PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP KEPUASAN NIAT BERPERILAKU (Studi pada Flamingo Bali Family Beach Club)

  • Ni Nyoman Rsi Respati Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa pengaruh experiential marketing yang terdiri atas pengalaman sensorik, afektif, kognitif-kreatif, gaya hidup dan pengalaman yang berhubungan dengan budaya terhadap kepuasan dan niat berperilaku pengunjung. Penelitian dilakukan di tempat wisata keluarga Flamingo Bali family beach club di Pantai Saba, Gianyar. Sampel penelitian ini adalah pengunjung domestik yang datang ke Flamingo Bali family beach club sekitar bulan Mei-Juni 2021. Penentuan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling sebanyak 88 orang dan menggunakan analisis deskriptif dan metode Partial Least Square (PLS). Skala likert digunakan untuk memperoleh data dan mengukur indikator penelitian ini. Hasil penelitian menjawab keempat hipotesis yang diajukan yaitu; experiential marketing memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan (satisfaction) dan niat berperilaku (behavioral intention); kepuasan memiliki pengaruh positif terhadap niat berperilaku. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kepuasan memainkan peranan penting dalam memengaruhi niat berperilaku pengunjung. Penelitian ini memiliki implikasi penting yang berkaitan dengan aspek-aspek yang mempengaruhi kepuasan pengunjung seperti: fasilitas playground tempat bermain anak, tampilan makanan dan minuman dan service pramusaji membuat pengunjung bersedia memberikan word of mouth yang positive, menceritakan pengalaman mereka selama berkunjung dan mengajak teman atau kerabat untuk kembali.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-09-30
How to Cite
RSI RESPATI, Ni Nyoman. PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP KEPUASAN NIAT BERPERILAKU (Studi pada Flamingo Bali Family Beach Club). E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 11, n. 9, p. 1727 - 1750, sep. 2022. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/91588>. Date accessed: 22 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i09.p07.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)