PERAN KEPERCAYAAN MEMEDIASI ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION

  • Viona Fenella Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • I Gusti Ayu Ketut Giantari Universitas Udayana
  • I Putu Gde Sukaatmadja Universitas Udayana
  • Ni Ketut Seminari Universitas Udayana

Abstract

Shopee merupakan e-commerce dengan pengunjung terbanyak di Indonesia pada tahun 2022 berdasarkan riset katadata.co.id, dengan adanya e-commerce ini dapat memudahkan orang-orang dalam berbelanja karena tidak perlu berjalan dari toko ke toko dan berhadapan dengan lalu lintas. Penelitian ini dilakukan pada pengguna Shopee di Kabupaten Tabanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan peran kepercayaan dalam memediasi online customer review terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini khusus menggunakan Teori SOR dengan jumlah sampel 120 orang dan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode penyebaran kuesioner secara offline dan online melalui google form. Penelitian ini menggunakan teknik Uji Asumsi Klasik, Path Analysis dan Uji Sobel. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa online customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan. Penelitian ini juga menemukan bahwa masing-masing variabel online customer review dan kepercayaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, selain itu kepercayaan mampu memediasi secara signifikan pengaruh online customer review terhadap keputusan pembelian. Implikasi pada penelitian ini terhadap strategi pengembangan yang dapat digunakan oleh pelaku bisnis fashion khususnya pakaian wanita maupun pria di Shopee dalam menentukan strategi yang tepat sesuai dengan pola perilaku konsumen.


 


Shopee is the e-commerce with the most visitors in Indonesia in 2022 based on research by katadata.co.id, with this e-commerce it can make it easier for people to shop because they don't have to walk from shop to shop and deal with traffic. This research was conducted on Shopee users in Tabanan Regency. The purpose of this research is to explain the role of trust in mediating online customer reviews on purchasing decisions. This research specifically uses SOR Theory with a sample size of 120 people and uses a purposive sampling technique. Data collection in this research was carried out by distributing questionnaires offline and online via Google Form. This research uses the Classical Assumption Test, Path Analysis and Sobel Test techniques. Based on the research results, it was found that online customer reviews have a positive and significant effect on trust. This research also found that each of the online customer review and trust variables had a positive and significant influence on purchasing decisions, apart from that trust was able to significantly mediate the influence of online customer reviews on purchasing decisions. The implications of this research are for development strategies that can be used by fashion business people, especially women's and men's clothing at Shopee, in determining the right strategy according to consumer behavior patterns.


