PERAN INOVASI PRODUK DALAM MEMEDIASI PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA BISNIS UKM KEDAI KOPI

  • Amara Dyah Rachmasari Universitas Udayana
  • Ni Wayan Sri Suprapti Universitas Udayana

Abstract

Tujuan penelitan ini adalah untuk menjelaskan peran inovasi produk dalam memediasi pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja bisnis UKM kedai kopi di Kota Denpasar dan Kabupaten Badung. Populasi penelitian ini adalah pemilik atau manajer kedai kopi. Sampel ditentukan dengan metode purposive sampling tediri atas 55 responden. Data dikumpulkan menggunakan kueisoner yang disebar secara online dan offline. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian ini menghasilkan temuan bahwa orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi produk dan kinerja bisnis kedai kopi di Kota Denpasar dan Kabupaten Badung. Inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja bisnis kedai kopi di Kota Denpasar dan Kabupaten Badung. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa Inovasi produk mampu memediasi hubungan antara orientasi pasar terhadap kinerja bisnis kedai kopi di Kota Denpasar dan Kabupaten Badung.


The purpose of this research is to explain the role of product innovation in mediating the influence of market orientation on the performance of the coffee shop UKM business in Denpasar City and Badung Regency. The population of this study is the owner or manager of the coffee shop. The sample was determined by purposive sampling method consisting of 55 respondents. Data was collected using questionnaires distributed online and offline. The collected data were then analyzed using path analysis. The results of this study indicate that market orientation has a positive and significant effect on product innovation and coffee shop business performance in Denpasar City and Badung Regency. Product innovation has a positive and significant effect on the performance of the coffee shop business in Denpasar City and Badung Regency. In addition, this study also found that product innovation was able to mediate the relationship between market orientation and coffee shop business performance in Denpasar City and Badung Regency.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afsharghasemi, A., Zain, M., Sambasivan, M., & Ng Siew Imm, S. (2013). Market Orientation, Government Regulation, Competitive Advantage and Internationalization of SMEs: A Study in Malaysia. Journal of Business Administration Research, 2(2), 13. https://doi.org/10.5430/jbar.v2n2p13
Ahimbisibwe, G. M., Ntayi, J. M., & Ngoma, M. (2013). Export Market Orientation, Innovation and Performance of Fruit Exporting Firms in Uganda. European Scientific Journal, 9(4), 295–313.
Arief, M., & Rosiawan, R. W. (2018). Kinerja Pemasaran Berdasarkan Orientasi Pasar Melalui Inovasi Produk Pada UMKM Manufaktur di Kabupaten Bangkalan. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 14(3), 129–141. https://doi.org/10.21067/jem.v14i3.2799
Asashi, T., & Sukaatmadja, I. (2017). Peran Inovasi Produk Dalam Memediasi Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 6(4), 6367–6387.
Atalay, M., Anafarta, N., & Sarvan, F. (2013). The Relationship between Innovation and Firm Performance: An Empirical Evidence from Turkish Automotive Supplier Industry. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 75(3), 226–235. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.04.026
Cahyo, J. ., & Harjanti, D. (2013). Analisa Inovasi Produk Pada Sektor Usaha Formal dan Informasi di Jawa Timur. Jurnal AGORA, 1(3), 1–20.
Candraningrat, I. R., Abundanti, N., Mujiati, N. W., Erlangga, R., & Jhuniantara, I. M. G. (2021). The role of financial technology on development of MSMEs. Accounting, 7(1), 225–230. https://doi.org/10.5267/j.ac.2020.9.014
Ciptaningrum, Y. A. (2019). Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Pembelajaran, Inovasi Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Perusahaan Pada Ukm Perak Di Yogyakarta.
Dalimunthe, M. B. (2017). Keunggulan Bersaing Melalui Orientasi Pasar dan Inovasi produk. Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen, 3(2), 140–153.
Darwis, H., & Utama, L. (2020). Pengaruh Orientasi Pasar Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja UMKM Di Jakarta Barat. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 2(2), 542–552.
Djamaris, A. R., & Th Anitawati, M. (2018). Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Inovasi Produk PadaUKM Smesco. Management, and Industry (JEMI), 1(2), 52–69.
Ekbis.sindonews. (2019). Tingkatkan ekspor, kopi Indonesia untuk Dunia. https://ekbis.sindonews.com
Helia, R., Farida, N., & Prabawani, B. (2015). Pengaruh Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing Melalui Inovasi Produk sebagai Variabel Antara (Studi Kasus pada IKM Batik di Kampung Batik Laweyan, Solo). Journal Of Social And Political Of Science, 1–10.
Herlambang, G., & Mawardi, M. (2017). Pengaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja UKM (Studi pada Sentra UKM Meubel di RW 01 dan RW 02, Kelurahan Tunjungsekar, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 49(2), 56–62.
Hortinha, P., Lages, C., & Lages, L. F. (2011). The trade-off between customer and technology orientations: Impact on innovation capabilities and export performance. Journal of International Marketing, 19(3), 36–58. https://doi.org/10.1509/jimk.19.3.36
Jannah, M., Irawati, A., & Purnomo, H. (2019). Pengaruh Orientasi Kewiraushaan dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja UMKM Batik Gedog Khas Tuban. Eco-Entrpreneurship, 5(1), 33–48.
