Pengaruh brand equity dan brand image terhadap keputusan wisatawan menginap di artotel sanur bali
Abstract
Abstrak
Artotel Indonesia merupakan salah satu perusahaan hotel manajemen, Artotel memiliki properti hotel yang berlokasi di Kawasan Sanur, Bali yaitu Artotel Sanur Bali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekuitas merek dan citra merek terhadap keputusan menginap wisatawan di Artotel Sanur Bali. Penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling dalam pemilihan responden dengan menggunakan metode incidental sampling. Responden dalam penelitian ini adalah 100 wisatawan yang sedang menginap di Artotel Sanur Bali. Pengumpulan data primer dilakukan dengan penyebaran kuesioner dan wawancara dengan narasumber. Pada penelitian ini terdapat dua variabel independen yang dianalisis yaitu ekuitas merek dan citra merek sementara variabel dependen adalah keputusan menginap. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan pengukuran Skala Likert dan dianalisis menggunakan analisis statistik inferensia menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini diperoleh bahwa ekuitas merek berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan menginap wisatawan di Artotel Sanur Bali dengan nilai rata-rata tertinggi adalah 4,29 dengan kriteria sangat baik yaitu wisatawan memiliki komitmen untuk terus menginap di Artotel termasuk ARTOTEL Sanur Bali (X1.15). Hasil berikutnya adalah Artotel Sanur Bali memiliki merek berciri khusus yang tidak dimiliki hotel bitang 4 lainnya di Sanur sebesar 4,22 (X2.2). Hal ini menunjukan bahwa Artotel Sanur Bali memiliki merek berciri khusus yang tidak dimiliki hotel bitang 4 lainnya di Sanur dan dapat dipastikan segala aspek dalam merek tersebut mulai dari fisik hotel hingga pelayanan lebih berciri khas dibandingkan hotel sejenis lain di Sanur, hal tersebutlah yang mempengaruhi wisatawan dalam menentukan keputusan menginap.
Kata kunci: Ekuitas Merek, Citra Merek, Keputusan Menginap.