A Study Of Accessibility for Disabled Guest at Nusa Dua Beach Hotel & Spa

  • Degas Elang Paksi Danujaya University of Udayana
  • I Gusti Ngurah Widyatmaja Universitas Udayana
  • Irma Rahyuda Universitas Udayana

Abstract

            Nusa Dua Beach Hotel & Spa merupakan Hotel tertua yang di bangun di kawasan ITDC (indonesia Tourism Development Corporation). Hotel tersebut memiliki kamar khusus yang disediakan bagi tamu difabel (penyandang disabilitas, ibu hamil dan manula termasuk di dalamnya) sebagai salah satu aksesibilitas yang disediakan oleh hotel. Okupensi dari kamar tersebut yang cukup tinggi sejalan dengan kunjungan tamu difabel di hotel tersebut. Standar Aksesibilitas menjadi sangat penting demi kenyamanan tamu difabel di hotel.


            Tujuan penelitian  ini adalah untuk mengetahui tingkat aksesibilitas bagi tamu disabilitas di Nusa Dua Beach Hotel & Spa dilihat dari sudut pandang European Commission (Westcott, 2004) dan disesuaikan dengan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No.30/PRT/M/2006. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kendala dan upaya yang dihadapi pihak hotel dalam melakukan pengadaan, pembaharuan dan perawatan aksesibilitas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif guna menganalisa tingkat aksesibilitas bagi tamu disabilitas serta kendala dan upaya dalam pengadaan, pembaharuan dan perawatan aksesibilitas tersebut.


            Hasil penelitian ini menemukan bahwa tidak semua aksesibilitas yang ada pada Nusa Dua Beach Hotel & Spa aksesibel. Hotel tidak memiliki lahan parkir khusus penyandang disabilitas dan jalur pemandu pada jalan setapak yang dimiliki hotel. Kendala dan upaya dalam pengadaan dan pembaharuan aksesibilitas tersebut didominasi oleh kendala internal. Kendala tersebut berpusat pada kendala finansial dan kendala perijinan dari pihak manajemen chain hotel yaitu Brunei Investment Agency. Upaya preserfatif dalam perawatan aksesibilitas tersebut sudah maksimal sehingga pada saat penelitian dilaksanakan kondisi aksesibilitas yang dimiliki oleh hotel dalam kondisi baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-06-09
How to Cite
DANUJAYA, Degas Elang Paksi; WIDYATMAJA, I Gusti Ngurah; RAHYUDA, Irma. A Study Of Accessibility for Disabled Guest at Nusa Dua Beach Hotel & Spa. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, [S.l.], v. 2, n. 3, p. 87-102, june 2019. ISSN 2581-0669. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jkh/article/view/40282>. Date accessed: 28 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JKH.2018.v02.i03.p06.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>