Strategi komunikasi pemasaran dalam meningkatkan brand awarness pengelola manajemen vila di bali coconut living

  • Fretika Putri Sembiring udayana
  • I Gusti Ngurah Widyatmaja Universitas Udayana
  • Irma Rahyuda Universitas Udayana

Abstract

Bali Coconut Living (BCL) merupakan perusahaan manajemen vila yang relatif baru, dengan semakin banyaknya jumlah perusahaan manajemen vila, maka otomatis timbul persaingan diantara merek-merek yang potensial di pasar dan hanya produk atau jasa yang memiliki brand yang kuat akan tetap mampu bersaing dan menguasai pasar. Salah satu strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan brand awarness adalah dengan memperhatikan strategi komunikasi pemasaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang sesuai untuk dilaksanakan oleh BCL. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuesioner dan studi pustaka. Teknik penentuan informan menggunakan purposive sampling. Dalam penelitian ini, kuisioner dibagikan kepada pemilik vila yang belum menggunakan jasa BCL dan pemilik vila yang telah menggunakan jasa BCL. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualititatif dan menggunakan pendekatan SWOT. Dari hasil penelitian BCL merancang konsep yang digunakan yaitu lebih santai dan kekeluargaan, Word of mouth merupakan bentuk saluran komunikasi yang efektif  yang telah dijalankan, BCL menetapkan anggaran komunikasi dengan metode Affordable Method, dan BCL belum melakukan kegiatan komunikasi dengan efektif. BCL masih berada pada posisi paling bawah dalam tingkatan brand awarness yaitu unaware of brand. Berdasarkan hasil analisis SWOT, maka alternatif strategi yang dapat dijalankan oleh BCL yaitu melakukan kegiatan komunikasi terpadu dan masif, menambah SDM, mempertahankan pelanggan agar memiliki citra dan word of month positif dan menambah budget promosi. BCL harus merancang tagline dan membuat konten semenarik mungkin, BCL juga harus melakukan pemasaran terpadu dan masif sehingga penyebaran informasi dapat lebih cepat dan dapat menjangkau pasar sasaran yang dituju sehingga membuat BCL lebih dikenal di benak calon pelanggan.


 


Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran, Brand Awarness, Perusahaan  Manajemen vila

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-08-12
How to Cite
SEMBIRING, Fretika Putri; WIDYATMAJA, I Gusti Ngurah; RAHYUDA, Irma. Strategi komunikasi pemasaran dalam meningkatkan brand awarness pengelola manajemen vila di bali coconut living. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 226-239, aug. 2019. ISSN 2581-0669. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jkh/article/view/46002>. Date accessed: 04 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JKH.2019.v03.i01.p014.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>