Determinasi Financial Literacy, Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumsi

  • Nina Farliana Universitas Negeri Semarang
  • Indri Murniawaty Universitas Negeri Semarang
  • Ari Setiawati Universitas Negeri Semarang

Abstract

Perilaku konsumen sulit untuk diamati dan dipahami secara langsung, akan tetapi perilaku yang terlihat dalam pembelian seseorang timbul karena adanya interaksi dengan lingkungan mereka, dan dipengaruhi oleh faktor-faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologis. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh financial literacy, status sosial ekonomi orang tua, dan gaya hidup terhadap perilaku konsumsi mahasiswa yang tinggal di pondok pesantren. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah mahasiswa yang tinggal di pondok pesantren se Gunungpati Semarang berjumlah 772 mahasiswa, dengan sampel 264 mahasiswa dengan teknik proportionate random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa variabel perilaku konsumsi berada pada kategori tinggi, variabel financial literacy dan variabel status sosial ekonomi orang tua berada pada kategori rendah,  variabel gaya hidup berada pada kategori cukup. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh secara signifikan financial literacy, status sosial ekonomi orang tua, gaya hidup terhadap perilaku konsumsi mahasiswa, terdapat pengaruh positif dan signifikan financial literacy terhadap perilaku konsumsi mahasiswa, terdapat pengaruh negatif dan signifikan status sosial ekonomi orang tua terhadap perilaku konsumsi mahasiswa, terdapat pengaruh positif dan signifikan gaya hidup terhadap perilaku konsumsi mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Indri Murniawaty, Universitas Negeri Semarang

Economics Education Department, Faculty of Economics, Universitas Negeri Semarang

Ari Setiawati, Universitas Negeri Semarang

Economics Education Department, Faculty of Economics, Universitas Negeri Semarang

