Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  • If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.

Author Guidelines

Ketentuan Umum

  1. Artikel yang diterima adalah karya ilmiah hasil kajian empiris maupun  konseptual di bidang Ilmu manajemen, strategi bisnis dan belum pernah dipublikasikan di media cetak dan e-jurnal lainnya.
  2. Artikel diketik pada kertas A4 (21 x 29,7 cm) margin atas/bawah/kiri/kanan berurutan: 4 / 3 / 4 / 3 cm, menggunakan huruf Times New Roman, jarak 1 spasi sebanyak 10-15 halaman, tidak termasuk daftar pustaka.
  3. Penyerahan naskah dilakukan secara online melalui http://ojs.unud.ac.id/index.php/matrik/user/register. Penulis baru harus membuat akun terlebih dahulu, sekali dibuat akan dapat digunakan seterusnya.
  4. Naskah yang diserahkan (file word) tidak boleh berisi informasi yang dapat mengidentifikasi penulis untuk menjaga anonimitas selama proses peer review. Identitas penulis diisikan pada saat mengisi metadata untuk penulis di MATRIK. Identitas di naskah diisikan setelah naskah dinyatakan lolos seleksi oleh editor dan reviewer.
  5. Naskah yang diserahkan harus menyertakan hasil TURNITIN.

 

Sistematika Penulisan Artikel

  1. JUDUL, maksimal 15 kata bahasa Indonesia/bahasa inggris dengan huruf kapital ukuran 12 pt, bold
  2. ABSTRAK memuat ringkasan riset antara lain latar belakang penelitian, tujuan, metode, hasil, dan simpulan penelitian. Abstrak disajikan setelah judul terdiri atas 100-150 kata ditulis dalam dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa I Abstrak diberikan kata kunci (keywords) maksimal 5 kata.
  3. PENDAHULUAN : berisi latar belakang penelitian, tujuan penelitian, landasan teori menjadi satu dalam penjelasan latar belakang penelitian, serta pengembangan hipotesis.
  4. METODE PENELITIAN : berisi data dan sumber data, variabel penelitian, teknik pengumpulan data, serta teknik analisis data.
  5. HASIL DAN PEMBAHASAN : berisi hasil pengujian hipotesis, hasil analisis data penelitian dan deskriptif statistik yang diperlukan.
  6. SIMPULAN : berisi kesimpulan penelitian.
  7. DAFTAR REFERENSI : memuat semua sumber yang  dirujuk  dalam penulisan artikel (maksimal kebaharuan referensi adalah 10 tahun).

 

Ketentuan tambahan

  • Semua halaman (termasuk lampiran, dan referensi)  diberi nomor urut halaman.
  • Setiap Tabel dan Gambar diberikan nomor urut yang diletakkan di bagian tengah (centre) untuk Tabel dan rata kiri untuk Gambar. Judul diletakkan setelah nomor yang sesuai dengan isi tabel atau gambar.  Sumber data diletakkan di bagian bawah kiri tabel atau Format pembuatan garis pada tabel hanya untuk kepala dan akhir, seperti contoh berikut:

Tabel 1. Jumlah Karyawan PT A Tahun 2016 (Orang)                

Jenis Kelamin Karyawan

Jumlah

Laki-laki

106

Perempuan

97

Sumber: Laporan Keuangan Hotel X, 2010

  1. Kutipan dan rujukan dalam teks ditulis menggunakan teknik rujukan berkurung  (nama akhir penulis, tahun:  nomor halaman)

Contoh:

  • Satu sumber kutipan dengan satu penulis (Ferdinand, 2012: 129).
  • Satu sumber kutipan dengan dua penulis (Frucot dan Shearon, 2011:25).
  • Satu sumber dengan lebih dari dua penulis (Ariyani dkk., 2010:12) atau (Hotstede et al., 1992:42).
  • Dua sumber kutipan dengan penulis yang berbeda (Ana, 2011:16; Agung, 2002: 21).
  • Dua sumber kutipan dengan penulis yang sama cukup ditulis satu nama (Agung, 2012: 23, 2013:19), jika tahun publikasi sama (Agung, 2012a:15, 2012b:26).
  • Sumber kutipan yang berasal dari pekerjaan suatu institusi sebaiknya menyebutkan akronim institusi yang bersangkutan, misalnya (IAI, 2011:10)
  • Satu sumber kutipan jurnal dengan dua penulis Widiartini dan Yasa (2016) atau (Widiartini dan Yasa, 2016).
  • Satu sumber kutipan jurnal dengan lebih dari dua penulis Cyan et al. (2016) atau (Cyan et al., 2016).
  1. Daftar referensi (hanya yang menjadi sumber kutipan) dibuat dengan ketentuan penulisan sebagai berikut:
    • Daftar referensi disusun alfabetis sesuai dengan nama penulis atau nama institusi disertai tahun publikasi, judul jurnal atau buku teks, nama jurnal atau penerbit, nomor halaman artikel jurnal harus dicantumkan.

Contoh:

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Linther, Jhon. 2007. Distribution of Incomes of Corporation of Among Dividends, Retained Earnings, and Taxes. The American Review. 97-113.

Widiartini P.R dan Yasa N.N.K. 2016. Peran Kepercayaan Dalam Memediasi Hubungan Persepsi Nilai Dengan Niat Menggunakan E-Money.Matrik:Jurnal Manajemen Strategi Bisnis dan Kewirausahaan, (14) 3:249-256.

  • Daftar referensi terdiri dari minimal 15 jurnal Internasional dan 10 jurnal Nasional, text book, serta referensi lain yang relevan serta diutamakan kebaharuan rujukan (maksimal 10 tahun terakhir).
  • Pengacuan dan pengutipan harus sesuai dengan aturan non-plagiarisme sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No.17 Tahun 2010.
  1. Hal-hal yang dilakukan oleh penulis artikel yang terkait dengan masalah perijinan, pengutipan, atau penggunaan software komputer untuk pembuatan artikel, pengolahan data, dan hal lain yang terkait dengan HAKI, berikut konsekuensi hukum yang mungkin timbul, sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis artikel.