ANALISA YURIDIS TENTANG PENYALAHGUNAAN WEWENANG DALAM TINDAK PIDANA KORUPSI BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 20 TAHUN 2001

  • Robertus Dicky Armando
  • Gde Made Swardana
  • Sagung Putri M.E. Purwani

Abstract

Penelitian mengenai tinjauan yuridis penyalahgunaan wewenang untuk  menganalisis permasalahan korupsi yang dihadapi dalam pengaturan hukum dan proses pembuktian unsur-unsur melawan hukumnya. Perbuatan tindakan korupsi sering kerap kali terjadi disebabkan penyalahgunaan wewenang dalam jabatan baik menggunakan wewenang yang tidak terikat ataupun menggunakan wewenang yang terikat. Berdasarkan hal tersebut timbulah permasalahan mengenai pengaturan tindak pidana korupsi penyalahgunaan wewenang pada jabatan dan unsur melawan hukumnya . Dalam penulisan karya ilmiah ini menggunakan metode penelitian normatif karena adanya kekaburan norma hukum.  Sehingga dipergunakan pendekatan analisa konsep, kasus dan perundang-undangan.  


           


 Kata kunci: Penyalahgunaan wewenang, Jabatan, Pengaturan Hukum

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-01-13
How to Cite
ARMANDO, Robertus Dicky; SWARDANA, Gde Made; PURWANI, Sagung Putri M.E.. ANALISA YURIDIS TENTANG PENYALAHGUNAAN WEWENANG DALAM TINDAK PIDANA KORUPSI BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 20 TAHUN 2001. Kertha Wicara : Journal Ilmu Hukum, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 1-14, jan. 2020. ISSN 2303-0550. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/kerthawicara/article/view/50267>. Date accessed: 28 mar. 2024.
Section
Articles