Persepsi masyarakat kelurahan ngupasan terhadap program corporate social responsibility (csr) meliá purosani hotel yogyakarta

  • Mahanani Yoganindya Denpasar
  • Anak Agung Putri Sri Universitas Udayana
  • I Gusti Ngurah Widyatmaja Universitas Udayana

Abstract

ABSTRAK


Tujuan penelitian ini adalah menganalisis mengenai persepsi masyarakat terhadap program CSR Meliá Purosani Hotel Yogyakarta di Kelurahan Ngupasan, Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan sampel masyarakat di Kelurahan Ngupasan. Teknik penentuan informan menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik Probability Sampling dengan metode Cluster Sampling dengan pengambilan sampel secara Accidental. Data yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara diolah dengan model analisis Miles dan Huberman, yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data yang diperoleh dari kuisioner dianalisis dengan teknik analisis Skala Likert. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Meliá Purosani Hotel Yogyakarta menyelenggarakan program CSR berdasarkan tiga konsep bidang kehidupan pada masyarakat, yaitu berkaitan dengan ekonomi, sosial dan lingkungan. Program CSR masih berbentuk satu arah dengan dilakukan atas inisiatif yang datang dari pihak pemegang saham, dibantu dengan survey mandiri oleh tim CSR Meliá Purosani Hotel Yogyakarta untuk mengidentifikasi kebutuhan masyarakat, sudah terdapat komunikasi namun masih bersifat terbatas pada keterwakilan anggota masyarakat dan pemerintah setempat. Program CSR Meliá Purosani Hotel Yogyakarta dinilai positif oleh masyarakat Kelurahan Ngupasan, dengan penilaian persepsi CSR bidang ekonomi, sosial dan lingkungan serta penilaian dari proses tahapan program CSR, dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 3,689 dibulatkan menjadi 3,69 yang berarti hasil penilaian dengan kategori puas.


 


Kata Kunci : Corporate Social Responsibility (CSR), Implementasi, Meliá Purosani Hotel Yogyakarta.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-11-30
How to Cite
YOGANINDYA, Mahanani; PUTRI SRI, Anak Agung; WIDYATMAJA, I Gusti Ngurah. Persepsi masyarakat kelurahan ngupasan terhadap program corporate social responsibility (csr) meliá purosani hotel yogyakarta. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 69-83, nov. 2019. ISSN 2581-0669. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jkh/article/view/47323>. Date accessed: 09 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JKH.2019.v03.i02.p06.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>