PERAN INOVASI PRODUK DALAM MEMEDIASI PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA BISNIS UKM KEDAI KOPI
Abstract
Tujuan dalam penelitan ini adalah untuk menjelaskan peran inovasi produk dalam memediasi pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja bisnis ukm kedai kopi. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian asosiatif. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar dan Kabupaten Badung. Populasi dari penelitian ini adalah pemilik atau manajer kedai kopi di Kota Denpasar dan Kabupaten Badung. Metode penentuan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling. Ukuran sampel ditetapkan sebanyak 55 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur. Penelitian ini membuktikan bahwa orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi produk dan kinerja bisnis kedai kopi di Kota Denpasar dan Kabupaten Badung. Inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja bisnis kedai kopi di Kota Denpasar dan Kabupaten Badung. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa Inovasi produk mampu memediasi hubungan antara orientasi pasar terhadap kinerja bisnis kedai kopi di Kota Denpasar dan Kabupaten Badung.
Kata Kunci: Inovasi Produk, Orientasi Pasar, Kinerja Bisnis