Upaya minimalisasi turnover karyawan di harper kuta hotel bali

  • I Made Yudi Suartama Udayana University
  • Ni Ketut Arismayanti Udayana University
  • Nyoman Ariana Udayana University

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab terjadinya turnover karyawan di Harper Kuta Hotel dan mengetahui upaya yang dilakukan oleh Human Resources Department dengan terjadinya turnover karyawan di Harper Kuta Hotel. Data yang digunakan yaitu data  kualitatif  yang didapatkan berdasarkan hasil dari observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Teknik penentuan informan yang digunakan yaitu snowball sampling. Teknik penentuan informan menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: penyebab terjadinya turnover karyawan di Harper Kuta Hotel ada tiga faktor, yaitu faktor eksternal hotel, faktor internal hotel dan faktor karyawan. Upaya manajemen hotel dalam minimalisasi terjadinya turnover karyawan yaitu faktor internal hotel  dan faktor karyawan. Faktor internal hotel antara lain: penekanan kontrak gaji pada saat interview, tunjangan kesehatan selain BPJS, memberikan pelatihan kerja, memberikan promosi jabatan dan lingkungan kerja karyawan. Faktor dari karyawan yaitu manajemen mengevaluasi kinerja antara atasan dengan bawahan agar tidak terjadinya konflik,  manajemen memberikan cuti terhadap karyawan yang sedang hamil dan memberikan hadiah berupa perlengkapan bayi, manajemen memberikan opsi seperti kenaikan gaji jika kinerja karyawan tersebut sangat baik. Saran yang dapat diberikan pada penelitian ini adalah manajemen Harper Kuta Hotel hendaknya melakukan upaya-upaya baru dalam minimalisasi terjadinya turnover karyawan yang tinggi. Upaya baru yang dimaksud adalah memberikan suasana kerja yang nyaman dan mendengarkan aspirasi dari karyawan agar bisa mengatasi turnover karyawan yang tinggi di Harper Kuta Hotel.


 


Kata Kunci : Upaya, Turnover, Karyawan, Harper Kuta Hotel

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-04-30
How to Cite
YUDI SUARTAMA, I Made; ARISMAYANTI, Ni Ketut; ARIANA, Nyoman. Upaya minimalisasi turnover karyawan di harper kuta hotel bali. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 32-38, apr. 2017. ISSN 2581-0669. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jkh/article/view/30909>. Date accessed: 26 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>