PENGARUH MOTIVASI, KOMPENSASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN (STUDI PADA PT BALI BUSANA KREASI DI KABUPATEN BADUNG)

  • Ni Kadek Sari Jayanti Dhani Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana
  • Ida Bagus Ketut Surya Universitas Udayana

Abstract

Kepuasan kerja ialah sebuah sikap karyawan yang secara total melakukan segala pekerjaannya. Kepuasan ini akan menjadi penggerak SDM untuk bekerja lebih giat, sehingga menghasilkan kinerja yang memuaskan dan menguntungkan perusahaan. Penelitian ini bertujuan sebagai penjelas mengenai pengaruh antara motivasi, kompenasasi serta lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT. Bali Busana Kreasi. Seluruh karyawan PT. Bali Busana Kreasi yang berjumlah 114 orang karyawan dipergunakan sebagai populasi, serta 89 orang karyawan sebagai sampel. Metode pengambilan sampling yang dipergunakan dalam yaitu simple random sampling, dengan teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif serta analisis statistik inferensial berupa regresi linier berganda, kelayakan model, dan uji hipotesis (uji t). Hasil dari penelitan ini adalah bahwa motivasi, kompensasi dan lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja yang memiliki arti jika motivasi semakin tinggi dan kompensasi serta lingkungan kerja semakin membaik, maka kepuasan kerja karywan juga semakin membaik dan secara konsisten memperkuat teori sebelumnya yaitu teori dua faktor oleh Frederick Herzberg dan dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam memutuskan hal-hal yang berkaitan dengan kepuasan kerja karyawan melalui motivasi, kompensasi, dan lingkungan kerja.


Kata Kunci: Motivasi, Kompensasi, Lingkungan Kerja, dan Kepuasan Kerja

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-06-30
How to Cite
DHANI, Ni Kadek Sari Jayanti; SURYA, Ida Bagus Ketut. PENGARUH MOTIVASI, KOMPENSASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN (STUDI PADA PT BALI BUSANA KREASI DI KABUPATEN BADUNG). E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 12, n. 6, p. 602 - 626, june 2023. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/101662>. Date accessed: 10 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2023.v12.i06.p04.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>