Jyoti, J., & Sharma, J. (2012). Impact of Market Orientation on Business Performance: Role of Employee Satisfaction and Customer Satisfaction. Vision: The Journal of Business Perspective, 16(4), 297–313. https://doi.org/10.1177/0972262912460188
Kazakov, S. (2016). The impact of market orientation levels on business performance results: The case of the service industry in Russia. Worldwide Hospitality and Tourism Themes, 8(4), 296–309. https://doi.org/10.1108/WHATT-02-2016-0001
Kemenperin. (2019). Industri Pengolahan Kopi Semakin Prospektif. https://kemenperin.go.id
Kompas.com. (2016). Menggenjot Jumlah Ideal Pelaku Wirausaha Indonesia. Kompas. http://ekonomi.kompas.com
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). A Framework for Marketing Management. In Marketing Management.
Kurniawan, A., & Ridlo, M. R. (2010). Perilaku Konsumtif Remaja Penikmat Warung Kopi. Jurnal Sosiologi DILEMA, 32(1), 9–22.
Liu, H., Ke, W., Wei, K. K., & Hua, Z. (2013). Effects of supply chain integration and market orientation on firm performance: Evidence from China. International Journal of Operations and Production Management, 33(3), 322–346. https://doi.org/10.1108/01443571311300809
Mulyani, I. T. (2015). Upaya Meningkatkan Kinerja Pemasaran Melalui Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan dengan Inovasi sebagai Variabel Interventing (Studi Empiris pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kota Semarang). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro, Semarang.
Nuvriasari, A., Wicaksono, G., & Sumiyarsih, S. (2018). Peran Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan Dan Strategi Bersaing Terhadap Peningkatan Kinerja UKM. Ekuitas (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 19(2), 241–259. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2015.v19.i2.88
Padademang, E. S., Kusumawardhani, A., & Sugiono, S. (2017). Peran Perencanaan Strategik Dan Inovasi Dalam Meningkatkan Kinerja Bisnis Industri Kecil Di Provinsi Nusa Tenggara Timur (Studi Pada Industri Meubel). Diponegoro University.
Pramesti, N., & Giantari, I. (2016). Peran Orientasi Pasar Memediasi Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja UKM Industri Kerajinan Endek. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(9), 5754–5782.
Putra, I., & Rahanatha, G. (2017). Peran Inovasi Produk Memediasi Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 6(8), 4361–4390.
Putra, M. S. A., & Setiawan, P. Y. (2019). Peran Inovasi Memediasi Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran Barbershop Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(11), 6804–6824. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i11.p21
Putri, M. A. L., Yasa, N. N. K., & Giantari, I. G. A. K. (2018). Peran Inovasi Produk Memediasi Orientasi Pasar Terhadap Kinerja UKM Kerajinan Endek Di Kabupaten Klungkung. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 1(4), 522–534. https://doi.org/10.31842/jurnal-inobis.v1i4.56
Putri, P. I. P. P., Yasa, N. N. K., & Rahyuda, I. K. (2016). the Role of Innovation in Mediating Market Orientation To. Jurnal Dinamika Manajemen, 7(36), 105–116.
Rachmat, B. (2018). Orientasi Pelanggan, Orientasi Pasar Dan Inovasi Serta Pengaruhnya Terhadap Kinerja Bisnis Hotel Berbintang Tiga Di Indonesia. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 11(3), 367–390. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2007.v11.i3.398
Sampurno, H. (2013). Manajemen Stratejik: Menciptakan Keunggulan Bersaing Yang Berkelanjutan. Gadjah Mada University Press.
Satwika, N. K. P., & Dewi, N. M. W. K. (2018). Pengaruh Orientasi Pasar Serta Inovasi terhadap Keunggulan Kompetitif dan Kinerja Bisnis. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(3), 1481–1509. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v7.i03.p13
Sofjan, A. (2012). Manajemen Pemasaran (dalam konsep dan strategi). Jakarta: Rajawali Grafindo.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D). Alfabeta.
Titahena, D. A., Syukur, A., & Utomo, D. (2012). Analisis Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi dan Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Pemasaran dengan Intervening Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Industri Menengah dan Besar Mebel dan Furniture di Kota Semarang). Jurnal Manajemen Universitas Dian Nuswantoro.
Wicaksono, G., & Subarjo, S. (2018). Pengaruh Orientasi Inovasi Dan Tipe Inovasi Terhadap Kinerja Umkm Industri Kreatif Di Propinsi DIY. Parsimonia-Jurnal Ekonomi Dan …, 5(2), 127–140.
Wulandari, A. (2013). Pengaruh Pengaruh Lingkungan Eksternal dan Lingkungan Internal terhadap Orientasi Wirausaha dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Jurnal Pengembangan Wiraswasta.
Zehir, C., Köle, M., & Yıldız, H. (2015). The Mediating Role of Innovation Capability on Market Orientation and Export Performance: An Implementation on SMEs in Turkey. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 207, 700–708. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.10.141
Published
2022-02-26
How to Cite
RACHMASARI, Amara Dyah; SUPRAPTI, Ni Wayan Sri. PERAN INOVASI PRODUK DALAM MEMEDIASI PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA BISNIS UKM KEDAI KOPI. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 318 - 337, feb. 2022. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/72508>. Date accessed: 28 apr. 2025. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i02.p06.
Section
Articles