The Impacts of Product Quality, Promotion, Brand Association, Purchase Decisions on Japanese Motorcycles

  • Murpin Josua Sembiring Universitas Ma Chung
  • Didin Fatihudin
  • Anang Firmansyah

Abstract

ABSTRAK


Persaingan yang semakin ketat di dunia otomotif menuntut setiap perusahaan otomotif khususnya produsen sepeda motor untuk berinovasi mengikuti perkembangan selera dan kebutuhan pasar. Seluruh perusahaan sepeda motor, khususnya perusahaan sepeda motor Jepang, terus berjuang untuk merebut hati konsumen dan berharap produknya dapat menguasai pasar sepeda motor di Indonesia. Mereka harus menerapkan strategi bisnis mereka dengan tepat untuk memenuhi target pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, promosi, dan asosiasi merek terhadap keputusan pembelian dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif yang objektif, meliputi pengumpulan dan analisis data pengujian statistik. Dengan menggunakan program SPSS, data penelitian ini menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut: Y = - 0,558 + 0,158X1 + 0,235X2 + 0,196X3+e. Berdasarkan pengujian hipotesis, hasil uji F menunjukkan bahwa variabel bebas kualitas produk, promosi, dan asosiasi merek secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Sebagai perbandingan, uji t menunjukkan bahwa asosiasi merek merupakan variabel yang berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aaker, D. A. (1991). Managing brand equity. The Free Press.
Akbar, M., & Wymer, W. (2017). Refining the conceptualization of brand authenticity. J Brand Management, 24(1), 14–32. https://doi.org/doi:https://doi.org/10.1057/s41262-016-0023-3
Assauri, S. (2011). Manajemen pemasaran dasar, konsep, dan strategi. PT. Raja Grafindo Persada.
Barsalou, L. (1991). Deriving categories to achieve goals. The Psychology of Learning and Motivation Advances in Research and Theory, 27(1), 1–64.
Bell, M. (2008). Modern marketing management. Liberty Offset.
Bucklin, R., Lattin, J., Ansari, A., Gupta, S., Bell, D., Coupey, E., . . . Steckel, J. (2002). Choice and the internet: From clickstream to research stream, marketing Letters. 13(3), 245–258.
Durianto, D., & Sugiarto, T.S. (2001). Stategi menaklukkan pasar melalui riset ekuitas dan perilaku merek. PT. Gramedia Pustaka.
Fatihudin, D., & Firmansyah, A. (2019). Pemasaran jasa: Strategimengukur kepuasan dan loyalitas pelanggan. Deepublish Publisher.
Fatihudin, D. (2019). Research methods for economics, management, and accounting from theory to practice. Zifatama Publisher.
Firmansyah, M.A, & Mahardhika, B.W. (2015). Pengaruh strategi marketing mix (produk, harga, promosi, dan distribusi) terhadap keputusan pembelian konsumen batik di Surabaya. BALANCE: Economic, Business, Management and Accounting Journal, 12(2), 18-27
Firmansyah, M., & Fatihudin, D. (2017). Marketing globalization. Deepublish Publisher.
Firmansyah, M. (2019). Marketing: basic and concept. Penerbit Qiara Media.
Gitosudarmo, I. (2008). Pengantar Bisnis (9 ed.). BPFE.
Goh, K., Heng, C., & Lin, Z. (2013). Social media brand community and consumer behavior: Quantifying the relative impact of user-and marketer-generated content. Information Systems Research, 24(1), 88–107.
Gozali, I. (2011). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. BP Universitas Diponegoro.
Kotler, A., & Amstrong, G. (2016). Principle of marketing sixteenth edition global edition. In 16. Pearson Education Limited.
Kotler, P., & Keller, K. (2012). Marketing management. Pearson Education.
Kristianto, L.K. (2011). Integrasi ilmu psikologi dalam kegaitan pemasaran. CAPS.
Laksana, F. (2008). Marketing management. Graha Ilmu.
Lunenburg, F. (2010). Group decision making. National Forum of Teacher Education Journal, 20(3), 1–7.
Moe, W.W., & Fader, P.S. (2004). Capturing evolving visit behavior in clickstream data. Journal of Interactive Marketing, 18(1), 5-19.
Murphy, G., & Medin, D. (1985). The role of theories in conceptual coherence. Psychological Review, 92–3(289–295).
Park, Y. H., & Fader, P. (2004). Modeling browsing behavior at multiple websites. Marketing Science, 23(3), 280–303.
Puccinelli, N., Goodstein, R., Grewal, D., Price, R., Raghubir, P., & Stewart, D. (2009). Customer experience management in retailing: Understanding the buying process. Journal of Retailing, 85(1), 15–30.
Sari, N., & Santika, I. (2017). Pengaruh brand image, brand association, dan brand awareness terhadap repurchase intention produk smartphone merek Asus. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 6(8), 4099–4126.
Tjiptono, F. (2015). Marketing strategy. ANDI.
Weenas, J. R. (2013). Kualitas produk, harga, promosi dan kualitas pelayanan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian Spring Bed Comforta. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4), 607–618.
Wells, J., Valacich, J., & Hess, T. (2011). What signals are you sending? How website quality influences perceptions of product quality and purchase intentions. MIS Quarterly, 35(2), 373–396.
Yadav, M., & Pavlou, P. (2014). Marketing in computer-mediated environments: research synthesis and new directions. Journal of Marketing, 78(1), 20–40.
Published
2022-10-29
How to Cite
SEMBIRING, Murpin Josua; FATIHUDIN, Didin; FIRMANSYAH, Anang. The Impacts of Product Quality, Promotion, Brand Association, Purchase Decisions on Japanese Motorcycles. Matrik : Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan, [S.l.], p. 214 - 224, oct. 2022. ISSN 2302-8890. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jmbk/article/view/84576>. Date accessed: 26 nov. 2022. doi: https://doi.org/10.24843/MATRIK:JMBK.2022.v16.i02.p03.
Section
Articles