HUBUNGAN INDEKS MASSA TUBUH DENGAN KEJADIAN FLAT FOOT PADA ANAK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA 1 SUKAWATI KABUPATEN GIANYAR

  • I Putu Radhe Bhakti Krisnanda Program Studi Sarjana Fisioterapi dan Profesi Fisioterapi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar, Bali
  • Putu Ayu Sita Saraswati Departemen Fisioterapi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar, Bali
  • Dewa Ayu Inten Dwi Primayanti Departemen Ilmu Faal, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar, Bali

Abstract

Tingginya indeks massa tubuh (IMT) dalam waktu yang lama dapat menyebabkan deformitas tertentu pada kaki, salah satunya adalah flat foot. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan IMT dengan kejadian flat foot pada anak SMP Negeri 1 Sukawati Kabupaten Gianyar. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain studi potong lintang. Sampel penelitian yaitu merupakan siswa dan siswi SMP Negeri 1 Sukawati sebanyak 113 orang. Pengukuran IMT diukur dengan menggunakan timbangan berat badan dan stature meter, pengukuran flat foot menggunakan metode Wet Foot Print Test. Dari 113 orang responden ditemukan 27 orang (23,9%) dengan kondisi flat foot dan 86 orang (76,1%) dengan kondisi kaki normal. Hasil analisis menggunakan metode Chi Square Test menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan (p = 0,009) antara IMT dan kejadian flat foot pada anak SMP Negeri 1 Sukawati Gianyar.
Kata Kunci: Indeks massa tubuh, flat foot, wet footprint test

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-05-15
How to Cite
KRISNANDA, I Putu Radhe Bhakti; SARASWATI, Putu Ayu Sita; PRIMAYANTI, Dewa Ayu Inten Dwi. HUBUNGAN INDEKS MASSA TUBUH DENGAN KEJADIAN FLAT FOOT PADA ANAK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA 1 SUKAWATI KABUPATEN GIANYAR. Majalah Ilmiah Fisioterapi Indonesia, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 33-36, may 2019. ISSN 2722-0443. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/mifi/article/view/51138>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MIFI.2019.v07.i02.p08.

Most read articles by the same author(s)