PERAN CITRA MEREK DALAM MEMEDIASI PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP NIAT BELI KOSMETIK LIPTINT

Universitas Udayana

  • Desak Putu Ariesi Universitas Udayana
  • Ni Wayan Sri Suprapti Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran citra merek dalam memediasi pengaruh e-WoM terhadap niat beli produk Liptint Emina Magic Potion. Sampel penelitian terdiri atas 110 orang konsumen pengguna kosmetik di Kota Denpasar yang sering berbelanja online tetapi belum pernah menggunakan Liptint Emina Magic Potion. Data diambil melalui survei online menggunakan kuesioner, dan kemudian dianalisis menggunakan path analysis dan uji sobel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-WoM berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek produk kosmetik liptint merek Emina Magic Potion, e-WoM meningatkan niat beli produk kosmetik liptint merek Emina Magic Potion, citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli liptint merek Emina Magic Potion, citra merek secara signifikan memediasi pengaruh e-WoM terhadap niat beli produk liptint merek Emina Magic Potion. Hal ini memiliki arti bahwa e-WoM mampu meningkatkan niat beli konsumen terhadap produk kosmetik liptint merek Emina Magic Potion melalui citra merek kuat yang ada di benak konsumen. 


Kata kunci: citra merek, e-WoM, niat beli

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-04-28
How to Cite
ARIESI, Desak Putu; SUPRAPTI, Ni Wayan Sri. PERAN CITRA MEREK DALAM MEMEDIASI PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP NIAT BELI KOSMETIK LIPTINT. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 11, n. 4, p. 824 - 844, apr. 2022. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/75952>. Date accessed: 04 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i04.p10.
Section
Articles