Preferensi wisatawan terhadap pemilihan akomodasi di kabupaten bangli bali

  • ni wayan siska agustini udayana university
  • I Gusti Ngurah Widyatmaja Udayana University
  • I Nyoman Jamin Ariana Udayana University

Abstract

Preferensi wisatawan membantu dalam menciptakan produk baru sesuai dengan jenis akomodasi yang diinginkan oleh wisatawan selama berwisata ke suatu daerah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui preferensi wisatawan terhadap pemilihan akomodasi di Kabupaten Bangli. Teknik penentuan sampel yang digunakan yaitu accidental sampling dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 200 wisatawan yang terdiri dari 100 wisatawan nusantara dan 100 wisatawan mancanegara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif dengan menggunakan analisis konjoin. Dalam penelitian ini menggunakan 7 (tujuh) atribut yaitu lokasi, fasilitas, kualitas pelayanan, harga, reputasi, promosi dan loyalty program.


Berdasarkan hasil perhitungan analisis menggunakan SPSS versi 23 yaitu wisatawan nusantara lebih menyukai akomodasi dengan harga diantara Rp. 200.000 – Rp. 600.000 yang lokasinya terletak dekat dengan daya tarik wisata dengan fasilitas berupa villa, reputasi yang dinilai oleh wisatawan yaitu rating situs online dari akomodasi yang bersangkutan, promosi yang dilakukan melalui media sosial,  memiliki loyalty program berupa adanya promo pada hari-hari tertentu dengan kualitas pelayanan yang mengutamakan keramah tamahan. Kemudian untuk wisatawan mancanegara lebih menyukai atau mempertimbangkan akomodasi yang letaknya dekat dengan daya tarik wisata dengan harga diantara Rp. 200.000 – Rp. 600.000 dimana wisatawan mancanegara lebih menyukai fasilitas akomodasi villa, reputasi yang dinilai yaitu melalui rating situs online dari akomodasi yang bersangkutan, melakukan promosi melalui media sosial, memiliki loyalty program berupa pemberian promo pada hari-hari tertentu dan wisatawan mancanegara juga lebih menyukai akomodasi yang mengutamakan keramah tamahan.


Kata kunci    : Preferensi, wisatawan, dan akomodasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-04-01
How to Cite
AGUSTINI, ni wayan siska; WIDYATMAJA, I Gusti Ngurah; JAMIN ARIANA, I Nyoman. Preferensi wisatawan terhadap pemilihan akomodasi di kabupaten bangli bali. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 22-41, apr. 2018. ISSN 2581-0669. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jkh/article/view/36516>. Date accessed: 08 dec. 2022. doi: https://doi.org/10.24843/JKH.2018.v02.i01.p02.

Most read articles by the same author(s)