Efektivitas dan kontribusi penerimaan pajak hotel dan pajak restoran terhadap pendapatan asli daerah kabupaten banyuwangi jawa timur

  • Dwi Mediana Diploma IV Pariwisata Fakultas Pariwisata Universitas Udayana
  • Ni Nyoman Jamin Ariana Udayana University
  • Ni Made Ariani Udayana University

Abstract

Abstrak


Pendapatan Asli Daerah (PAD) merupakan penerimaan dari pungutan pajak daerah, retribusi daerah, hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan, dan pendapatan lain-lain yang sah. Kabupaten Banyuwangi yang kaya akan panorama alam yang indah serta budaya yang memesona menjadikannya daerah yang sangat potensial untuk pengembangan pariwisata. Perkembangan jumlah hotel dan restoran cukup pesat seiring program-program pemerintah di bidang kepariwisataan. Seiring perkembangan tersebut penerimaan pemerintah dari pajak hotel maupun pajak restoran diharapkan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap PAD. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui efektivitas penerimaan pajak hotel dan pajak restoran tahun 2014-2018; 2) untuk mengetahui kontribusi penerimaan pajak hotel dan pajak restoran terhadap pendapatan asli daerah tahun 2014-2018. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara mendalam, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif berupa analisis efektivitas dan analisis kontribusi. Pada periode tahun 2014-2018 berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) efektivitas penerimaan pajak dari keseluruhan klasifikasi hotel adalah Cukup Efektif dengan nilai rata-rata dalam periode tersebut sebesar 86,79 persen, sedangkan efektivitas penerimaan pajak dari keseluruhan klasifikasi restoran adalah Efektif dengan nilai rata-rata pada periode lima tahun tersebut adalah sebesar 95,74 persen; 2) tingkat kontribusi penerimaan pajak hotel dari keseluruhan klasifikasi adalah sangat kurang dengan nilai rata-rata 0,14 persen, begitu pula terjadi pada tingkat kontribusi penerimaan pajak restoran yang masuk kategori sangat kurang dengan nilai rata-rata 0,41 persen. Bila dibandingkan antara hotel dan restoran baik nilai efektivitas maupun tingkat kontribusi kategori restoran lebih tinggi daripada kategori hotel.


Kata Kunci: Efektivitas, Kontribusi, Pendapatan Asli Daerah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-01-27
How to Cite
MEDIANA, Dwi; JAMIN ARIANA, Ni Nyoman; ARIANI, Ni Made. Efektivitas dan kontribusi penerimaan pajak hotel dan pajak restoran terhadap pendapatan asli daerah kabupaten banyuwangi jawa timur. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 122-140, jan. 2023. ISSN 2581-0669. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jkh/article/view/63544>. Date accessed: 30 june 2024.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>