABI DENGAN BERBAGAI JENIS RANSUM (Studi Kasus Peternakan Babi di Desa Jadi Kabupaten Tabanan). Majalah Ilmiah Peternakan, [S.l.], v. 23, n. 1, p. 13-21, may 2020. ISSN 2656-8373. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/mip/article/view/59773>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MIP.2020.v23.i01.p03.

Most read articles by the same author(s)