Strategi Marketing Dalam Meningkatkan Occcupancy di Hotel Harris Seminyak Bali

  • petrus sunardi sunardi udayana
  • I Nyoman Jamin Ariana Udayana University
  • Ni Made Ariani Udayana University

Abstract

pemasaran dari waktu ke waktu. Hotel Harris Seminyak merupakan salah satu hotel yang dikelola secara professional yang berada dikawasan Seminyak, dalam menerapakn strateginya selama ini ,hotel Harris selalu mempertimbangkan empat hal utama yaitu : kualitas produk, harga, lokasi, dan promosi.Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana tanggapan atau persepsi wisatawan terhadapĀ  Produk, Price , Place dan Promotion dan bagaimana strategi pemasaran di Hotel Harris Seminyak dalam meningkatkan hunian kamar.


Teknik penentuan jumlah sampel menggunakan rumus slovin, metode pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Teknik pengumpulan data yaitu: observasi, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi.Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah primer dan sekunder, jenis datanya terdiri dari data kualitatif dan kuantitatif, dan untuk teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis SWOT.


Hasil Penelitian menunjukan strategi promosi yang dilakukan oleh hotel belum maksimal, hal ini dibuktikan dengan hasil persepsi wisatwan dengan mendapatkan skor 3,68 dan indikator produk mendapatkan skor tertinggi sebesar 4,37. Berdasarkan hasil penelitian strategi yang dapat diterapkan di hotel Harris Seminyak adalah strategi SO: Public relation strategy, Mengambil bagian dari seluruh kegiatan yang diselenggarakan oleh desa adat seperti mengikuti kerja bakti bersama,Membuka lowongan kerja dengan memprioritaskan masyarakat lokal Seminyak, Packaging strategy, Mengemas paket wisata khusus yang dapat menarik minat wisatawan,Partnership strategy , meningkatkan kerja sama dengan perusahan lain misalnya travel agent, Strategi WO: Service dan produk quality Strategy, Meningkatkan kualitas produk dan pelayanan hotel hotel Harris, Team Work strategy, Meningkatkan kerja sama team agar bisa mencapai tujuan perusahan, Strategi ST : Market Analisis strategyMelakukan survei pasar dan harga hotel pesaing, Strategi WT : Continuity partenership Strategy , meningkatkan kerja sama dalam membuat paket liburan yang menarik dengan hotel di daerah lain.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-07-28
How to Cite
SUNARDI, petrus sunardi; JAMIN ARIANA, I Nyoman; ARIANI, Ni Made. Strategi Marketing Dalam Meningkatkan Occcupancy di Hotel Harris Seminyak Bali. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 13-32, july 2022. ISSN 2581-0669. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jkh/article/view/62297>. Date accessed: 29 sep. 2022.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>