Faktor penentu kepuasan kerja karyawan hotel bali garden beach resort kuta
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penentu kepuasan kerja karyawan di Hotel Bali Garden Beach Resort Kuta dan Upaya-upaya yang telah dilakukan pihak manajemen untuk meningkatkan kepuasan kerja karyawan. Jumlah sampel ditentukan dengan teknik slovin, sehingga memperoleh 124 responden. Jumlah sampel 124 responden tersebut diambil dengan teknik Proportional Stratified Random Sampling dibantu dengan teknik undian pada masing-masing departemen yang ada di hotel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuatitatif yang terdiri dari Skala Likert, Uji Validitas, Uji Reliabilitas, dan Analisis Faktor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang menentukan kepuasan kerja karyawan Hotel Bali Garden Beach Resort Kuta adalah terdiri dari enam faktor yaitu : faktor kelompok kerja, faktor supervisi, faktor kondisi kerja yang suportif, faktor pengembangan diri, faktor pembayaran, dan faktor karakteristik pekerjaan. Faktor dominan penentu kepuasan kerja karyawan adalah faktor kelompok kerja yang memiliki nilai eigenvalue sebesar 4,270 dan memiliki variance sebesar 17,792%. Upaya-upaya peningkatan kepuasan kerja telah dilakukan dengan baik oleh pihak manajemen yaitu dengan meningkatkan pengawasan, memperhatikan hak karyawan, memberikan kesempatan memperoleh penghargaan dan promosi, menyediakan fasilitas kerja yang baik, dan pemberian kesempatan bersosialisasi.
Kata kunci : analisis faktor, kepuasan kerja, karyawan, hotel