Persepsi Karyawan Terhadap Penerapan Kesehatan Keselamatan Kerja Di Housekeeping Department White Rose Kuta Resort Villas & Spa Badung Bali

  • Joshua Panigoran Hutabarat Universitas Udayana
  • Agus Muriawan Putra Udayana University
  • Anak Agung Putri Sri Udayana University

Abstract

Abstrak


Jumlah hotel yang banyak dan bahkan terus mengalami peningkatan membuat kebutuhan tenaga kerja juga mengalami peningkatan. White Rose Kuta Resort Villas & Spa merupakan salah satu Hotel Bintang 4 yang memiliki karyawan untuk menjalankan operasionalnya khususnya di Department Housekeeping sebanyak 23 karyawan. Karyawan di housekeeping department sangat rawan berpotensi mengalami hal hal yang tidak diinginkan saat bekerja yang berpotensi mengancam kesehatan dan keselamatan pekerja.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kesehatan & keselamatan kerja Housekeeping Department di White Rose Kuta Resort Villas & Spa. Adapun metode yang digunakan adalah dengan metode kualitatif dan kuantitatif sumber data yang diperoleh yaitu dari data sekunder dan data primer dengan teknik observasi, wawancara, studi kepustakaan, kuesioner dan dokumentasi. Adapun penerapan kesehatan keselamatan kerja di housekeeping department dilihat dari kondisi tempat kerja, perlengkapan, program dan pelaksanaan kesehatan & keselamatan kerja. Analisis data dilakukan melalui dua tahap yaitu analisis deskriptif kualitatif dan analisis skala likert. Penelitian yang dilakukan ini meliputi tiga tahapan yaitu tahap persiapan, pengumpulan data dan penyusunan laporan.


Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan : penerapan kesehatan dan keselamatan kerja Housekeeping Department White Rose Kuta Resort Villas & Spa mendapatkan kategori penilaian yang baik tetapi masih terdapat kekurangan di bagian dekorasi tempat kerja yang sedikit berantakan, kosongnya obat obatan kotak p3k di lingkungan kerja housekeeping department dan masih terdapat beberapa karyawan yang merasa sungkan untuk meminta bantuan ketika kesulitan saat bekerja.


Kata Kunci : Penerapan, Kesehatan, Keselamatan Kerja.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-11-28
How to Cite
HUTABARAT, Joshua Panigoran; PUTRA, Agus Muriawan; PUTRI SRI, Anak Agung. Persepsi Karyawan Terhadap Penerapan Kesehatan Keselamatan Kerja Di Housekeeping Department White Rose Kuta Resort Villas & Spa Badung Bali. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 30-40, nov. 2023. ISSN 2581-0669. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jkh/article/view/69705>. Date accessed: 27 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>