References

Aisyah, S. (2019). Analisis Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan Terhadap Financial Attitude Dan Financial Behavior (Studi Kasus Pada Mahasiswa STIE Indonesia Banking School). (Doctoral dissertation, STIE Indonesia Banking Sch.
Anggraeni, E., & Setiaji, K. (2018). Pengaruh Media Sosial dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 172–180.
Anggraini, R. T., Fauzan, &, & Santhoso, H. (2017). Hubungan antara Gaya Hidup Hedonis dengan Perilaku Konsumtif pada Remaja. GADJAH MADA JOURNAL OF PSYCHOLOGY, 3(3), 131–140.
Arifin, Z. (2012). Perkembangan Pesantren di Indonesia. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(1), 40–50.
Aritonang, H. F., Gushevinalti, G., & Buldani, K. (2010). PEMETAAN DAMPAK PEMANFAATAN APLIKASI FAN PAGE FACEBOOK TERHADAP KEPUASAN FANS (STUDI PADA MAHASISWA S1 KOMUNIKASI ANGKATAN 2010-2011 UNIVERSITAS BENGKULU).
Asmuni, H. (2019). Pendidikan Pesantren dalam Bingkai Pendidikan Nasional. Jurnal Ilmiah Munaqasyah, 1(1), 25–36.
Blackwell, R., DSouza, C., Taghian, M., Miniard, P., & Engel, J. (2016). Consumer behaviour: an Asia Pacific approach. Thomson.
Bruwer, J., Saliba, A., & Miller, B. (2011). Consumer behaviour and sensory preference differences: implications for wine product marketing. Journal of Consumer Marketing, 28(1), 5–18. https://doi.org/10.1108/07363761111101903
Buente, W., & Robbin, A. (2008). Trends in internet information behavior, 2000-2004. Journal of the American Society for Information Science and Technology, 59(11), 1743–1760. https://doi.org/10.1002/asi.20883
Carlin, B. I., & Robinson, D. T. (2012). What does financial literacy training teach us? Journal of Economic Education, 43(3), 235–247. https://doi.org/10.1080/00220485.2012.686385
Dikria, O. &, & Umi Mintarti, S. W. (2016). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2013. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 09(2), 128–139. https://doi.org/10.17977/UM014v09i22016p128
Engel, L. C., & Frizzell, M. O. (2015). Competitive comparison and PISA bragging rights: sub-national uses of the OECD’s PISA in Canada and the USA. Discourse, 36(5), 665–682. https://doi.org/10.1080/01596306.2015.1017446
Fernandes, D., Lynch, J. G., & Netemeyer, R. G. (2014). Financial literacy, financial education, and downstream financial behaviors. Management Science, 60(8), 1861–1883. https://doi.org/10.1287/mnsc.2013.1849
Fiqriyah, R., & Wahyono, H. (2016). Pengaruh pengelolaan uang saku, modernitas, kecerdasan emosional, dan pemahaman dasar ekonomi terhadap rasionalitas perilaku konsumsi siswa kelas X IIS MAN 1 Malang. Jurnal Pendidikan Ekonomi (Economic Education Journal), 9(1).
Fuadah, S. (2017). MANAJEMEN PEMBELAJARAN DI PONDOK PESANTREN. Jurnal Islamic Education Manajemen, 2(2), 40–58. http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/isema
Gecková, A. M., Stewart, R., Van Dijk, J. P., Orosová, O., Groothoff, J. W., & Post, D. (2005). Influence of socio-economic status, parents and peers on smoking behaviour of adolescents. European Addiction Research, 11(4), 204–209. https://doi.org/10.1159/000086403
Hajli, N. (2014). A study of the impact of social media on consumers. International Journal of Market Research, 56(3), 387–404. https://doi.org/10.2501/IJMR-2014-025
Harris, L., & Dennis, C. (2011). Engaging customers on facebook: Challenges for e-retailers. Journal of Consumer Behaviour, 10(6), 338–346. https://doi.org/10.1002/cb.375
Imawati, R. (2020). PENGARUH PENDAPATAN, SIKAP KEUANGAN, DAN LOCUS OF CONTROL INTERNAL TERHADAP PERILAKU KEUANGAN MELALUI LITERASI KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Mahasiswa Ekonomi Jenjang S1 Perguruan Tinggi Negeri se-Kota Semarang).
Jamal, N. (2015). Transformasi pendidikan pesantren dalam pembentukan kepribadian santri. TARBIYATUNA, 8(2), 64–100.
Jatmiko, R. P. (2017). Status Sosial Ekonomi, Gaya, Dan Prestasi Belajar. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS (JPPI), 11(1).
Kanserina, D. . H. I. A. . & N. I. M. (2015). Pengaruh Literasi Ekonomi dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha Tahun 2015. . Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 5(1).
Kilger, M. F., & Engel, W. E. (2009). U.S. Patent No. 7,490,052. Patent and Trademark Office.
Kotler, P. & K. L. K. (2008). Manajemen Pemasaran, Edisi 13. Erlangga.
Krishnan, J. (2011). Lifestyle-A Tool for Understanding Buyer Behavior. In Journal of Economics and Management (Vol. 5, Issue 1).
Krisnawati, E., & Sos, S. (2016). PERILAKU KONSUMSI MEDIA OLEH KALANGAN REMAJA DALAM PENCARIAN INFORMASI (Studi Kasus Perilaku Remaja di Kota Salatiga dalam Penggunaan Media Dalam Perspektif Teori Ketergantungan Media). Jurnal Ilmiah Komunikasi, 5.
