PENGARUH PELATIHAN DAN  MOTIVASI TERHADAP PENGEMBANGAN KARIER KARYAWAN PADA DISCOVERY KARTIKA PLAZA HOTEL

  • I Ketut Susila Mahendra Putra Universitas Udayana
  • Ni Made Ariani Udayana University
  • Fanny Maharani Suarka Udayana University

Abstract

Pengelolaan sumber daya manusia sangat penting dalam menunjang kemajuan operasional perusahaan, karena sumber daya manusia adalah faktor penentu dalam melaksanakan fungsi-fungsi perusahaan dan juga merupakan aset dari perusahaan yang mengalokasikan dan mengelola sumber daya lainnya secara teratur. Salah satu faktor yang dipercaya dapat mempengaruhi dan memacu kinerja kerja karyawan dalam sebuah perusahaan yaitu pengembangan karir/jenjang karir yang tersedia dalam perusahaan tersebut. Namun dalam pelaksanaannya, pengembangan karir karyawan juga dipengaruhi faktor-faktor lain. Beberapa diantaranya yaitu faktor pelatihan dan motivasi karyawan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial pelatihan dan motivasi terhadap pengembangan karier karyawan dan mengetahui variabel dominan yang berpengaruh terhadap pengembangan karier karyawan pada Discovery Kartika Plaza Hotel.


Variabel yang digunakan, yaitu variabel pelatihan, motivasi, dan pengembangan karir. Data diperoleh melalui observasi, kuesioner, dan studi kepustakaan. Sampel yang digunakan yaitu karyawan dari Discovery Kartika Plaza Hotel yang ditentukan/diambil melalui teknik probability sampling stratified random sampling. Teknik analisa data menggunakan teknik skala likert dan teknik regresi linear berganda.


Hasil penelitian menunjukan secara simultan bahwa pelatihan dan motivasi memiliki pengaruh positif yang signifikan (nyata) terhadap pengembangan karir karyawan. Kemudian melalui Uji t diketahui bahwa pelatihan berpengaruh positif dan signifikan  terhadap pengembangan karir karyawan. Hasil uji t juga menunjukkan bahwa secara parsial motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengembangan karir karyawan pada Discovery Kartika Plaza Hotel. Selain itu hasil penelitian juga menunjukkan bahwa motivasi  merupakan variabel dominan yang berpengaruh terhadap pengembangan karir karyawan pada Discovery Kartika Plaza Hotel.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-03
How to Cite
MAHENDRA PUTRA, I Ketut Susila; ARIANI, Ni Made; SUARKA, Fanny Maharani. PENGARUH PELATIHAN DAN  MOTIVASI TERHADAP PENGEMBANGAN KARIER KARYAWAN PADA DISCOVERY KARTIKA PLAZA HOTEL. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 70-84, jan. 2024. ISSN 2581-0669. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jkh/article/view/70329>. Date accessed: 28 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>