Implementasi corporate social responsibility (csr) hotel prama sanur beach bali

  • Maudy Farhana Udayana University
  • Fanny Maharani Suarka Udayana University
  • I Nyoman Tri Sutaguna Udayana University

Abstract

Pelaksanaan CSR merupakan suatu bentuk komitmen perusahaan untuk berkontribusi dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan dengan memperhatikan tanggung jawab sosial perusahaan. Pelaksanaan CSR di Indonesia dijelaskan melalui Peraturan Pemerintah (PP) Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2012 yang mewajibkan sebuah perusahaan untuk melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan. Perusahaan yang ingin tumbuh secara berkelanjutan tidak semata-mata mengejar keuntungan tetapi juga harus menjaga aspek sosial dan lingkungan. Salah satu perusahaan akomodasi yang telah melaksanakan CSR adalah Hotel Prama Sanur Beach Bali. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi CSR yang dilakukan serta kendala yang dihadapi oleh Hotel Prama Sanur Beach Bali dalam pelaksanaan kegiatan CSR. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Penelitian ini menggunakan teknik desktiptif kualitatif dengan menggunakan analisis data dengan tahapan reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian ini adalah Hotel Prama Sanur Beach Bali telah melaksanakan implementasi CSR. Implementasi CSR Hotel Prama Sanur Beach Bali dikelola oleh Departemen Human Resources dan Lembaga Kerjasama Bipartit dengan CSR ter-program dan CSR tidak ter-program. Implementasi pada bidang sosial telah dilakukan dengan mengikuti kegiatan berupa donor darah, pemberian dana ke Desa Adat Intaran, melakukan kunjungan ke panti sosial, memberikan pelatihan kepada siswa-siswi, mengikuti kegiatan vaksinasi, dan kegiatan volunteer. Adapun implementasi dalam bidang lingkungan Hotel Prama Sanur Beach Bali telah melaksanakan cleaning campaign, pembagian shopping bag serta tumbler, melaksanakan pelestarian tukik, dan kegiatan Earth Hour. Kendala implementasi CSR yang dihadapi oleh Hotel Prama Sanur Beach Bali adalah adanya keterbatasan biaya karena biaya pelaksanaan kegiatan CSR, kurangnya aktivitas sosial dan terbatasnya kegiatan-kegiatan sosial yang dapat dilaksanakan karena adanya pandemi Covid-19 serta kurangnya peralatan-peralatan kebersihan yang dapat digunakan oleh karyawan dalam menunjang pelaksanaan kegiatan cleaning campaign.


Kata kunci: Implementasi CSR, Kendala Implementasi CSR

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-04-23
How to Cite
FARHANA, Maudy; SUARKA, Fanny Maharani; SUTAGUNA, I Nyoman Tri. Implementasi corporate social responsibility (csr) hotel prama sanur beach bali. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 109-124, apr. 2025. ISSN 2581-0669. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jkh/article/view/81201>. Date accessed: 02 aug. 2025.
Warning: array_merge(): Argument #2 is not an array in /var/www/ojs.unud.ac.id_backup/lib/pkp/classes/core/PKPApplication.inc.php on line 578 Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /var/www/ojs.unud.ac.id_backup/plugins/generic/recommendByAuthor/RecommendByAuthorPlugin.inc.php on line 114

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>