KERUGIAN PEMBERI JASA ENDORSEMENT DI INSTAGRAM

  • Ni Putu Ardhia Nareswari Adistania Fakultas Hukum Universitas Udayana
  • Ni Wayan Ella Apryani Fakultas Hukum Universitas Udayana

Abstract

Artikel ini memiliki tujuan untuk mengkaji komplikasi selanjutnya mengenai perlindungan hukum terhadap konsumen oleh promosi penawaran endorsement yang merugikan konsumen melalui aktivitas sosial media yakni penawaran dalam pesan di Instagram. Dalam penulisan artikel ini digunakan metode penelitian yakni hukum normatif yang mendeskripsikan data konkrit yang terjadi dari penawaran secara online melalui sosial media di Instagram. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya bentuk penawaran endorsement di sosial media yang berada di Instagram tentu kaitannya mengenai perkembangan teknologi yang dengan mudahnya menawarkan dan mengirim barang tersebut secara gratis dengan beberapa keuntungan atau timbal balik kepada konsumen. Mengenai minimnya perlindungan yang seimbang mengakibatkan konsumen menempati posisi yang lemah terkhususnya pada penipuan secara online di Indonesia. Oleh karena itu konsumen yang akan menerima barang tersebut harus memahami terkait produk yang akan ditawarkan serta perlu adanya edukasi bagi para pelaku usaha agar semakin cerdas mengetahui hak dan kewajiban sebagai penjual ataupun pihak yang akan diberikan barang tersebut.


ABSTRACT


The article is to research more about the further complications regarding legal protection for consumers who against the promotion of endorsement offers that consumers through social media activities, namely offers in messages on Instagram. The absence of balanced protection results in consumers being in a weak position especially in online fraud in Indonesia. This research  uses normative legal research which explain the obtained data from online offers through social media on Instagram. In research on endorsement promotions in social media, namely Instagram, it is certainly related to technological advances which easily offer and send these items for free to consumers. Therefore, this research is for the consumers who will receive these stuff to understand the product that will be offered and to provide education and solutions for business actors are the smarter about their rights and obligations as a seller or part that who will be given the stuff.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-02-22
How to Cite
NARESWARI ADISTANIA, Ni Putu Ardhia; APRYANI, Ni Wayan Ella. KERUGIAN PEMBERI JASA ENDORSEMENT DI INSTAGRAM. Kertha Semaya : Journal Ilmu Hukum, [S.l.], v. 12, n. 7, p. 1494-1502, feb. 2024. ISSN 2303-0569. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/kerthasemaya/article/view/102137>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/KS.2024.v12.i07.p10.
Section
Articles