Analisis kualitas pelayanan pramusaji terhadap kepuasan konsumen di bebek timbungan, bali

Analysis of the service quality of waiters on customer satisfaction in Bebek Timbungan, Bali

  • Achmad Nadhif Vieri Hasan Mahasiswa Universitas Udayana
  • I Gusti Ngurah Widyatmaja Udayana University
  • Irma Rahyuda Udayana University

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis kualitas pelayanan pramusaji terhadap kepuasan konsumen di Bebek Timbungan, Bali. Adapun yang menjadi latar belakang penulisan ini karena kepuasan konsumen masih belum mendapatkan pencapaian yang merata terhadap pelayanan. Hal ini berdasarkan komentar yang bersumber dari website Trip Advisor dan Zomato. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penilaian konsumen terhadap kualitas pelayanan pramusaji, indikator pelayanan apa saja yang dianggap penting, dan usulan prioritas apa saja yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan. 


Tinjauan konsep penelitian ini adalah kualitas pelayanan, pramusaji, konsumen, dan, restoran. Variabel yang digunakan yaitu kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen, Indikator yang digunakan yaitu (tangible), (reliability), (responsiveness), (assurance), (empathy), Responden dari penelitian ini adalah konsumen yang pernah berkunjung dan mengkonsumsi serta mendapat pelayanan pramusaji secara langsung. Teknik sampling yang digunakan adalah non probability sampling, Penentuan pengambilan responden melalui teknik accidental sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan pendekatan analisis statistik desktiptif menggunakan metode yaitu skala likert, uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, analisis kesesuaian performance dan importance, analisis gap (p-i), uji t, dan importance-performance analysis pada diagram kartesius yang diolah dengan bantuan aplikasi SPSS Statistik V.26. 


Hasil penilaian menunjukan konsumen merasa puas dengan pelayanan pramusaji di Bebek Timbungan, Bali dengan jumlah rata-rata lima indikator kualitas pelayanan dan harapan konsumen sebesar 98,32% yang berarti Baik. Terdapat 3 sub indikator yang dianggap penting oleh konsumen dan perlu tindakan prioritas. Usulan prioritas yang perlu mendapat perbaikan untuk sub-indikator sebanyak 7 sub indikator, Sementara, sub indikator yang perlu dipertahankan adalah sub indikator sebanyak 13 sub indikator. 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-05-28
How to Cite
HASAN, Achmad Nadhif Vieri; WIDYATMAJA, I Gusti Ngurah; RAHYUDA, Irma. Analisis kualitas pelayanan pramusaji terhadap kepuasan konsumen di bebek timbungan, bali. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 296-315, may 2024. ISSN 2581-0669. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jkh/article/view/77834>. Date accessed: 13 july 2024.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>