Author Guidelines

  1. Artikel harus tentang Bali atau kajian komparatif Bali dengan bidang lain.
  2. Artikel orisinal, berbasis riset, belum pernah dipublikasikan, dan tidak sedang dikirim ke jurnal lain.
  3. Panjang artikel antara 5.000-6000 kata (tidak termasuk Daftar Pustaka), diketik satu setengah spasi.
  4. Artikel bisa ditulis dalam bahasa Indonesia atau dalam bahasa Inggris.
  5. Sertakan dua Abstrak: berbahasa Inggris dan berbahasa Indonesia, panjang abstrak masing-masing maksimal 150 kata. Abstrak disertakan terjemahan judul artikel.
  6. Abstrak berisi: latar belakang, tujuan, metode, simpulan. Di bawah Abstrak cantumkan 3-5 kata kunci.
  7. Judul artikel dibuat ringkas, mewakili isi, panjang maksimal 20 kata. Ditulis dengan huruf Times New Roman font 14 bold, dengan huruf kapital hanya untuk awal tiap-tiap kata kecuali kata penghubung tetap huruf kecil.
  8. Artikel di-review dengan proses double-blinded, untuk itu nama penulis (para penulis) artikel agar ditulis di halaman terpisah.
  9. Nama penulis ditulis tanpa gelar akademik, disertai afiliasi kelembagaan, serta alamat email hanya untuk penulis koresponding (corresponding author). Jika perlu, nama afiliasi boleh lebih dari satu (maksimal dua). Dalam halaman terpisah ini, sertakan biodata semua penulis yang ditulis secara deskriptif maksimal dalam 75 kata, yang berisi posisi, publikasi, minat penelitian.
  10. Artikel ditulis dalam Microsoft Word, ukuran font 12, Times New Roman, margin atas dan kiri 3 cm, margin bawah dan kanan 2,5 cm. Kalimat pertama alinea diketik indent 1 cm.
  11. Struktur artikel pada dasarnya terdiri dari: Pendahuluan, Kajian Pustaka, Metode, Pembahasan, Simpulan, Daftar Pustaka. Kecuali Daftar Pustaka, semua unsur heading dan subheading diisi nomor, mulai dari nomor 1.
  12. Pendahuluan ditulis ringkas yang pada dasarnya berisi latar belakang penulisan, tujuan, alasan, kebaruan atau gap, manfaat atau kontribusi.
  13. Metode menguraikan pendekatan atau teori, sumber data, teknik pengumpulan data, teknik analisis.
  14. Pembahasan berisi analisis utama dan bagian ini bisa dibagi menjadi beberapa subbab (subheading). Subbab dibatasi sampai tiga digit.
  15. Simpulan berisi penegasan hasil analisis dan keterbatasan dari artikel atau penelitian.
  16. Referensi ditulis di dalam teks, dengan nama pengarang dan tahun, sementara untuk kutipan kata demi kata atau kalimat diisi tahun dan nomor halaman (Margono 2015:78 atau 2015:78-89).
  17. Tidak menggunakan catatan kaki.
  18. Kutipan blok harus ditulis satu spasi, indent 1 cm dengan ukuran font 12.
  19. Artikel harus berisi ilustrasi gambar atau foto yang dipasang di bagian pembahasan dan disertai nomor acuan. Foto diisi keterangan ringkas dan nama fotografer/ilustrator. Hak penggunaan Gambar atau Foto agar sudah clear.
  20. Penggunaan Tabel juga harus diacu dengan nomor yang jelas, ditempatkan dekat dengan bagian penjelasan. Judul Tabel ditulis di atas tabel, sumber ditulis di bawah Tabel.
  21. Setiap sumber yang dikutip dalam tubuh artikel harus muncul dalam Daftar Pustaka, dan semua sumber yang muncul dalam daftar Pustaka harus dikutip dalam tubuh artikel.
  22. Jumlah referensi minimal 20 item. Sumber yang dikutip setidaknya 60% berasal dari yang diterbitkan dalam 10 tahun terakhir. Sumber yang dikutip adalah sumber utama dalam bentuk artikel jurnal, buku, dan laporan penelitian, termasuk tesis dan disertasi.
  23. Daftar Pustaka ditulis dengan Chicago Manual of Style (Lihat Template).