KARAKTERISTIK DAN MOTIVASI WISATAWAN DALAM MEMILIH RESTAURANT DI DESA MAS UBUD GIANYAR

  • I NYOMAN RUDY ARNATHA PRATAMA Universitas Udayana
  • Ni Made Ariani Udayana University
  • Fanny Maharani Suarka Udayana University

Abstract

Desa Mas merupakan desa wisata. Keberadaan restaurant di Desa Mas sangat mendukung aktivitas wisata. Penting bagi pihak restaurant untuk mengetahui kondisi pangsa pasar dan sesuai dengan keinginan wisatawan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui karakteristik dan motivasi wisatawan dalam memilih restaurant di Desa Mas Ubud, Gianyar. Variabel yang digunakan yaitu karakteristik dan motivasi. Jenis data adalah data kualitatif dan kuantitatif. Sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Dalam menentukan jumlah responden, menggunakan rumus Wibisono dengan responden sebanyak 100 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Analisis data yang digunakan analisis data kuantitatif yaitu statistik deskriptif dan statistik infersial. Hasil penelitian ini adalah karakteristik wisatawan mayoritas berusia 20-25 tahun, dominan berjenis kelamin laki-laki, berprofesi sebagai karyawan. Sebagian besar lulusan SMA/SMK dan banyak yang belum menikah. Wisatawan banyak berasal dari Pulau Jawa. Motivasi wisatawan dalam memilih restaurant di Desa Mas Ubud, memiliki rata-rata yang sama antara motivasi rasional dan emosional. Indikator tertinggi motivasi rasional adalah indikator rasa makanan. Indikator tertinggi motivasi emosional adalah kemanan. Karakteristik wisatawan berdasarkan usia, pendidikan terakhir, pekerjaan, status, asal, pendapatan, dan tujuan perjalanan memiliki hubungan yang signifikan terhadap motivasi memilih restaurant. Karakteristik wisatawan berdasarkan jenis kelamin, sumber informasi, dan pengeluaran biaya memiliki hubungan yang tidak signifikan terhadap motivasi memilih restaurant. Saran dari penelitian ini diharapkan pihak restaurant memberikan inovasi baru untuk menu, mempertimbangkan harga produk yang ditawarkan, dan memperjelas informasi terkait lokasi restaurant.


Kata Kunci          : Karakteristik, Motivasi, Wisatawan, Restaurant

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-11-28
How to Cite
PRATAMA, I NYOMAN RUDY ARNATHA; ARIANI, Ni Made; SUARKA, Fanny Maharani. KARAKTERISTIK DAN MOTIVASI WISATAWAN DALAM MEMILIH RESTAURANT DI DESA MAS UBUD GIANYAR. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 1-19, nov. 2023. ISSN 2581-0669. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jkh/article/view/69492>. Date accessed: 29 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>