 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahdiat, Adi. (2023). 5 E-Commerce dengan Pengunjung Terbanyak Kuartal IV 2022. website: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/01/31/5-e-commerce-dengan-pengunjung-terbanyak-kuartal-iv-2022
Aini, F. dan Susanti, S. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan, Kepercayaan, Dan Keamanan Pembayaran Terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 10 (11), 991-1000.
Ardianti, A. N. dan Widiartanto, M. A. (2019). Pengaruh Online customer review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian melalui Marketplace Shopee. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8 (2), 55-66.
Ashari, R. dan Widayanto. (2019). Pengaruh Kepercayaan Dan Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Sikap Pengguna Pada Situs Belanja Online Lazada.Com. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Astarina, I.G.A., Giantari, I.G.A.K., Kerti Yasa, N.N. (2017). Peran Kepercayaan Memediasi Pengaruh Pengalaman Terhadap Niat Menggunakan Kembali Jasa Gojek di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(5), 2308-2324.
Baskara, I.M.A. dan Sukaatmadja, I.P.G. (2016). Pengaruh Online Trust dan Perceived Enjoyment Terhadap Online Shopping Satisfaction dan Repurchase Intention Lazada Indonesia. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(11), 7214-7244.
Baskara, I.P. dan Hariadi, G. (2014) Analisis Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Kualitas Pelayanan, dan Persepsi Akan Resiko Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Situs Jejaring Sosial (Social Networking Websites) (Studi Pada Mahasiswa Di Kota Semarang). Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro, 1(15), 121-131.
Bickart, B. and Schindler, RM. (2021). "Internet Forums as Influential Sources of Consumer Information", Journal of Interactive Marketing, 15(3), 31-40.
Dananjaya, P.A. dan Giantari, I.G.A.K. (2023). Peran Kepercayaan Memediasi Pengaruh Customer Experience Terhadap Repurchase Intention Konsumen Shopee. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 12(09), 1786-1795.
Dzulqarnain, I. (2019). Pengaruh Fitur Online customer review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Marketplace Shopee. Tesis. Universitas Jember.
Ghozali, M. I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Semarang: Universitas Diponegoro.
Guo, Junpeng., Xiaopan Wang,Yi Wu. (2020). Positive Emotion Bias: Role of Emotional Content from Online customer reviews in Purchase Decision. Journal of Retailing and Customer Services, 52 (1), 101-118.
Husain, A. (2020). Riset Snapchart: Shopee paling diminati dan jadi pilihan konsumen belanja. website: https://industri.kontan.co.id/news/riset-snapcart-Shopee-paling diminati-danjadi-pilihan-konsumen-berlanja
Kotler, P. dan Armstrong, G. (2014). Principles of Marketing (15th Ed). Harlow: Pearson Education Limited.
Kotler, P. dan Keller, K.L. (2016). Marketing Management (15th Ed) Harlow: Pearson Education Limited.
Lailiya, N. (2020). Pengaruh Brand Ambassador dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian di Tokopedia. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Maarif Hasyim Latif. 2(2), 113-126.
Lestari, N.A. dan Iriani, S.S. (2018). Pengaruh Kepercayaan dan Kemudahan Transaksi terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Situs mataharimall.com. Jurnal Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya, 6(1), 1-8.
Maulana, M. Wildan. (2019). Pengaruh Kepercayaan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Online Gifuto Handicraft di Instagram. Tesis. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Nuraryo, Imam. (2018). Studi Eksploratif Perilaku Pembelian Produk – Produk. Jurnal Komunikasi dan Bisnis-Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, 6 (2), 23-33.
Putra, I.P.A.P.A., Sukaatmadja, I.P.G., dan Giantari, I.G.A.K. (2016). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Risiko Terhadap Kepercayaan dan Niat Beli E-Tiket Pada Situs Traveloka. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 5(9), 3007-3030.
Rahadi, D.R. (2013) Pengaruh Karakteristik Website Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 5 (7), 1-14.
Rahyuda, K. (2020). Metode Penelitian Bisnis (Base of The Research Pyramid). Denpasar: CV. Sastra Utama
Ramadhani dan Sanjaya. (2021) Pengaruh Rating Dan Online Consumer Review Terhadap Minat Beli Dengan Kepercayaan Sebagai Pemediasi Pada Marketplace Shopee Dalam Persfektif Ekonomi Islam (Studi pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung). Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 2(2), 155-174.
Sabrina, K.A.R dan Seminari, N.K. (2023). Pengaruh Promosi, E-WOM, dan Brand Image Terhadap Niat Membeli Kembali. E-Jurnal Manajemen, 12(3), 238-259.
Saputra, H.N. (2022). Transaksi Belanja Online di Bali Meningkat Signifikan pada Kuartal II/2022. website: https://m.bisnis.com/amp/read/200220721/538/1557611/transaksi-belanja-online-di-bali-meningkat-signifikan-pada kuart-ii2022
Saraswati, A.R. and Giantari, I.G.A.K. (2022). Brand Image Mediation of Product Quality and Electronic Word of Mouth on Purchase Decision. International Research Journal of Management, IT & Social Sciences, 9(1), 97-109
Soekotjo, E. (2022). Pengaruh Online customer review Terhadap Kepercayaan Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen di Marketplace Shopee. Jurnal Manajemen dan Star-Up Bisnis – Universitas Ciputra Surabaya, 7 (5), 585-594.
Sugiarti, D.I. 2021. Pengaruh Consumer Review Pembeli Terhadap Toko Online Shopee. Jurnal Sosial dan Teknologi (SOSTECH), 1(9), 1-9.
Published
2025-02-21
How to Cite
FENELLA, Viona et al. PERAN KEPERCAYAAN MEMEDIASI ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 14, n. 2, p. 69 - 83, feb. 2025. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/116617>. Date accessed: 22 feb. 2025. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2025.v14.i2.p01.
Section
Articles