Analisis SWOT dan Penerapan Model Bisnis Kanvas dalam Strategi Pengembangan Usaha Speed Coffee, Tegalalang, Kabupaten Gianyar
Main Article Content
Abstract
Speed Coffee was established during the Covid-19 pandemic in March 2021. As a result of the dynamic challenges and increasing competition in the current economic recovery, Speed Coffee needs alternative strategies and business model mapping. This research aims to identify internal and external factors using SWOT analysis, formulate alternative strategies, and apply the canvas business model to support business development. The results showed that Speed Coffee is positioned in quadrant I, which supports aggressive strategies such as market penetration by expanding market share through marketing/promotion efforts, improving services to retain and attract new customers, and innovating in product development. In the canvas business model, several developments were made on the 9 elements, including adding culinary/coffee enthusiasts, tourists, and public figures (customer segments), providing coffee education (value propositions), partnering with nearby small and medium-sized enterprises, villas, or homestays to increase sales conversion and revenue (channels), providing discounts and coupons to increase customer purchases (customer relationships), recommending a consignment system to expand the marketing area (revenue streams), increasing the number of employees and conducting capacity building through training employees and developing the menu (key resources). In key activities, making and formulating written SOPs and conducting maximum work briefings and evaluations for employees. Joint venture activities include capital investment partnerships (key partnerships), budgeting and determining promotion costs and business development costs (cost structure).
Keyword : SWOT Analysis, Business model canvas, Business development strategy, Speed coffee
Speed Coffee telah didirikan pada bulan Maret 2021, saat itu juga bertepatan dengan adanya pandemic covid-19. Alternatif strategi dan pemetaan model bisnis merupakan tantangan dinamis yang harus dihadapi dan persaingan kompetitif pada masa pemulihan ekonomi saat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merumuskan strategi alternative, identivikasi penyebab internal dan eksternal menggunakan analisis SWOT, serta penerapan model bisnis kanvas dalam menunjang pengembangan usaha. Hasil yang ditunjukan oleh penelitian adalah posisi Speed Coffee pada kuadran I yaitu inovasi dalam pengembangkan produk, menaikan level dalam pelayanna agar bertahan dan untuk menarik bagi pelanggan baru, meningkatkan dan meluaskan market share usaha pemasaran/promosi, mendukung strategi agresif melalui lingkup penetrasi pasar. Model bisnis kanvas telah mengembangkan 9 elemen, yaitu menambahkan pecinta kuliner/kopi, wisatawan, dan publik figur (customer segment), menyelenggarakan edukasi di bidang kopi (value propositions), mengadakan kerja sama dengan unit usaha/UMKM, Villa, atau homestay disekitarnya dalam meningkatkan konversi penjualan dan pendapatan (channels), melakukan pemberian diskon dan kupon untuk meningkatkan pembelian oleh pelanggan (customer relationship), merekomendasikan sistem konsinyasi yang bertujuan untuk memperluas daerah pemasaran (revenue streams), menambah tenaga kerja/pegawai, serta melakukan capacity building yaitu pelatihan pada karyawan dan melakukan pengembangan menu (key resources). Pada aktivitas kunci (key activities), membuat dan merumuskan SOP tertulis serta mengadakan briefing dan evaluasi kerja maksimal kepada karyawan. Melakukan joint venture yaitu pengadaan kerja sama berupa penanaman modal (key partnership), menetapkan dan menaksir biaya pengiklanan serta biaya pengembangan dalam bisnis (cost structure).
Kata kunci : Analisis SWOT, Model bisnis kanvas, Strategi pengembangan usaha, Speed coffee
Downloads
Article Details
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Seluruh artikel di Jurnal ini dapat disebarluaskan atas tetap mencantumkan sumber yang syah. Identitas judul artikel tidak boleh dihilangkan. Penerbit tidak bertangggung jawab terhadap naskah yang dipublikasikan. Isi artikel menjadi tanggung jawab Penulis.
References
Alma, B., dan Donni, P. 2009. Manajemen Bisnis Syariah. Alfabeta, Bandung
Amalia, Hidayat, W., dan Budiatmo, A. 2012. Analisis Strategi Pengembangan Usaha pada UKM Batik Semarangan di Kota Semarang. Jurnal Administrasi Bisnis. 1(1) : 1-12
Alma, B. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta, Bandung.
