ANALISIS PERAN PENGARUH CUSTOMER ENGAGEMENT MEMEDIASI CONTENT MARKETING TERHADAP PURCHASE INTENTION

  • Ni Putu Dila Pradnyani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • I Gusti Ngurah Jaya Agung Widagda Universitas Udayana
  • I Gusti Ayu Ketut Giantari Universitas Udayana

Abstract

Konten dapat menggiring persepsi para konsumen untuk terlibat dalam mempromosikan sebuah produk atau merek sehingga menimbulkan adanya suatu niat beli pada calon konsumen baru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh content marketing dimediasi oleh customer engagement terhadap purchase intention pada produk minuman kemasan merek Cimory. Data kuisioner dikumpulkan melalui google form dengan jumlah sampel sebanyak 168 responden menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan yakni path analysis, uji sobel serta uji VAF. content marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention; content marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer engagement; customer engagement berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention; content marketing dan customer engagement sebagai variabel pemediasi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention. Implikasi penelitian ini untuk masukan bagi perusahaan untuk meningkatkan kualitas konten mengikuti tren saat ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, D. C. (2020). Pengaruh Content Marketing di Instagram Stories @lcheesefactory terhadap Minat Beli Konsumen. Jom Fisip, 7(1), 3–4.
Amilia, S., & Asmara, O. M. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam, 6(1), 660–669.
Anindyaputri, R., Rusmana, A., & Komariah, N. (2020). Hubungan Customer Engagement Melalui Instagram @perpustakaandikbud Dengan Minat Kunjungan Perpustakaan di Kalangan Follower Aktif. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 8(2), 219–238. https://doi.org/10.24198/jkip.v8i2.25919
Ashar, S. A. (2022). Pengembangan Bisnis Penggunaan Kemasan Botol HDPE Pada Produk Susu Pasteurisasi Pada PT Santona Oro Banyan. Jurnal Fakultas Petanian Institut Pertanian Bogor https://ereport.ipb.ac.id/id/eprint/11640/4/J3J119031-04-Annisa Pendahuluan.pdf
Bilal, M., Jianqu, Z., & Ming, J. (2021). How Consumer Brand Engagement Effect on Purchase Intention? The Role of Social Media Elements. Journal of Business Strategy Finance and Management, 2(1), 44–55. https://doi.org/10.12944/jbsfm.02.01.06
Bismo, A., Putra, S., & Melysa. (2019). Application of Digital Marketing (Social Media and Email Marketing) and It’s Impact on Customer Engagement in Purchase Intention: A Case Study at PT. Soltius Indonesia. International Conference on Information Management and Technology (ICIMTech), 1(August), 109–114. https://doi.org/10.1109/ICIMTech.2019.8843763
Carolin, Jessye, G., Abib, I., Laurel, M., & Putra, C. N. (2020). Customer Engagement Impacts Towards Purchase Intentions in The Online Travel Agent Industry. Jurnal Administrasi Bisnis, 16(2), 103–113. https://doi.org/10.26593/jab.v16i2.3983.103-113
Ceyhan, A. (2019). The Impact of Perception Related Social Media Marketing Applications on Consumers’ Brand Loyalty and Purchase Intention. EMAJ: Emerging Markets Journal, 9(1), 88–100. https://doi.org/10.5195/emaj.2019.173
Dharmayanti, D., & Elissa. (2020). Pengaruh Content Marketing Terhadap Customer Value Dan Customer Engagement Pada Repeat Buying Aplikasi Tiket.com Di Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 7(1).
Fikriyah, A., Ariningsih, P. E., & Prasaja, G. M. (2021). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Consumer Purchase Intention Yang Dimediasi Oleh Consumer Engagement (Survei Pada Toko Online Sophie Paris). Paper Knowledge Toward A Media History of Documents, 3(6), 12–26.
Gasawneh, A. A. J., & Adamat, A. M. A. (2020). The Mediating Role of E-Word of Mouth on The Relationship Between Content Marketing and Green Purchase Intention. Management Science Letters, 10(8), 1701–1708. https://doi.org/10.5267/j.msl.2020.1.010
Haddad, A. S., Sharabati, A. A. A., Khasawneh, A. M., Maraqa, R., & Hashem, R. (2022). The Influence of Corporate Social Responsibility on Consumer Purchase Intention: The Mediating Role of Consumer Engagement via Social Media. Sustainability (Switzerland), 14(11). https://doi.org/10.3390/su14116771
Halik, A., & Nugroho, M. (2022). The Role of Consumer Pleasure Moderating the Effect of Content Marketing and Price Discount on Online Shopping Decision and Loyalty of Generation Z. Media Ekonomi Dan Manajemen, 27(1), 35–54. https://doi.org/10.24856/mem.v27i01.2259
