Penerapan prinsip – prinsip sustainable tourism di plaza hotel kota semarang

  • Ronald Mahendra Jati Student
  • I Gusti Ngurah Widyatmaja Udayana University
  • I Nyoman Tri Sutaguna Udayana University

Abstract

Penerapan prinsip-prinsip sustainable tourism wajib dilakukan oleh industri pariwisata termasuk hotel untuk memberikan dampak ekonomi, sosial dan lingkungan yang baik bagi kelangsungan masa depan.


Dalam penelitian ini jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, kuesioner, studi kepustakaan dan dokumentasi. Teknik penentuan informan pada penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik analisis data deskriptif kualitatif, skala likert dan penyajian data.


Hasil dari penelitian ini implementasi partisipasi melalui pelibatan masyarakat lokal yang bekerja di Plaza Hotel Semarang dalam operasional hotel. Implementasi keikutsertaan para pelaku program pemerintah, pemberdayaan travel agent lokal. Implementasi kepemilikan lokal masih lemah dikarenakan hotel tidak memanfaatkan potensi lokal. Implementasi penggunaan sumber daya secara berkelanjutan melalui program go green dan program hemat listrik. Implementasi tujuan-tujuan masyarakat melalui ikut serta menjaga kebersihan pantai. Implementasi daya dukung melalui ketersediaan ruang terbuka hijau di hotel. Implementasi monitor dan evaluasi masih lemah karena masyarakat lokal yang bekerja di Plaza Hotel Semarang tidak terlibat secara langsung. Implementasi akuntabilitas melalui program yang diciptakan oleh manajemen yaitu goes green dan peraturan penghematan listrik. Implementasi pelatihan masih lemah dikarenakan program pelatihan yang tidak mengikutsertakan masyarakat Sumurboto dan tidak adanya pelatihan bisnis bagi masyarakat lokal. Implementasi promosi melalui program lokal tour. Persepsi Masyarakat Lokal yang bekerja di Plaza Hotel menunjukkan hasil partisipasi 3,58 (baik), keikutsertaan para pelaku 3,30 (cukup), kepemilikan lokal 2,51 (tidak baik), penggunaan sumber daya berkelanjutan 4,06 (baik), tujuan-tujuan masyarakat 3,06 (cukup), daya dukung 3,85 (baik), monitor dan evaluasi 3,16 (cukup), akuntabilitas 3,81 (baik), pelatihan 3,44 (baik), dan promosi 3,33 (cukup).


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-08-14
How to Cite
JATI, Ronald Mahendra; WIDYATMAJA, I Gusti Ngurah; SUTAGUNA, I Nyoman Tri. Penerapan prinsip – prinsip sustainable tourism di plaza hotel kota semarang. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 89-108, aug. 2023. ISSN 2581-0669. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jkh/article/view/68847>. Date accessed: 30 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>