Assauri, S. 2013. Manajemen Pemasaran : Dasar, Konsep, dan Strategi. PT. Grafindo Persada, Jakarta.
Afridal, M. 2017. Strategi Pengembangan Usaha Roti Tanjong Di Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen. Jurnal S. Pertanian. 1(3) : 223-233.
Adiwaluyo, E. (2019). Terapkan Strategi O2O dalam Bisnis Kopi, Fore Coffee Raih Pendanaan Rp 127 Miliar. (http://marketeers.com/terapkan-strategi-dalam-bisnis-kopi-fore-cofferaihpendanaan-rp-127-miliar/) diakses pada 13 Oktober 2022.
Basu Swastha dan Irawan. 2003. Manajemen Pemasaran Modern (Edisi kedua). Liberty Offset, Yogyakarta.
Benyamin, M. 2005. Manajemen Pemasaran. PT. Indeks, Jakarta.
Chasin, J. R. 2003. Implementation of A Cross-Selling Strategy for A Large Midwestern Healthcare Equipment Company (Ph.D Dissertation). Department of Psychology, Southern Illinois University at Carbandole.
David, R.F. 2009. Manajemen Strategis. Salemba Empat, Jakarta.
David, R.F. 2017. Strategic Management: A Competitive Advantage Approach. S.1, Pearson.
Djufri, W., dan Lukman, S. 2020. Strategi Pengembangan Workshop PT Semen Padang (Pendekatan Analisis SWOT dan Model Bisnis Kanvas). Jurnal Menara Ilmu. 14(2) : 158-164.
Destama, A.W. 2020. Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah CV. Enam Putri Jakarta. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
Ermaya, K.S., dan Darna, N. 2019. Strategi Pengembangan Bisnis dengan Pendekatan Business Model Canvas (Studi Kasus: Industri Kecil Kerupuk). Business Management and Enterpreneurship Journal. 1(3) : 201-218.
Firmansyah, A.M. 2019. Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy). CV Penerbit Qiara Media, Surabaya.
Fitriani, R. 2019. Model Bisnis Kanvas Sebagai Solusi Inovasi Bagi Yang Kecil Bisnis. Jurnal Ilmu Manajemen & Bisnis. 10 (2) : 197-203.
Gagne, R.M., dan Briggs, L.J. 1979. Principles Instructional Design. Holt, Rinehart and Wiston, New York.
Hariandja, E.T.M. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta.
Harmaizar. 2013. Menangkap Peluang Usaha. CV Dian Anugerah Perkasa, Bekasi.
Hendro, 2011, Dasar-dasar Kewirausahaan Panduan bagi Mahasiswa untuk Mengenal, Memahami, dan Memasuki Dunia Bisnis. Penerbit Erlangga, Jakarta.
Hudiya, D.R. 2018. Formulasi Perancangan Model Bisnis sebagai Bentuk Strategi Pengembangan Usaha menggunakan Pendekatan Bussiness Model Canvas (Studi Kasus Pada UKM Collins Indonesia). E-Proceeding of Management. 5(3): 3112-3119.
Hasanah, F.R. 2020. Strategi Pengembangan Usaha Susu Sapi Perah dengan Pendekatan Business Model Canvas. Skripsi. Universitas Jember.
Inayati, T., Evianah., dan Prasetya, H. 2018. Perumusan Strategi dengan Analisis SWOT pada Usaha Mikro Kecil Menengah (Studi Kasus UMKM Produk Sepatu di Mojokerto, Jawa Timur). Seminar Nasional Manajemen dan Binsis. 217-231.
Ismail, 2006. Pengantar Bisnis, Pengenalan Praktis dan Studi. Kencana, Jakarta. Juliani, M.A.K. 2017. Strategi Pengembangan Usaha Minuman Barjaz Tea di Barjaz Company. Jurnal Rekayasa dan Manajemen Agroindustri. 5(4) : 41-50.
