PERUMUSAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF PADA KOPERASI KUTA MIMBA DI KUTA BADUNG

  • I Nyoman Widya Arta Universitas Udayana
  • Kastawan Mandala Universitas Udayana

Abstract

Koperasi merupakan salah satu lembaga keuangan yang memberikan jasa layanan keuangan berupa simpan pinjam tidak akan bisa lepas untuk dihadapkan kepada persaingan dari koperasi lain dan lembaga keuangan lainnya. Untuk itu lembaga koperasi sangat penting melakukan identifikasi faktor-faktor internal yang menjadi kekuatan dan kelemahan dari koperasi tersebut dan juga dapat mengidentifikasi faktor eksternal untuk dapat melihat peluang dan ancaman bagi koperasi sehingga mampu merumuskan strategi pemasaran yang tepat untuk memiliki keunggulan kompetitif bagi koperasi. Penelitian ini dilakukan di Koperasi Kuta Mimba dengan menggunakan metode wawancara kepada pengurus dan manjemen Koperasi Kuta Mimba, kemudian dilakukan analisa SWOT dan analisis IFAS, EFAS selanjutnya memberikan output berupa hasil analisa yang dijadikan dasar didalam menentukan merumuskan strategi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut Koperasi Kuta Mimba saat ini seharusnya menerapkan strategi agresif, maka perusahaan dapat memanfaatkan kekuatan internalnya  untuk  meraih  kesempatan/peluang  yang   ada,   mengatasi   masalah intern, dan menghindari ancaman-ancaman yang ada. Berkenaan  dengan  strategi agresif ini maka implementasinya berkaitan dengan penerapan strategi di segala bidang pada Koperasi Kuta Mimba melalui strategi pertumbuhan intensif dari Wheelen-Hunger yang meliputi : Strategi Penetrasi Pasar (market penetration strategy), Strategi Pengembangan Pasar (market development strategy), dan Strategi Pengembangan Produk (product development strategy).


Kata Kunci: keunggulan kompetitif, strategi pemasaran, SWOT, strategi pertumbuhan intensif

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-06-16
How to Cite
ARTA, I Nyoman Widya; MANDALA, Kastawan. PERUMUSAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF PADA KOPERASI KUTA MIMBA DI KUTA BADUNG. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 10, n. 6, p. 585 - 606, june 2021. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/70268>. Date accessed: 05 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2021.v10.i06.p04.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>