Hutomo, A., Marditama, T., Limakrisna, N., Sentosa, I., Lee, J., & Yew, K. (2020). Green Human Resource Management, Customer Environmental Collaboration and the Enablers of Green Employee Empowerment: Enhanching an Environmental Performance. Dinasti International Journal of Economics, Finance & Accounting, 1(2), 358–372. https://doi.org/10.38035/DIJEFA
Jalantina, K. I. D., & Minarsih, M. M. (2021). Meningkatnya Repeat Purchase Dengan Content Marketing dan Brand Performance Melalui Customer Engagement Pada Konsumen Produk Fashion Merek Uniqlo. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 3(2), 251–262. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v3i2.1160
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Global Edition (Vol. 15E).
Lin, B., & Shen, B. (2023). Study of Consumers’ Purchase Intentions on Community E-Commerce Platform With The SOR Model: A Case Study of China’s “Xiaohongshu” App. Behavioral Sciences, 13(2), 103. https://doi.org/10.3390/bs13020103
Meilano, Y., & Hidayat, R. (2020). Analisis Pengaruh Customer Engagement Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skind Aesthetic. Jurnal Manajemen Pemasaran Universitas Telkom, 6(2), 886–893.
Meire, M., Hewett, K., Ballings, M., Kumar, V., & Poel, D. V. D. (2019). The Role of Marketer-Generated Content in Customer Engagement Marketing. Journal of Marketing, 83(6), 21–42. https://doi.org/10.1177/0022242919873903
Mukarromah, U., Sasmita, M., & Rosmiati, L. (2022). Pengaruh Konten Marketing dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Dimediasi Minat Beli Pada Pengguna Aplikasi Tokopedia. MASTER: Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan, 2(1), 73–84. https://doi.org/10.37366/master.v2i1.444
Mulyono, E. T., & Kunto, S. Y. (2022). Pengaruh Brand Association Dan Nutrition Label Terhadap Perilaku Pasca Pembelian Cimory Yogurt: Efek Moderasi Family Orientation. Jurnal Manajemen Pemasaran, 16(2), 133–139. https://doi.org/10.9744/pemasaran.16.2.133-139
Nurcahyani, D. V., & Sigit, M. (2022). Pengaruh Pemasaran Media Sosial dan Keterlibatan Konsumen Terhadap Niat Beli Konsumen Pada Produk Skincare MS Glow Beauty. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 01(06), 201–212.
Purwanto, Y., & Sahetapy, L. W. (2022). Pengaruh Content Marketing dan Influencer Endorser Terhadap Purchase Intention Pada Brand Skincare Somethinc. Agora, 10(1).
Putri, O. D., Suci, P. R., & Mulyono. (2022). Peranan Consumer Engagement Sebagai Variabel Mediasi Atas Pengaruh Content Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Era Digital Marketing (Studi Pada Konsumen Brand Fashion Realizm87). Bulletin of Management and Business, 3(1), 42–50.
Rahmadhan, D. M., & Widyastuti, A. D. (2023). Analisis Jalur Menentukan Dampak Content Marketing Terhadap Customer Engagement Pada Repurchase Intention. Journal of Entrepreneurship, Management, and Industry (JEMI), 05(04), 225–250. https://doi.org/0.36782/jemi.v5i4.2409
Sadr, B. M., & Madiawati, N. P. (2023). Pengaruh Electronic Word Of Mouth dan Content Marketing Terhadap Purchase Intention Yang Dipengaruhi Oleh Brand Image Pada Instagram Mcdonald ’ s Indonesia. E-Proceeding of Management, 10(1), 139–148.
Sakinah, N., & Firmansyah, F. (2021). Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian dengan Purchase Intention Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 22(2), 192–202. https://doi.org/10.30596/jimb.v22i2.7100
Sya’idah, H. E., & Jauhari, T. (2022). Pengaruh Content Marketing Terhadap Customer Engagement Pada Testoefl.id. Jurnal Ecoment Global, 7(2), 153–161.
Syahputra, D., & Murwatiningsih. (2019). Building Customer Engagement Through Customer Experience, Customer Trust, and Customer Satisfaction in Kaligung Train Customers. Management Analysis Journal, 8(4), 350–359.
Ulfah, H., & Siregar, R. M. (2019). Pengaruh Sosial Network Marketing Terhadap Customer Purchase Intention Yang Dimediasi Oleh Customer Engagement Pada Brand Dian Pelangi Di Banda Aceh. Jurnal Manajemen Inovasi, 10(2), 65–74.
Published
2024-08-31
How to Cite
PRADNYANI, Ni Putu Dila; WIDAGDA, I Gusti Ngurah Jaya Agung; GIANTARI, I Gusti Ayu Ketut. ANALISIS PERAN PENGARUH CUSTOMER ENGAGEMENT MEMEDIASI CONTENT MARKETING TERHADAP PURCHASE INTENTION. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 13, n. 8, p. 1333 - 1356, aug. 2024. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/111847>. Date accessed: 22 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2024.v13.i08.p06.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>