Menghadapi Persaingan Pasar dan Teknologi Produksi: Pergulatan Perajin Perhiasan Tradisional di Desa Celuk, Bali

: Studi Kasus Di Desa Celuk, Bali

  • I Ketut Sida Arsa Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Ni Made Ary Widiastini Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Indah Rahmawati Universitas Pendidikan Ganesha
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.24843/JKB.2020.v10.i01.p14

Abstrak

Kehadiran mesin casting perhiasan di Desa Celuk, Gianyar, Bali menimbulkan pergulatan di kalangan perajin dalam memperjuangkan kepentingan bisnis dan produksi mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan menganalisis praktik pergulatan tersebut. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Data dianalisis dengan teori praktik, dekonstruksi, reproduksi mekanis dan teori pendukung lainnya yang digunakan secara eklektik. Hasil penelitian menunjukkan praktik pergulatan tersebut dilakukan dengan berbagai cara tergantung modal yang dimiliki. Semua pihak membangun pencitraan sebagai upaya mempertahankan eksistensinya. Berbagai macam display, sertifikat produk, dan wacana dimainkan sebagai media dalam memperjuangkan setiap kepentingannya masing-masing untuk memenangkan persaingan pasar. Pergulatan perajin perhiasan di Celuk melahirkan berbagai bentuk kekuasaan, ada pihak yang menguasai dan dikuasai. Kekuasaan dalam kerajinan perhiasan sangat ditentukan oleh ruang, waktu, dan besarnya kepemilikan modal.

Kata Kunci: perhiasan, Desa Celuk, perajin tradisional, casting, persaingan pasar

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Arsa, I Ketut Sida. (2014). “Inovasi Kerajinan Perhiasan Melalui Pemanfaatan Limbah Kuningan di Desa Celuk, Sukawati, Gianyar Bali. Laporan Penelitian. Denpasar: ISI Denpasar.

Barker, Chris. (2005). Cultural Studies: Theory and Practice. Yogyakarta: Bentang.

Barron. (2007). “Creating Consumer Confidence or Confusion? The Role of Product Certification in the Market Today”, Intellectual Property L.Rev.423 Available at: HTTPS://SCHOLARSHIP.LAW.MARQUETTE.EDU/IPLR/VOL11/ISS2/5 (Downloaded 3 January 2019)

Baudrillard, Jean. (2010). Masyarakat Konsumsi. (Wahyunto, Penerj). Yogyakarta: Kreasi Wacana

Belfiore, Eleonora dan Bennet, Oliver. (2010). “Beyond the “Toolkit Approach”: Arts Impact Evaluation Research and the Realities of Cultural Policy‐Making”, Journal for Cultural Research. Volume 14, 2010. Hal. 121-142

Benjamin, Walter. (1969). “The Work of Art in the Age of Mechanical Reproduction”. In Hannah Arend (ed). Illumination. Harry Zohn (translated). New York: Schocken Books

Berman, Barry. 2012. “3-D Printing: The new industrial revolution”, Business Horizons, Volume 55. Issue 2. Hal 155 – 162.

Bourdieu, Pierre. (2010). Arena Produksi Kultural: Sebuah Kajian Sosiologi Budaya (Cultural Production Arena: A Study of Cultural Sociology). Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Budiman, Hikmat. (2002). Lubang Hitam Kebudayaan [The hole of Black Culture]. Yogyakarta: Kanisius.

Hoed, Benny H. (2008). Semiotik dan Dinamika Sosial Budaya. Depok: Fakultas Ilmu Budaya UI.

Jefkins, Frank. (1997). Advertising. Edisi ketiga. Edisi Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Kotler. Philip. (2004). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks.

Lim, Francis. (2008). Filsafat Teknologi: Don Ihde Tentang Dunia, Manusia dan Alat. Yogyakarta: Kanisius.

Lubis, Akhyar Yusuf. (2014). Postmodernisme: Teori dan Metode [Postmodernisme: Theory and Methods]. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Marshall, Kimball P. 1999. “Has Technology Introduced New Ethical Problems?”, Journal of Business Ethics, Volume 19, pp. 81-90.

Mitchel, W.J.T. (1984). “What is an Image”, New Literary History, Vol. 15, No. 3.pp.503-537 available at: http://users.clas.ufl.edu/sdobrin/WJTMitchell_whatisanimage.pdf (download 4 January 2018).

Morgan, R., & Hunt, S. (1994). “The Commitment-Trust Theory of Relationship Marketing”, Journal of Marketing, 58(3), pp 20-38. Available at: https://www.jstor.org/stable/1252308?seq=1#page_scan_tab_contents (download 15 February 2018)

Piliang, Yasraf Amir. (2003). Hipersemiotika Tafsir Cultural Studies Atas Matinya Makna [Hypersemiotic Interpretation of Cultural Studies for the Death of Meaning]. Yogyakarta: Jalasutra.

Piliang, Yasraf Amir. (2004). Posrealitas: Realitas Kebudayaan dalam Era Posmetafisika. Yogyakarta: Jalasutra.

Piliang, Yasraf Amir. (2009). Posrealitas Realitas Kebudayaan dalam Era Posmetafisika [The post-reality of the reality of culture in the era of post-metaphysics]. Yogyakarta: Jalasutra.

Piliang, Yasraf Amir dan Jejen Jaelani. (2018). Teori Budaya Kontemporer: Penjelajahan Tanda & Makna [Contemporary Culture Theory: Exploration of Signs & Meanings]. Yogyakarta: Aurora.

Plummer, Ken. (2011). Sociology the Basic. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ritzer, George. Douglas J. Goodman. (2005). Teori Sosiologi Modern [The theory of Modern Sociology]. Jakarta: Prenada media.

Sarma, Sarmistha. (2014). “A Study of Retail Display and Impulse Buying Behaviour”, Journal of Marketing and Consumer Research. An Open Access International Journal. Vol. 4 available at: https://www.iiste.org/Journals/index.php/JMCR/article/viewFile/12069/12409 (downloaded 10 January 2018).

Smiers, Joost. (2009): Art Under Pressure: Memperjuangkan Keanekaragaman Budaya di Era Global [Fight for Cultural Diversity in the Global Era]. Yogyakarta: Insist Press.

Solihin, Ismail. (2009). Pengantar Manajemen [Introduction to Management]. Jakarta: Erlangga.

Sutisna. (2001). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran [Consumer Behavior and Marketing Communication]. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suryanto, Bagong. (2013). Sosiologi Ekonomi Kapitalisme dan Konsumsi di Era Masyarakat Post-Modernisme (Economic Sociology of Capitalism and Consumption in the Age of Post-Modernis). Jakarta: Kencana

Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran. Edisi kelima. Andi Offset: Yogyakarta.

Tsoumas, Johannis. 2013. “The Ideal Of Handicrafts And The Modern Design Formation: Coincidences And Failures”, Metu Jfa 2013/2. Hal 55-62
Diterbitkan
2020-04-13
##submission.howToCite##
SIDA ARSA, I Ketut; WIDIASTINI, Ni Made Ary; INDAH RAHMAWATI, Putu. Menghadapi Persaingan Pasar dan Teknologi Produksi: Pergulatan Perajin Perhiasan Tradisional di Desa Celuk, Bali. Jurnal Kajian Bali (Journal of Bali Studies), [S.l.], v. 10, n. 1, p. 305–326, apr. 2020. ISSN 2580-0698. Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/kajianbali/article/view/57622>. Tanggal Akses: 17 dec. 2025 doi: https://doi.org/10.24843/JKB.2020.v10.i01.p14.
Bagian
Articles