Persepsi wisatawan terhadap pelayanan pramusaji di mostic restoran pada hotel dewi sri legian kabupaten badung bali

  • Dewa Made Orbit Gunawan Udayana University
  • Ni Made Ariani Udayana University
  • Ni Ketut Arismayanti Udayana University

Abstract

Hotel Dewi Sri merupakan salah satu hotel bintang Tiga yang terletak di Legian Kuta Kabupaten Badung Bali. Penelitian ini dilatar belakangi karena legian merupakan salah satu destinasi  yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Persepsi Wisatawan Terhadap Pelayanan Pramusaji Di Mostic Restoran Pada Hotel Dewi Sri Legian Kuta Kabupaten Badung Bali. Penelitian ini mengunakan teknik  penentuan sampel dilakukan dengan cara Quota sampling, dengan jumlah responden 75. Teknik penentuan responden secara  accidental sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, kuisioner, studi kepustakaan. Tenik  analisis data menggunakan deskriftif kuantitatif untuk mengetahui persepsi wisatawan menggunakan skala likert. Berdasarkan hasil penelitian terhadap 75 orang wisatawan membuktikan bahwa persepsi wisatawan terhadap aspek tanggible menjadi aspek unggulan dengan perolehan skor rata-rata sebesar 4.46 dapat dimasukan dalam kategori sangat baik, sedangkan yang paling lemah adalah persepsi terhadap assurance dengan skor rata-rata sebesar 4.23 dapat dimasukan dalam kategori sangat baik. Perhitungan menurut Skala Likert dari 75 orang wisatawan membuktikan bahwa Persepsi Wisatawan Terhadap Pelayanan Pramusaji Di Mostic Restoran Pada Hotel Dewi Sri Legian Kuta Kabupaten Badung Bali dengan jumlah skor rata-rata keseluruhan 4,33 dapat dimasukan dalam kategori sangat baik. Saran yang dapat diberikan untuk pihak manajemen adalah mempertahankan dan meningkatkan pelayanan pramusaji di Mostic Restoran yang telah dianggap sangat baik oleh wisatawan, sehingga nantinya dapat menarik wisatawan lebih banyak lagi wisatawan yang berkunjung ke Mostic Restoran. Perlu melakukan inovasi baru terhadap hidangan yang disajikan agar lebih bervariasi dengan citra rasa yang sesuai dengan lidah wisatawan.


 


Kata kunci : Persepsi Wisatawan, Pelayanan, Pramusaji, Restoran


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-04-30
How to Cite
MADE ORBIT GUNAWAN, Dewa; ARIANI, Ni Made; ARISMAYANTI, Ni Ketut. Persepsi wisatawan terhadap pelayanan pramusaji di mostic restoran pada hotel dewi sri legian kabupaten badung bali. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 73-80, apr. 2017. ISSN 2581-0669. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jkh/article/view/30919>. Date accessed: 26 nov. 2022.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>