PENGARUH LAYOUT TOKO, VISUAL MERCHANDISING DAN SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA CV. FENNY DENPASAR

  • Asyifa Khaerunisa Banjar Universitas Udayana
  • Kastawan Mandala Universitas Udayana

Abstract

Meningkatnya kebutuhan masyarakat akan produk sehari-hari memunculkan banyaknya bisnis baru yang menawarkan berbagai macam item sesuai dengan keinginan konsumen. Hal tersebut memicu perusahaan untuk terus melakukan inovasi-inovasi baru untuk mempertahankan kesuksesan perusahaan. Layout toko, visual merchandising, dan service quality merupakan faktor yang memiliki peluang besar dalam memenuhi kepuasan konsumen dimana hal tersebut merupakan salah satu faktor penentu kesuksesan perusahaan. Sejalan dengan hal tersebut, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh layout toko, visual merchandising dan service quality terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini dilakukan di CV Fenny Denpasar dengan 110 responden melalui purposive sampling. Pengumpulan data dengan menyebarkan kuisioner. teknik analisis menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Layout toko berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen, Visual merchandising berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen, Service quality berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hasil penelitian tersebut menegaskan bahwa untuk meningkatkan kepuasan konsumen maka perusahaan diharapkan mampu untuk memperbaiki penataan layout toko, meningkatkan visual merchandising serta meningkatkan service quality yang ada pada toko. Kata kunci: layout toko; visual merchandising; service quality; kepuasan konsumen

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-12-31
How to Cite
BANJAR, Asyifa Khaerunisa; MANDALA, Kastawan. PENGARUH LAYOUT TOKO, VISUAL MERCHANDISING DAN SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA CV. FENNY DENPASAR. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 11, n. 12, p. 2085 - 2109, dec. 2022. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/94654>. Date accessed: 07 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i12.p06.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>