GREENWASHING: KONSEKUENSINYA PADA KONSUMEN (STUDI KASUS PADA COCA-COLA DENGAN KEMASAN PLANTBOTTLE)

  • Ni Putu Susiari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • Gede Suparna Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh greenwashing terhadap green consumer confusion, green perceived risk dan green trust Coca-Cola dengan kemasan PlantBottle. Penelitian ini dilakukan di FEB UNUD pada mahasiswa yang mengetahui informasi tentang Coca-Cola dengan kemasan PlantBottle, sampel yang diambil sebanyak 105 orang menggunakan metode non-probability sampling yaitu purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner dan menggunakan skala Likert 5 poin untuk mengukur 21 indikator. Teknik analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan bahwa greenwashing berpengaruh signifikan dan positif terhadap green consumer confusion dan green perceived risk. Sementara greenwashing, green consumer confusion dan green perceived risk berpengaruh signifikan dan negatif terhadap green trust. Ruang lingkup penelitian terbatas pada FEB UNUD saja, serta jumlah populasi dan sampel masih tergolong kecil, sehingga penelitian selanjutnya sebaiknya menambah jumlah sampel serta memperluas ruang lingkup penelitian.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-08-03
How to Cite
SUSIARI, Ni Putu; SUPARNA, Gede. GREENWASHING: KONSEKUENSINYA PADA KONSUMEN (STUDI KASUS PADA COCA-COLA DENGAN KEMASAN PLANTBOTTLE). E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 5, n. 8, aug. 2016. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/20698>. Date accessed: 21 nov. 2024.
Section
Articles

Keywords

greenwashing, green consumer confusion, green perceived risk, green trust