Pengaruh Kualitas Pelayanan Housekeeping Departement Terhadap Keputusan Menginap Di Inna Sindhu Beach Hotel Sanur Bali

  • I Made Swariga Universitas Udayana
  • Ida Bagus Ketut Astina Udayana University
  • Agus Muriawan Putra Udayana University

Abstract

ABSTRAK


Pentingnya peran housekeepingdepartment, mengharuskan staffnya untuk bekerja sebaik-baiknya agar dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada tamu, sebagai departemen yang langsung berhubungan dengan tamu, Diharapkan peningkatan kualitas pelayanan housekeeping departmentdapat meningkatkan keputusan wisatawan  menginap di Inna Sindhu Beach Hotel Bali.


Inna Sindhu Beach Hotel Bali adalah hotel berbintang tiga yang terletak di Jalan Pantai Sindhu No. 14, Sanur, kota Denpasar yang memiliki 61 kamar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Jumlah responden ditetapkan 99 berdasarkan perhitungan rumus Slovin. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan Housekeeping Departmentterhadap Keputusan Menginap di Inna Sindu Beach Hotel Bali.


 Hasil dari penelitian ini adalah ada pengaruh dari kualitas pelayanan  terhadap keputusan menginap di Inna Sindhu Beach Hotel BaliPenilaian tertinggi diperoleh oleh assurance dengan nilai rata-rata 4,03, sedangkan penilaian terendah diperoleh pada indikator responsive dengan nilai rata-rata 3,92. Sedangkan indikator dari keputusan menginap yang mendapat penilaian tertinggi adalah dari prilaku pasca pembelian dengan nilai rata-rata 4,10, dan indikator yang mendapat penilaian teredah adalah dari pencarian informasi dengan nilai rata-rata 3,70. Dan saran yang dapat penulis berikan kepada manajemen hotel yaitu untuk lebih meningkatkan kualitas pelayanan terutama dalam ketanggapan karyawan dalam melayani tamu secara individu.


  1. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Keputusan Menginap,

Inna Sindhu Beach Hotel Bali

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-03
How to Cite
SWARIGA, I Made; ASTINA, Ida Bagus Ketut; PUTRA, Agus Muriawan. Pengaruh Kualitas Pelayanan Housekeeping Departement Terhadap Keputusan Menginap Di Inna Sindhu Beach Hotel Sanur Bali. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 152-161, jan. 2024. ISSN 2581-0669. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jkh/article/view/69933>. Date accessed: 28 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>