PERAN KEPUASAN KONSUMEN DALAM MEMEDIASI BRAND TRUST TERHADAP REPURCHASE INTENTION

  • Dewa Ayu Pradina Saraswati Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana, Bali
  • Ni Nyoman Rsi Respati Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran mediasi kepuasan konsumen pada pengaruh brand trust terhadap repurchase intention. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar dengan menggunakan jumlah sampel sebanyak 130 responden yang dibantu oleh kuisioner. Metode penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Statistik Deskriptif, Analisis Jalur (Path Analysis) dan Uji Sobel. Hasil analisis pada penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh hipotesis diterima. Brand trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, brand trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention , kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention, kepuasan konsumen merupakan variabel mediasi secara parsial pengaruh antara brand trust  terhadap repurchase intention. Berdasarkan hasil  penelitian ini diharapkan pihak manajemen Gurlbucket dapat lebih memperhatikan kepuasan konsumen dengan harapan mampu mempengaruhi  repurchase intention, dari terciptanya rasa puas dalam benak konsumen juga akan mampu meningkatkan brand trust dari produk Gurlbucket sehingga berpengaruh juga terhadap repurchase intention.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alvian, M. S., & Prabawani, B. (2020). Pengaruh Sales Promotion dan Keragaman Produk Pada Shopee Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 9(2), 191–200.
Anna Wulandari, Rasipan. Peran Reputasi Membangun Kepercayaan Konsumen. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan Vol. 14 No.2 Desember 2017
Achmad Kuncoro, Engkus dan Riduwan. 2008. Cara Menggunakan dan Memakai Analisis Jalur. Bandung: Alfabeta.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Apritama, N. A., & Susila, I. (2023). Analisis Pengaruh Brand Image, Customer Service, Dan E-Wom Terhadap Repurchase Intention Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 20(1), 135-150.
Anggraini, A. P. (2019, March 15). “Fast Fashion”, Tren Mode yang Lestarikan Sifat Konsumtif? Kompas.
Ariella, I. R. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Produk dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mazelnid. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, Volume 3, Nomor 2, Juni 2018.
Badan Pusat Statistik (BPS) diakses dari http://www.bps.go.id/, diakses pada tanggal 2 September 2022 pada jam 20.20 WIB
Chiguvi, D., & Guruwo, P. T. (2017). Impact Of Relationship Marketing On Customer Loyalty In The Banking Sector. Far East Journal of Psychology and Business, 6 No 3 Pap(Hirschman 1970), 36–55.
Chesanti, Puspa Chairunnisa, and Retno Setyorini. "Pengaruh E-Service Quality terhadap kepuasan pelanggan sebagai pengguna Aplikasi PLN Mobile." Jurnal Penelitian Pendidikan 18.1 (2017): 10-17.
CNBC Indonesia. (2019, July 14). Gairah Industri Fashion Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20190712155341-35-8455/gairahindustri-fashion-indonesia
Efendi, Z., Widyaningrum, M. E., & Imamah, N. (2017). Pengaruh Promosi, Citra Merek, dan Kepuasan Konsumen Terhadap Pembelian Berulang Produk Elzatta di Surabaya. Jurnal Manajemen Branchmark, 3(3), 1097-1109.
Febriani, E., Rahmizal, M., & Aswan, K. (2022). Pengaruh Brand Image Dan Brand trust Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi. 4(4), 328–339.
Fitri, D. Y., & Nisa, P. C. (2022). Pengaruh Trust, Word of Mouth Dan Repurchase Intention Terhadap Kepuasan Pelanggan Generasi Millennial Produk Minuman Street Boba. J. Ecodemica J. Ekon. Manaj. dan Bisnis, 6(2), 236-249.
Fang, Y. H., Chiu, C. M., & Wang, E. T. (2011). Understanding customers' satisfaction and repurchase intentions: An integration of IS success model, trust, and justice. Internet research.
Fuadi, M. I., & Budiantono, B. (2021, November). Analisis pengaruh kualitas produk terhadap minat pembelian ulang dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi. In Widyagama National Conference on Economics and Business (WNCEB) (Vol. 2, No. 1, pp. 140-151).
Gul, R. (2014). The Relationship Between Reputation, Customer Satisfaction, Trust, and Loyalty. Journal of Public Administration and Governance, 4(3), 368–387.
Febriani, E., Rahmizal, M., & Aswan, K. (2022). Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 4(4), 328-339.
Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro
Huang, C. C., Yen, S. W., Liu, C. Y., & Chang, T. P. (2014). The Relationship Among Brand Equity, Customer Satisfaction, and Brand Resonance to Repurchase Intention of Cultural and Creative Industries in Taiwan. The 80. Business Accounting Review Vol 3 No.2 Agustus 2015 (71-80) International Journal of Organizational Innovation, 6(3), 106- 120.
Investor, 2021 , Tren Fashion Dunia Berkembang Pesat di Indonesia 2021 , https://investor.id/lifestyle/274426/tren-fashion-dunia-berkembang-pesat-di-indonesia, diakses pada 10 Desember 2022
Khalis, V. M., & Komariah, K. (2022). Analisis Kualitas Produk Dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Merek. COSTING: Journal of Economic, Business and Accounting, 5(2), 857-865.
Kustini, Nuruni Ika. (2011), Experiental Marketing Emotional Branding, and Brand trust and Their Effect on Loyalty on Honda Motorcycle Product. Journal of Economics, Business and Accountancy Ventura.Universitas Pembangunan Nasional Veteran, Surabaya.