Kotler, P., dan Amstrong, G. 2000. Manajemen Pemasaran Edisi Milenium. PT. Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta.
Kurtz, B. 2008. Contemporary Marketing. Sount-West Cengage Learning. New York.
Kotler, dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran 1 Edisi ketiga belas. Erlangga, Jakarta.
Kotler, P., dan Amstrong, G. 2015. Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid 1 dan 2 Edisi Kedua belas. Erlangga, Jakarta.
Machfoedz, M. 2005. Pengantar Pemasaran Modern. UPP AMP YKPN, Yogyakarta.
Manurung, H.B., Wrasiati, P.L., dan Yoga, S.G. 2015. Strategi Pengembangan Usaha Produksi Pie Susu pada Skala Usaha Rumah Tangga (Studi Kasus Pie Susu Dhian, Denpasar). Jurnal Rekayasa dan Manajemen Agroindustri. 3(1): 51-60.
Malau M.R. 2019. Faktor-faktor yang Menentukan Keputusan Konsumen dalam Pembelian dan Konsumsi Smoothie Bowl di Restoran Nalu Bowls Seminyak. Jurnal Agribisnis dan Agrowisata. 8(3): 85-92.
Natakusumah, F.D., Wiranatha, S.A., dan Satriawan, K. 2019. Strategi Pengembangan Usaha melalui Peningkatan Kualitas Produk Ice Coconut Long Black di Titik Temu Coffee Shop, Seminyak, Badung. Jurnal Rekayasa dan Manajemen Agroindustri. 7(4): 604-614
Nasihin, A. M., dan Subagyo, F.E.S. 2020. Strategi Bisnis Era New Normal pada Kedai Kopi di Surabaya. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis. 13(2): 76-88.
Osterwalder, A dan Pigneur, Y. 2010. Business Model Generation : A Handbook for Visionaries, Game Changers dan Challanger. Inc, Hoboken, New Jersey.
Osterwalder, A dan Pigneur, Y. 2019. Business Model Generation : Pedoman bagi para Visioner, Penggerak Perubahan, dan Pendobrak. PT Elex Media Komputindo, Jakarta.
Oktamade, D., Andrizal, F.G., Dinata, S,H., Yusuf, M, dan Sari, P. 2021. Analisis Strategi Dan Pengembangan Usaha Pada Saat Pandemi Covid-19 (Studi Kasus : UMKM Feandra Cake). Jurnal Pendidikan Tambusai. 5(2) : 3756-3763
Pearce, J.A., dan Robinson, B.R. 2013. Manajemen Strategis Formulasi, Implementasi, dan Pengendalian. Salemba Empat, Jakarta.
Panglewai, L.Y., Tuningrat, M., dan Satriawan, K. 2015. Strategi Pengembangan Usaha Air Minum dalam Kemasan (Studi Kasus PT. Satyaloka Tirta Amerta Bangli). Jurnal Rekayasa dan Manajemen Agroindustri. 3(4): 13-20.
Pramudiana, Y., Rismayani, R., dan Rahmawati, F. 2016. Bagaimana memulai dan Menjalankan Bisnis Baru. Remaja Rosdakarya Offset, Bandung.
Pratiwi, R. 2018. Strategi Pengembangan Usaha Rengginang Pulut dengan Metode Analisis SWOT (Studi Kasus Usaha Rengginang Pulut CV. UUL Jaya di Desa Kebun Lada Kecamatan Hinai Kabupaten Langkat). Skripsi. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Purwahita, M.R.2021. Dampak Covid-19 terhadap Pariwisata Bali ditinjau dari sektor Sosial, Ekonomi, dan Lingkungan. Jurnal Kajian dan Terapan Pariwisata. 1(2) : 68-80
Hidayat, R. 2021. Analisis Strategi Pemasaran Coffee Shop Kelokopi dengan SWOT Analysis dan Boston Consulting Group (BCG). Skripsi. Institut Agama Islam Negeri (IAIN).
Rachmat. 2009. Manajemen Strategis. Salemba Empat, Jakarta.
Robbins, S.P., dan Coulter, M. 2010. Manajemen Edisi Kesepuluh. Erlangga, Jakarta.
