Analisis Tingkat Perputaran Piutang dan Penetapan Pelanggan Pada Hotel Ibis Bali Kuta

  • Vinsensius Efoyus Ndarung Universitas Udayana
  • Ni Made Ariani Udayana University
  • Ni Nyoman Sri Aryanti Udayana University

Abstract

Laporan ini bertujuan untuk menganalisis tingkat perputaran piutang dan penentuan pelanggan pada Hotel Ibis Bali Kuta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penetapan pelanggan dan seberapa besar tingkat perputaran piutang pada Hotel Ibis Bali Kuta. Analisis tingkat perputaran piutang berguna untuk mengetahui penerapan penentuan pelanggan dalam meminimalkan jumlah piutang tak tertagih.  Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif .


Hasil dari penelitian ini akan menunjukkan bahwa kebijakan kredit yang ditetapkan Hotel Ibis Bali Kuta belum terlaksana dengan baik. Hasil analisis dari beberapa rasio membuktikan bahwa tingkat perputaran piutang pada Hotel Ibis Bali Kuta tidak sesuai yang diharapkan dimana hasil perhitungan rasio tingkat perputaran piutang hanya mencapai 8,34 kali dari standar yang diharapkan yaitu 12 kali. Kemudain hasil perhitungan average collection period  berdasarkan nilai rata – rata  yNiaitu 42 hari. Namun Hotel Ibis Bali Kuta menetapkan standar pengembalian piutang dalam waktu 30 hari. Selanjutnya hasil perhitungan rasio tunggakan berdasarkan nilai rata – rata yaitu 9,71%. Hal ini menunjukan bahwa Hotel Ibis Bali Kuta belum mencapai target yang telah ditentukan yakni perusahaan hanya memperbolehkan sisa tunggakan pada pelanggan yaitu 5%. Hasil perhitungan rasio penagihan hotel Ibis Bali Kuta berdasarkan nilai rata – rata yaitu 90%. Sementara Hotel Ibis Bali Kuta menetapkan standar penagihan kepada pelanggan harus mencapai 100% Hal tersebut menunjukan bahwa Hotel Ibis Bali Kuta masih memiliki sisa piutang sekitar 10% yang belum tertagih kepada pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-07-29
How to Cite
NDARUNG, Vinsensius Efoyus; ARIANI, Ni Made; SRI ARYANTI, Ni Nyoman. Analisis Tingkat Perputaran Piutang dan Penetapan Pelanggan Pada Hotel Ibis Bali Kuta. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 117-126, july 2022. ISSN 2581-0669. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jkh/article/view/66274>. Date accessed: 29 sep. 2022.

Most read articles by the same author(s)