Strategi promosi untuk meningkatkan occupancy kamar di ubud padi villas

  • I Made Dwi Kurnia Universitas Udayana
  • Agus Muriawan Putra
  • I Gusti Ngurah Widyatmaja Udayana University

Abstract

Perkembangan Hotel dan villa di Ubud mengalami peningkatan yang sangat pesat. Salah satu villa yang berpengaruh terhadap tingkat kunjungan wisatawan adalah Ubud Padi Villas. Namun Ubud Padi Villas bukanlah satu-satunya jasa penginapan yang ada di kawasan Ubud. Adanya banyak villa di kawasan Ubud membuat Ubud Padi Villa harus menerapkan upaya promosi yang efektif agar dapat bersaing dengan para pesaingnya, terutama dalam meningkatkan occupancy kamar.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi dalam meningkatkan occupancy kamar di Ubud Padi Villas serta kendala yang dihadapi dalam meningkatkan occupancy kamar di Ubud Padi Villas. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif sedangkan sumber datanya adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi, wawancara, studi pustaka, dokumentasi, dan kuesioner. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, untuk mengukur penilaian wisatawan terhadap produk promosi Kamar di Ubud Padi Villas, penulis menggunakan skala likert dan diuraikan secara singkat menggunakan analisis SWOT.


Hasil dari penelitian yang dilakukan menyimpulkan bahwa strategi promosi untuk meningkatkan occupancy kamar di Ubud Padi Villas sesuai dengan analisis SWOT antara lain peningkatan pelayanan di restoran villa terutama pada saat breakfast, menyediakan transportasi yang nyaman mengingat jarak tempuh dari bandara ke villa cukup lama, melakukan pembaharuan informasi di website villa serta menyediakan brosur sebagai salah satu media promosi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-04-01
How to Cite
DWI KURNIA, I Made; PUTRA, Agus Muriawan; WIDYATMAJA, I Gusti Ngurah. Strategi promosi untuk meningkatkan occupancy kamar di ubud padi villas. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 126-144, apr. 2018. ISSN 2581-0669. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jkh/article/view/37052>. Date accessed: 26 nov. 2022.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>