PENGARUH REPUTASI UNDERWRITER, UKURAN PERUSAHAAN, DAN RETURN ON EQUITY TERHADAP UNDERPRICING SAAT IPO DI BEI
Abstract
mempengaruhi underpricing pada saat Initial Public Offering (IPO). Sampel penelitian ini berjumlah sebanyak 102 perusahaan yang mengalami underpricing pada tahun 2013-2017 yang tercatat di Bursa Efek Indonesia, pengembilan sampel dilakukan berdasarkan teknik purposive sampling, dengan kriteria perusahaan yang melakukan IPO di BEI pada periode 2013-2017 serta mengalami fenomena underpricing. Metode analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan program SPSS 20. Temuan penelitian adalah ukuran perusahaan dan return on equity berpengaruh negatif signifikan terhadap underpricing, sedangkan reputasi underwriter tidak berpengaruh terhadap underpricing. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi ukuran perusahaan dan return on equity, maka underpricing pada perusahaan semakin rendah. Berbeda dengan reputasi underwriter yang tidak memiliki pengaruh terhadap underpricing.
Kata kunci: initial public offering, underpricing, reputasi underwriter, ukuran perusahaan, return on equity