Kurniawan, J. (2023). Pengaruh brand trust terhadap repurchase intention pada mixue Dukuh Kupang Surabaya (Doctoral dissertation, Wijaya Kusuma Surabaya University).
Lestari, N. A. (2018). Pengaruh Kepercayaan dan Kemudahan Transaksi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Situs Matahari Mall.com. 6, 1–8.
Muh Dian Putra Pradana Dan Sanaji. 2018. Pengaruh E-Service Quality Dan Kemudahan Terhadap Niat Beli Ulang Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pengguna Jasa Uber Motor Di Surabaya) Jurnal Ilmu Manajemen. Vol. 6 No.1, Halaman 1-10
Marlina, Siti.2018. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, Kepercayaan Merek, dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Vario. Vol.18. No.1.2018
Mensah, I., & Mensah, R. D. (2018). Effects of service quality and customer satisfaction on repurchase intention in restaurants on University of Cape Coast campus. Journal of Tourism, Heritage & Services Marketing, 4(2), 27-36.
Nia, I. A., & Mudiantono. (2016). Analisis Pengaruh Kepuasan Dan Brand trust Terhadap Minat Beli Ulang Pantene (Studi Pada “Young Female” Semarang). Diponegoro Journal of Management, 5(3), 1–10. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Noor, M. F. (2014). Pengaruh Brand Image dan Brand trust Terhadap Brand Loyalty King Thai Tea Bandung. Image: Jurnal Riset Manajemen, 3(2), 109.
Nathania, Y., & Susan, M. (2023). Pengaruh Brand Leadership dan Brand Trust Terhadap Repurchase Intention Konsumen Produk Makanan di Tokopedia. Business Preneur: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(1), 428-445.
Prathama, F., & Sahetapy, W. L. (2019). Pengaruh Kemudahan Penggunaan Aplikasi Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen E-Commerce Lazada. Jurnal Agora, 7(1), 287015.
Prastiwi, E. E. N. (2016). Pengaruh nilai, harga, kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen dan loyalitas konsumen, Studi Kasus pada Waoreng Spesial Sambal Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma.
Prastiwi, E. E. N. (2016). Pengaruh nilai, harga, kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen dan loyalitas konsumen, Studi Kasus pada Waoreng Spesial Sambal Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma.
Pangestu, J. D., & Rahmawan, G. (2021). Determination Factors Of Buying Decision At The Indonesian Cigarette Industry. International Journal Of Multi Science, E-ISSN: 2722-2985.
Pusat Data Kota Denpasar. (2021). Jumlah Penduduk Berdasarkan Jenis Kelamin Per Kecamatan Tahun 2021. Website : https://pusatdata.denpasarkota.go.id/?page=Data-Detail&language=id&domian=&data_id=1659325688
Resti, D., & Soesanto, H. (2016). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan melalui Kepuasan Pelanggan terhadap Minat Beli Ulang pada Rumah Kecantikan Sifra Di Pati. Diponegoro Journal of Management, 28-39.
Rimardhani, H., Hidayat, R. R., & Dwiatmanto, D. (2016). Pengaruh mekanisme good corporate governance terhadap profitabilitas perusahaan (studi pada perusahaan bumn yang terdaftar di BEI Tahun 2012-2014). Brawijaya University.
Setyo, P. E. (2017). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap kepuasan konsumen best autoworks. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 1(6), 755-764.
Seniman, 2011, Jakarta Fashion Design Competition 2011, http://seniman.web.id /getart/search/jakarta-fashion-design-competition-2011-2012, diakses pada 02 Maret 2012.
Su, L., Swanson, S. R., & Chen, X. (2016). The effects of perceived service quality on repurchase intentions and subjective well-being of Chinese tourists: The mediating role of relationship quality. Tourism management, 52, 82-95.
Salim, F. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Dampaknya Pada Reputasi Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Travel Umroh dan Haji di Jakarta Timur). Ekbisman-Jurnal Ekonomi Bisnis dan Manajemen, 4(2), 110-125.
Siburian, A. S., Wijayanto, G., & Noviasari, H. (2023). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen. Jurnal Manajemen Pemasaran dan Perilaku Konsumen, 2(1).
Vigripat, T., & Chan, P. (2007). An empirical investigation of the relationship between service quality, brand Image, trust, customer satisfaction, repurchase intention and recommendation to others. International DSI/Asia and Pacific DSI.
Wahyuni, C., Siregar, Z. M. E., & Rambe, B. H. (2022). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Produk Secara Online di Kalangan Mahasiswa Dengan Mediasi Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Di Universitas Labuhanbatu). JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(11), 1669-167
Wijayanthi, N. P. P. A., & Goca, I. G. P. A. W. (2022). Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Produk, dan Kepuasan Konsumen terhadap Repurchase Intention Di Tokopedia. Jurnal Manajemen dan Bisnis Equilibrium, 8(1), 102
Published
2024-08-31
How to Cite
SARASWATI, Dewa Ayu Pradina; RSI RESPATI, Ni Nyoman. PERAN KEPUASAN KONSUMEN DALAM MEMEDIASI BRAND TRUST TERHADAP REPURCHASE INTENTION. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 13, n. 8, p. 1268 - 1291, aug. 2024. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/105348>. Date accessed: 25 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2024.v13.i08.p03.
Section
Articles