Dampak Pendidikan Kewirausahaan pada Entrepreneur Behavior Index (EBI) dan Intensi Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana di Denpasar

  • I Gst. A. Kt. Gd. Suasana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • Ni Wayan Ekawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • I Ketut Sudiana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • I Gede Wardana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

Tujuan penelitian adalah menjelaskan dampak pendidikan kewirausahaan terhadap niat berwirausaha, menjelaskan dampak pendidikan kewirausahaan terhadap EBI, menjelaskan dampak EBI terhadap niat berwirausaha dan menjelaskan peran EBI sebagai mediator dampak antara pendidikan kewirausahaan dan niat berwirausaha. Penelitian dilakukan terhadap pada mahasiswa program S1 Reguler FEB-Unud yang telah lulus mata kuliah kewirausahaan dalam kurun waktu tiga semester terakhir. Penelitian menggunakan sampel individu sebagai unit analisis dengan ukuran sampel responden 200 orang dan dibagi ke dalam tiga prodi secara proposional. Teknik analisis menggunakan analisis SEM berbasis AMOS. Hasil analisis menemukan bahwa pendidikan kewirausahaan berdampak signifikan terhadap niat berwirausaha, pendidikan kewirausahaan berdampak signifikan terhadap EBI, EBI berdampak signifikan terhadap niat berwirausaha, dan EBI berperan signifikan memediasi secara parsial dampak pendidikan kewirausahaan terhadap niat berwirausaha. Artinya bahwa, menumbuhkan dan mengembangkan niat berwirausaha lulusan perguruan tinggi, dapat dilakukan melalui pengembangan kurikulum pendidikan kewirausahaan, namun pendidikan tersebut tidak sepenuhnya harus dibebani dengan peningkatan nilai-nilai karakter individu (EBI).


Kata Kunci:  pendidikan kewirausahaan, entrepreneur behavior index (EBI), dan intensi/niat berwirausaha.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-07-09
How to Cite
SUASANA, I Gst. A. Kt. Gd. et al. Dampak Pendidikan Kewirausahaan pada Entrepreneur Behavior Index (EBI) dan Intensi Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana di Denpasar. Matrik : Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan, [S.l.], p. 33 - 44, july 2019. ISSN 2302-8890. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jmbk/article/view/41616>. Date accessed: 12 july 2020. doi: https://doi.org/10.24843/MATRIK:JMBK.2020.v14.i01.p04.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)