Pengaruh Online dan Offline Reservations Terhadap Tingkat Hunian Kamar Hotel Jayakarta Yogyakarta

The Influence of Online and Offline Reservations to Room Occupancy at Jayakarta Yogyakarta Hotel

  • Rr. Paulina Cristi Herlikano Univeristas Udayana
  • Ni Putu Ratna Sari Udayana University
  • Agung Sri Sulistyawati Udayana University

Abstract

Pemilihan pemesanan cenderung ditentukan oleh buying behaviour konsumen, melihat hal ini pelaku bisnis perhotelan memanfaatkan dalam hal pemasaran, baik sumber pemesanan online maupun offline untuk meningkatkan tingkat hunian kamar. Penelitian yang berlokasi di The Jayakarta Yogyakarta Hotel and Spa yang terletak di Sleman, Yogyakarta ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh online dan offline reservations baik secara simultan dan parsial terhadap tingkat hunian kamar, dan mengetahui variabel yang dominan mempengaruhi tingkat hunian kamar antara online dan offline reservation serta untuk mengetahui upaya yang dilakukan untuk meningkatkan tingkat hunian kamar di The Jayakarata Yogyakarta Hotel and Spa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, studi kepustakaan dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, analisis korelasi berganda, analisis regresi berganda, pengujian F-test, pengujian t, koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara simultan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara online reservations dan offline reservations terhadap tingkat hunian kamar di The Jayakarta Yogyakarta Hotel and Spa. Hal ini ditunjukkan oleh nilai Fhitung (3196,788) > Ftabel (3,28). Pada uji t online reservations thitung (10,272) > ttabel (2,032), uji T offline reservations thitung (14.563) > ttabel (2,032) dan koefisien determinasi 99,5 persen. Variabel yang lebih dominan mempengaruhi tingkat hunian kamar secara parsial kedua variabel berpengaruh secara signifikan adalah variabel offline reservations. Hal ini dibuktikan dari uji determinasi dengan hasil yang didapatkan 86,2 persen tingkat hunian kamar dipengaruhi oleh offline reservations, serta 75,6 persen tingkat hunian kamar dipengaruhi oleh online reservation. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan variabel yang tidak dominan dengan mengikuti seminar yang diadakan oleh komunitas-kominitas E-commerce dan online travel agent, memperhatikan review masyarakat, memberikan informasi terbaru kepada masyarakat terkait dengan informasi hotel maupun promosi yang diadakan.


Kata kunci : Online Reservation, Offline Reservations, Tingkat Hunian Kamar, The Jayakarta Yogyakarta

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-01-10
How to Cite
HERLIKANO, Rr. Paulina Cristi; SARI, Ni Putu Ratna; SULISTYAWATI, Agung Sri. Pengaruh Online dan Offline Reservations Terhadap Tingkat Hunian Kamar Hotel Jayakarta Yogyakarta. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 160-182, jan. 2022. ISSN 2581-0669. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jkh/article/view/58351>. Date accessed: 29 june 2022. doi: https://doi.org/10.24843/JKH.2021.v05.i02.p10.