Lusardi, A. (2015). Financial Literacy Skills for the 21st Century: Evidence from PISA. Journal of Consumer Affairs, 49(3), 639–659. https://doi.org/10.1111/joca.12099
Mandell, L., & Klein, L. S. (2009). The Impact of Financial Literacy Education on Subsequent Financial Behavior. http://ssrn.com/abstract=2224231
Matharu, M., Jain, R., & Kamboj, S. (2020). Understanding the impact of lifestyle on sustainable consumption behavior: a sharing economy perspective. Management of Environmental Quality: An International Journal. https://doi.org/10.1108/MEQ-02-2020-0036
Montoya, D. Y., & Scott, M. L. (2013). The Effect of Lifestyle-Based Depletion on Teen Consumer Behavior. Journal of Public Policy & Marketing, 32(1), 1547–7207. http://www.atf.gov/firearms/brady-law/
Mowen, J. C., & Carlson, B. (2003). Exploring the antecedents and consumer behavior consequences of the trait of superstition. Psychology & Marketing, 20(12), 1045–1065.
Mulyani, R., & Thomas, P. (2018). The Influence of Student Consumption, Social Status of Family,The Economic Parent Status, and The Economic Education of Family to Consumption Behavior. 24 JEE, 7(1), 24–30. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jeec
Muslihun, M. (2017). Pesantren Sebagai Identitas Islam Nusantara. . Al-Tsiqoh: Jurnal Ekonomi Dan Dakwah Islam, 2(1), 38–48.
Nilawati, P., Amri, S. , & Muhammad, H. (2014). KECENDERUNGAN PERILAKU KONSUMTIF REMAJA DI TINJAU DARI PENDAPATAN ORANG TUA PADA SISWA-SISWI SMA KESATRIAN 2 SEMARANG. Journal of Social and Industrial Psychology, 3(1). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/sip
Nurjannah, S. L. (2014). Hubungan Antara Status Sosial Ekonomi Dengan Motivasi Orang Tua Menyekolahkan Anak di PAUD Smart Kid dan PAUD Sahabat Ananda Kecamatan Dau.
Oktafikasari, E., & Mahmud, A. (2017). KONFORMITAS HEDONIS DAN LITERASI EKONOMI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MELALUI GAYA HIDUP KONSUMTIF. Economic Education Analysis Journal. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj
Peattie, K. (2010). Green consumption: Behavior and norms. Annual Review of Environment and Resources, 35, 195–228. https://doi.org/10.1146/annurev-environ-032609-094328
Pícha, K., & Navrátil, J. (2019). The factors of Lifestyle of Health and Sustainability influencing pro-environmental buying behaviour. Journal of Cleaner Production, 234, 233–241. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2019.06.072
Pristian, R., & Astuti, F. (2016). PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA, LITERASI EKONOMI DAN LIFE STYLE TERHADAP PERILAKU KONSUMSI MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI IKIP PGRI BOJONEGORO.
Ramadhani, N., Sukotjo, E., Juharsah, J., Sinarwaty, S., & Nur, N. (2020). PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PRODUK FASHION PADA ONLINE SHOPPING MELALUI MEDIA SOSIAL FACEBOOK (STUDI KASUS: BAUBAU JUAL BELI (BJB) UNTUK MAHASISWA DI KOTA BAU-BAU). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 12(1).
Schuster, T., Lund-Thomsen, P., Kazmi, B. A., Arif, I., Aslam, W., & Ali, M. (2016). Students’ dependence on smartphones and its effect on purchasing behavior. . South Asian Journal of Global Business Research, 5(2), 285–302.
Shergill, G. S., & Chen, Z. (2005). WEB-BASED SHOPPING: CONSUMERS’ ATTITUDES TOWARDS ONLINE SHOPPING IN NEW ZEALAND. In Journal of Electronic Commerce Research (Vol. 6, Issue 2).
Sumarwan, U. (2011). Perilaku konsumen: Teori dan penerapannya dalam pemasaran. Ghalia Indonesia.
Suryani, T. (2008). Perilaku Konsumen: Implikasi Pada Strategi Pemasaran. Graham Ilmu.
Utomo, S. D., & Adi, B. W. (2018). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Kognitif Kewirausahaan pada Siswa Kelas XI SMK Kristen 1 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 4(1).
Vidyavathi, K. (2012). CONSUMER LIFESTYLE INFLUENCE OF CONSUMER BEHAVIOUR WITH REFERENCE TO AUTOMOBILE INDUSTRY IN CHENNAI. In International Journal of Multidisciplinary Research (Vol. 2, Issue 4). www.zenithresearch.org.in
Yushita, A. N. (2017). Pentingnya Literasi Keuangan Bagi Pengelolaan Keuangan Pribadi. Jurnal Nominal, 6(1), 11–26.
Published
2021-08-08
How to Cite
FARLIANA, Nina; MURNIAWATY, Indri; SETIAWATI, Ari. Determinasi Financial Literacy, Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumsi. Matrik : Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan, [S.l.], p. 189-201, aug. 2021. ISSN 2302-8890. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jmbk/article/view/68965>. Date accessed: 28 jan. 2022. doi: https://doi.org/10.24843/MATRIK:JMBK.2021.v15.i02.p03.
Section
Articles