PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK, DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP MINAT BELI

  • Abdul Rouf Universitas Udayana
  • Kastawan Mandala Universitas Udayana

Abstract

Minat beli merupakan sesuatu yang berhubungan dengan rencana konsumen untuk membeli produk atau jasa tertentu, serta berapa banyak unit produk atau jasa yang dibutuhkan pada periode tertentu. Perusahaan perlu memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh citra merek terhadap minat beli, pengaruh kualitas produk terhadap minat beli, dan pengaruh persepsi harga terhadap minat beli mobil Honda Mobilio. Sampel dalam penelitian ini adalah calon konsumen mobil Honda Mobilio di Kota Denpasar. Penentuan sampel dalam penelitian ini memakai metode non-probalitity sampling. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 112 orang. Pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara citra merek dengan minat beli, pengaruh yang positif dan signifikan kualitas produk dengan minat beli, pengaruh yang positif dan signifikan persepsi harga dengan minat beli. 


 


Purchase intention is something related to consumer plans to buy certain products or services, as well as how many units of products or services are needed in a certain period. Companies need to pay attention to the factors that influence buying interest. The purpose of this study was to determine the effect of brand image on purchase intention, the effect of product quality on purchase intention, and the effect of perceived price on purchase intention of Honda Mobilio cars. The sample in this study were potential consumers of Honda Mobilio cars in Denpasar City. Determination of the sample in this study using nonprobability sampling method. The number of samples taken was 112 people. Collecting data using questionnaires. Data were analyzed using multiple linear regression analysis techniques. The results of this study indicate that there is a positive and significant influence between brand image and purchase intention, a positive and significant influence on product quality and purchase intention, a positive and significant influence on perceived price and purchase intention.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aaker. (2010) Manajemen Ekuitas Merek, Jakarta : Spektrum Mitra Utama
Ahass, L. (2018). Pengaruh Pendidikan, Pekerjaan, Pendapatan, Persepsi, Perilaku dan Preferensi Terhadap Minat Beli Produk Perbankan Syariah (Studi Kasus BNI Syariah KC Ungaran).Institut Agama Islam Negeri.
Ardana, A. Y. danRastini, N, M. (2018). Peran Citra Merek Memediasi Pengaruh E-Wom Terhadap Minat Beli Smartphone Samsung di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 7(11), 4099-4126. 5901 –5929
Budiyanto, A. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Proses Pembelian Konsumen Mobil Mitsubishi Expander. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 21(3), 202 –222.
Deimling C.V., Essig, M., Schaupp M., Amann M., andVafai S. (2016). Life-cycle-costmanagement as an instrument for strategic public procurement: State of the art and perspectives. 25th Annual IPSERA Conference, Dortmund, Germany.
Fatmawati, N. danSoliha, E.(2017). Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Matic “Honda”. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan, 10(1), 1 –20.
Irawan, N.M. R. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Pt. Satria Nusantara Jaya. Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 5 (2)140 -156.
Irmatul, J. (2020). Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Minat Beli Dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mobil Merek Honda Di Kota Denpasar.Jurnal Universitas Mahasaraswati. 5 -24
Jambak, R. K., danSukana, I. K. (2019). Pengaruh Harga Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Wisatawan Domestik Di Pusat Oleh-Oleh Joger, Kuta, Bali. Jurnal Destinasi Pariwisata, 7(2), 310-314.
Karundeng, N., Kalangi, J. A.F., danWalangitan, O. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Home Industri Pia Deisy Desa Kapitu Kecamatan Amurang Barat. Jurnal Administrasi Bisnis8(2),83-90.
Kotler, P. and Gary, A. (2015). Principle Of Marketing, 12edition. England : Pearson Education, IncKotler, Pand Keller, K.L. (2016). Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.
McFerran B., Aquino K., Tracy,J.L. (2014). Evidence for two facets of pride in consumption: Findings from luxury brands. Journal of Consumer Psychology, 24(4): 455-471.
Nugraheni, D. P., danDwiyanto, B. M. (2016). (Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga, Dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening). Diponegoro Journal Of Management, 5 (1), 1-13.
Nusarika, L. A. N., danPurnami, N. M. (2015). Pengaruh Persepsi Harga, Kepercayaan, Dan Orientasi Belanja Terhadap Niat Beli Secara Online (Studi pada Produk Fashion Online di Kota Denpasar). E-Jurnal Manajemen Unud, 4(8), 2380–2406.
Parama, D. A., danSeminari, N. K. (2020). Pengaruh Brand Image Dalam Memediasi Electronic Word of Mouthterhadap Purchase Intentionpada Pengguna Traveloka.E-Jurnal Manajemen Unud, 9(1), 139–159.
Ratanavilaikul, B. (2018). Customer Perceived Value, Satisfaction, & Behavioral Intentions in The Logistic Industry. Assumption University, 10(2), 63–71.
Reynaldi, G. H. danSuprapti. N. W. S. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan Mobil Merek ‘Honda’ Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(1), 375-401.
Rizky, D.A. (2019). Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Honda Brio Satya Terhadap Minat Beli Pelanggan Di Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 4(4), 156-161.
Sari, L.N. K., & Santika, I. W. (2017). Pengaruh Brand Image, Brand Association,dan Brand Awarenessterhadap Repurchase Intentionproduk Smartphonemerek Asus. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(8), 4099-4126.
Schiffman dan Kanuk.(2015). Consumer Behavior. 11th Edition. Global Edition.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.
Taufik, I. A.M. (2020). Pengaruh Persepsi Harga, Keterlibatan Produk, dan Tekanan Waktu terhadap Minat Beli Flash Sale di Shopee. Prosiding The 11th Industrial Research Workshop and National Seminar, 1022-1029.
Wahyuni, N. L.Gdan Suparna, G.(2014). Pengaruh Brand Image dan Product Knowledge Terhadap Purchase Intention Produk Tas Tiruan di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 3(4):1024.
Published
2023-08-01
How to Cite
ROUF, Abdul; MANDALA, Kastawan. PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK, DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP MINAT BELI. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 12, n. 7, p. 648 - 670, aug. 2023. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/101551>. Date accessed: 21 apr. 2025. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2023.v12.i07.p01.
Section
Articles