Rangkuti, F. 2014. Riset Pemasaran. PT. Gramedia Pustaka, Jakarta.
Rangkuti, F. 2015. Teknik Membedah Kasus Bisnis: Analisis SWOT. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Rainaldo M., Wibawa, B.M., dan Rahmawati, Y. 2017. Analisis Business Model Canvas pada Operator Jasa Online ride-sharing (Studi Kasus Uber di Indonesia). Jurnal Sains dan Seni ITS. 6(2): 235-239.
Ramadhani, S. 2020. Analisis Pemahaman Business Model Canvas (BMC) pada Mahasiswa Semester VIII Program Studi Manajemen Bisnis Syariah FAI UMSU. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Rahayu, P.V., Astuti, F.R., Mustangin., dan Sandy, T.A. 2022. Analisis SWOT dan Business Model Canvas (BMC) sebagai solusi dalam Menentukan Strategi Pengembangan Usaha Kuliner. International Journal of Community Service Learning. 6(1): 112-121.
Hariyadi, S. 2021. Strategi Pemasaran Kafe Coffeshop Boy’s Menggunakan Analisis SWOT. Skripsi. Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia.
Sugiarto, E. 2002, Psikologi Pelayanan Dalam Industri Jasa. PT. Gramedia Pustaka utama, Jakarta.
Swasta, B., dan Irawan. 2003. Manajemen Pemasaran Modern (Edisi Kedua). Liberty Offset, Yogyakarta.
Suharyadi, Purwanto S.K. 2004. Statistik Untuk Ekonomi Keuangan Modern Buku 2. Salemba Empat, Jakarta.
Sutopo. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. UNS, Surakarta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis. CV. Alfabeta, Bandung
Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta, Bandung.
Santoso, S. 2013. Statistika Ekonomi plus Aplikasi SPSS. Umpo Press, Ponorogo. Suharti. 2015. Penerapan Business Model Canvas pada Perumahan Galaxy Regency Malang PT. Sarana Hijrah Kamulyan. Jurnal Ilmiah Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Brawijaya.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, CV. Alfabeta, Bandung.
Setyorini, H., dan Santoso, I. (2017). Analisis strategi pemasaran menggunakan matriks SWOT dan QSPM (studi kasus: Restoran WS Soekarno Hatta Malang). Industria: Jurnal Teknologi Dan Manajemen Agroindustri, 5(1), 46–53.
Sumitapradja, M.A. 2020. Analisis Prioritas Pengembangan Pariwisata di Desa Wisata Lebih, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar. Jurnal Destinasi Pariwisata 8(1) : 92-97.
Susanti, A., Dewi T.S., dan Putra, A.Y. 2021. Desain Interior Coffee Shop di Denpasar dan Loyalitas Konsumennya : Generasi Y dan Z. Jurnal Ilmiah Desain Interior 7(1): 1-17.
Tohar, A. 2000. Membuka Usaha Kecil. Kanisius, Yogyakarta.
Tjiptono, F. 2008. Strategi Pemasaran. Andi Cetakan, Yogyakarta.
Tjiptono, F. 2008. Strategi Pemasaran Edisi III. CV. Andi Offset, Yogyakarta
Umar, H. 2010. Desain Penelitian Manajemen Strategik. Rajawali Pers, Jakarta.
Wiryokusumo, I. 2011. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bumi Aksara, Jakarta.
Yupitri, E., dan Sari, R. L. 2012. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Non Muslim Menjadi Nasabah Bank Syariah Mandiri Di Medan. Jurnal Ekonomi dan Keuangan. 1 (1) : 46-60.
Yunus, Eddy. 2016. Manajemen Strategis. Penerbit Adi, Yogyakarta.
Yuliaty, T., Shafira, S.C., dan Akbar, M.R. 2020. Strategi UMKM Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Global (Studi Kasus Pada PT. Muniru Burni Telong). Journal Management, Business, and Accounting. 19 (3) : 293-308.
Zafirah, dan Syaifullah. 2022. Analisa Strategi Pengembangan Bisnis Menggunakan Pendekatan SWOT Analysis dan Business Model Canvas. Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi. 8(1) : 67-77.